7 Pengobatan Alami untuk Infeksi Jamur

Loading...

Infeksi-JamurAda beberapa pengobatan alami untuk infeksi jamur yang sangat efektif untuk menetralkan gejala dan menyembuhkan infeksi.

Infeksi jamur datang bersama dengan beberapa gejala tertentu seperti timbulnya kemerahan, pembengkakan dan peradangan sebagai gejala umum.

Selain itu, Anda juga dapat melihat cairan putih kental akibat infeksi. Pasien dengan infeksi jamur mungkin merasa nyeri saat buang air kecil.

Nah, berikut adalah 7 bahan alami yang efektif dalam mengobati infeksi jamur, dilansir dari Ihomeremedy.net:

Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai pembunuh bakteri alami terbaik, sangat efektif untuk infeksi jamur. Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antibiotik yang sangat berguna untuk membunuh bakteri.

Siapkan air yang telah dicampurkan dengan beberapa ekstrak bawang putih. Tidak perlu banyak, itu akan cukup jika mencakup daerah yang terinfeksi. Bilas daerah yang terinfeksi jamur dua kali dalam sehari dengan ekstrak bawang putih.

Anda juga dapat menerapkan pasta bawang putih langsung di atas permukaan yang terinfeksi.

Yogurt

Yogurt merupakan obat alami yang umum digunakan untuk infeksi jamur. Yogurt mengandung semut bakteri Lactobacillus acidophilu yang melindungi pertumbuhan dan infeksi jamur lebih lanjut di kulit.

READ:  Yuk, Makan Selai Kacang Biar Sehat

Untuk obat ini, Anda perlu beberapa yogurt tanpa gula. Terapkan yogurt secara langsung di daerah yang terinfeksi dengan menggunakan bola kapas atau tampon. Diamkan selama 20 menit sebelum dibilas. Ulangi pengobatan setiap hari selama seminggu lamanya hingga jamur pergi sepenuhnya.

Minyak Oregano

Minyak oregano adalah salah satu solusi rumah terbaik untuk infeksi jamur. Sifat baik antibakteri dan antijamur yang terkandung didalamnya dapat membunuh jamur dan melindungi dari pertumbuhan jamur.

Anda dapat mengambil minyak oregano dalam bentuk kapsul oral dan eksternal di daerah yang terinfeksi. Namun perlu hati-hati, minyak oregano sendiri dapat menyebabkan iritasi pada kulit, lebih baik Anda menambahkan sedikit minyak zaitun sebelum mengaplikasikannya.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan pembunuh bakteri dan jamur berbahaya. Ambil beberapa cuka sari apel mentah dan terapkan langsung pada daerah yang terinfeksi dengan menggunakan bola kapas.

Jangan lupa untuk membersihkan daerah yang terinfeksi dengan air hangat sebelum menerapkan cuka sari apel.

Calendula

Calendula merupakan ramuan herbal yang baik untuk mengobati infeksi jamur. Calendula memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

READ:  Khasiat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Ambil sedikit daun calendula dan hancurkan. Kemudian terapkan daun yang telah dihancurkan pada daerah yang terinfeksi. Anda akan menemukan calendula sebagai minyak esensial dan krim internal.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu pengobatan rumah yang sangat efektif untuk infeksi jamur pada vagina.  Minyak ini juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Oleskan minyak zaitun langsung ke daerah yang terinfeksi, biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membunuh bakteri yang bertanggung jawab terhadap infeksi jamur. Oleskan minyak kelapa secara langsung di daerah yang terkena infeksi.

Makanan untuk Infeksi Jamur

Beberapa makanan dapat mendorong pertumbuhan jamur sementara yang lain dapat membantu menyingkirkannya. Makanan berikut akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh bebas dari pertumbuhan Candida dan jamur yang bertanggung jawab terhadap infeksi.

Sayuran yang kaya serat: Brokoli, seledri, kubis, lobak dan kangkung merupakan sayuran yang paling disarankan dan sangat berguna untuk infeksi jamur. Makan bawang putih dan bawang sebanyak mungkin karena mereka bertindak sebagai zat anti-jamur alami.

READ:  Efek Buruk Wine Pada Pria Gemuk

Makanan tinggi protein: Yakinkan bahwa makanan Anda memiliki minimal 20% dari protein yang terdapat dalam ikan, ayam, bebek, kacang-kacangan, biji-bijian dan telur.

Karbohidrat: Anda harus memperhitungkan 10% dari karbohidrat dalam makanan Anda untuk melindungi dari pertumbuhan Candida berlebih melalui makanan seperti beras, kacang-kacangan dan gandum yang dapat memberikan karbohidrat yang sempurna.