Girlband dan Boyband yang Populer di Bawah Bendera SM Entertainment

Loading...

sm-entertainment

SM Entertainment merupakan produser dan rumah bakat terkenal di Korea Selatan. Mereka merupakan agency artis besar korea yang berhasil mempopulerkan banyak nama di kancah nasional maupun internasional seperti Super Junior dan girls generation.

Perusahaan ini didirikan oleh Lee Soo Man pada 14 Februari 1995 di Seoul. Tangan dingin dari Lee Soo Man inilah yang mampu menaikkan pamor artis asuhannya tidak hanya di panggung Korea Selatan tetapi hingga ke mancanegara.

Mari kita bahas beberapa girlband dan boyband yang bersinar di bawah naungan bendera SM Entertainment.

1. Super Junior

Di awal kemunculannya sebagai sebuah boyband, Super Junior hadir dengan 13 orang member yaitu Heechul, Han Geng, Leetuk, Yesung, Kang In, Siwon, Shindong, Sung Min, Eunhyuk, Donghae, Ryewook,  Kyuhyun dan Kibum.

Mengusung musik R&B, SuJu berhasil menarik penggemar yang jumlahnya sangat banyak. Penggemar SuJu menyebut diri mereka ELF (EverLasting Friends) dengan menjadikan balon biru sebagai lambang mereka.

Melakukan debut pada tahun 2005, Super Junior telah mengeluarkan 6 album yaitu: TWINS (2005), Don’t Don (2007), Sorry Sorry (2009), Bonamana (2010), Mr. Simple (2011) dan Sexy, Free and Single (2012).

READ:  7 Drama Korea Komedi Romantis Terbaik

2. Girls Generation

SM Entertainment mengusung konsep yang tidak jauh berbeda dalam membuat sebuah girlband yaitu dengan trainee seperti yang telah mereka lakukan pada proyek boyband Super Junior.

Hanya saja revisi dan perombakan personil yang ada dalam tubuh Girls Generation sedikit lebih panjang dan rumit dibanding Super Junior hingga akhirnya mereka bertahan dengan 9 orang gadis cantik yang menamakan diri mereka So Nyuh Shi Dae atau yang dalam bahasa Inggris berarti Girls Generation.

Member dari girlband ini adalah Taeyeon, Jessica, Yoona, Sooyoung, Yuri, Tiffany, Seohyun, Sunny dan Hyoheon. Beberapa lagu terkenal dari Girls Generation adalah Run Devil Run, Genie dan Gee.

3. SHINee

Boyband yang tampil secara perdana pada 25 Mei 2008 di Korea Selatan ini terdiri atas 5 member yaitu Onew, Minho, Taemin, Key dan Jonghyun. Tidak hanya sukses bermusik dengan mengusung musik R&B, SHINee juga menjadi salah satu ikon fashion ternama di Korea Selatan.

Mereka banyak menjadi iklan bagi produk pakaian, sepatu dan kosmetik. SHINee sering menyabet banyak penghargaan di awards musik Korea Selatan seperti “Artis Pendatang Baru Pria Terbaik” dan “Bintang Baru Terpanas”.

READ:  Ramyeon, Mie Instan Ala Korea

4. F(X)

Dibentuk pada tahun 2009, F(X) beranggotakan 5 wanita bernama Amber, Victoria, Luna, Crystal dan Sulli. Huruf F pada F(X) mengandung makna Flower dan kata X merupakan simbol kromosom bagi wanita.

Mereka menyanyikan lagu “La Cha Ta” pada debutnya di 1 September 2009. Lagu lainnya dari F(X) adalah beautiful goodbye, dangerous dan ending page.

5. EXO

SM Entertainment pada akhir 2012 memutuskan untuk membentuk sebuah boyband terdiri atas 12 member yang dipecah menjadi 2 sub unit yaitu EXO K (Korea) dan EXO M (Mandarin). Terdiri dari Kai,  Lu Han, Taom Chen, Sehun, Lay, Xiu Min,Baek Hyun, D.O, Suho, Kris dan Chanyeol.

Mereka melakukan debut musik pertama pada April 2012 dengan menggelar showcase di Cina dan Korea Selatan. Boyband ini merilis album mini bertajuk “MAMA” pada 9 April 2012.

(foto: koreanindo.net)