7 Tips Mengatasi Amandel Secara Alami

Loading...

mengatasi amandel secara alamiKasus amandel atau tonsil banyak ditemukan pada anak-anak, dan dapat mengganggu kesehatan mulut dan tenggorokan.

Adanya benjolan amandel akan menghalangi jalannya pernapasan serta membuat anak kesulitan menelan makanan.

Amandel tidak boleh dibiarkan karena bisa menjadi amandel kronis atau akut hingga berakibat fatal. Amandel yang telah mengalami peradangan dan pembengkakan dapat mengganggu keluar masuknya oksigen yang melalui rongga mulut dan hidung.

Amandel kronis akan mengakibatkan tenggorokan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Amandel kronis juga dapat mengeluarkan nanah dengan salah satu cirinya yakni  amandel terlihat semakin membesar, berwarna semakin merah, dengan tekstur lunak dan ada bintik-bintik dengan warna putih kekuning-kuningan.

Mengatasi amandel secara alami dapat dilakukan tanpa tindakan operasi pengangkatan dan pembedahan. Akan tetapi pada kasus pembengkakan amandel yang semakin kronis, operasi pembedahan harus dilakukan dengan biaya yang cukup besar baik sebelum maupun pasca operasi.

Pada kasus amandel anak, mengatasi peradangan yang disebabkan oleh bakteri dapat dilakukan dengan memberikan antibiotik per-oral selama 10 hari. Untuk kasus amandel kronis pada anak hingga terjadi kesulitan dalam menelan, dapat dilakukan dengan memberikan suntikan.

READ:  Mengenal Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia

Jika mengatasi amandel secara alami tidak bisa lagi dilakukan, pengangkatan tonsil atau amandel dapat dilakukan jika :

  • terjadi tonsilitis lebih dari 7 kali/tahun
  • terjadi tonsilitis lebih dari 5 kali/tahun dalam kurun waktu 2 tahun
  • terjadi tonsilitis lebih dari 3 kali/tahun dalam kurun waktu 3 tahun
  • tidak terjadi respon tonsillitis pada pemberian pemberian antibiotik.

Beberapa perawatan dan pengobatan untuk mengatasi amandel secara alami sebagai salah satu cara untuk mencegah pembesaran amandel atau tonsil membesar dan timbulnya amandel pasca operasi antara lain:

Mengkonsumsi air putih atau mineral

Tubuh membutuhkan banyak cairan, setara dengan minimal 8-10 gelas air perhari disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan. Mengobati amandel juga bisa Anda lakukan dengan cara memperbanyak minum air putih yang bersifat netral.

Makanan yang dihindari

Minum air dingin, es krim, makanan dan minuman dengan bahan kimia seperti pemanis buatan, pewarna buatan dsb sebaiknya dihindari. Kurangi mengkonsumsi secara berlebihan jenis makanan olahan, seperti gorengan yang menggunakan minyak tidak sehat.

Buah dan sayur

Perbanyak konsumsi buah dalam bentuk sari buah atau jus buah. Buah yang sudah di blender lebih mudah masuk ke dalam tenggorokan serta memudahkan organ pencernaan untuk bekerja mencerna makanan.

READ:  8 Manfaat Menakjubkan Menari

Istirahat

Selalu istirahat yang cukup minimal 7-8 jam semalam.

Berkumur

Air putih hangat yang telah dicampur dengan sedikit garam sangat baik untuk berkumur. Lakukan minimal 3-4 kali dalam sehari.

Kompres leher

Kompres leher dengan handuk atau kain yang sudah direndam dengan air hangat setiap hari.

Terapi obat antibiotik

Gunakan resep dokter untuk terapi antibiotic, pada tindakan pencegahan dan apabila terjadi infeksi bakteri.

**

Itulah beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mengatasi sakit amandel yang diderita! Waspadai gejala amandel, lakukan perawatan amandel secara alami dan segera konsultasikan dengan ahli kesehatan untuk mengantisipasi terjadinya peradangan.

Amandel yang terlanjur parah dan meradang akan memerlukan proses bedah untuk pengangkatan amandel, yang tentu saja memerlukan waktu penyembuhan yang lebih lama dan biaya perawatan yang makin besar. Semoga artikel ini bermanfaat.