Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Ambeien

Loading...

cara mengatasi ambeienPenyakit ambeien atau dikenal sebagai penyakit wasir bisa diderita oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan.

Ambeien merupakan penyakit atau gangguan yang terjadi pada bagian anus dimana ada pembengkakan pada bagian bibir anus, bahkan terkadang juga disertai dengan pendarahan.

Penyebab Ambeien

Ada beberapa faktor penyebab ambeien, diantaranya adalah kesalahan gerak ketika berolahraga, juga terlalu banyak duduk atau berdiri. Ambeien juga dapat disebabkan karena faktor keturunan, bisa terjadi karena konstipasi sehingga harus mengejan ketika buang air besar dan sering terjadi pada wanita hamil.

Wanita akan lebih rentan mengalami penyakit ambeien daripada pria. Hal ini disebabkan karena pelebaran pembuluh vena pada wanita lebih sering terjadi terutama saat menstruasi atau pada saat hamil.

Gejala Ambeien

Sebelum mengetahui tips mengatasi ambeien, Anda sebaiknya mencermati gejalanya, yakni:

  • Terjadi pendarahan pada dubur meskipun tanpa rasa sakit. Warna darah merah muda dapat berupa tetesan atau mengalir deras.
  • Jika merasa masih ada yang mengganjal ketika buang air besar belum selesai, namun kemudian Anda malah mengejan lebih kuat sehingga membuat ambeien semakin parah.
  • Waspadai jika merasa gatal dan nyeri pada daerah dubur. Kondisi ini bisa memicu infeksi pada kulit dubur karena daerah dubur sulit dibersihkan.
READ:  Jeruk Nipis dan Khasiatnya bagi Kesehatan Tubuh

Jika mendapati gejala penyakit ambeien seperti di atas segera lakukan pengobatan dengan tips mengatasi ambeien untuk menghindari kemungkinan terburuk dari penyakit ambeien. Meskipun ambeien bukan penyakit yang mematikan, namun penyakit ini akan sangat mengganggu kenyamanan hidup dan aktifitas harian Anda bukan?

Tips Mengatasi Ambeien Secara Alami

Tips mengatasi ambeien dengan ramuan tradisional patut Anda coba, jika sekiranya Anda menderita penyakit ini.

Ramuan pertama. Bahan-bahan yang diperlukan adalah 6 gr daun kejibeling, 5 gr daun meniran, 1 gr asam kawak, serta 3 gr temulawak. Rebus semua bahan dengan 1 liter air sampai tersisa hingga 1/2 liter air saja. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari.

Ramuan kedua. Ramuan ini menggunakan daun pepaya atau daun kates yang tidak terlalu tua. Ambil daun kates secukupnya, tumbuk hingga halus kemudian diseduh dengan air panas, peras dan saring. Diamkan selama semalam. Pada pagi harinya minum sampai habis. Buat ramuan serupa untuk hari berikutnya hingga ambeien sembuh.

Pendarahan mendadak. Pendarahan mendadak pada ambeien dapat diobati dengan ramuan dari bonggol pisang kapok. Ambil bonggol pisang kapok, kemudian tumbuk hingga halus, peras, lalu saring hingga didapatkan air untuk diminum.

READ:  Waspadai Wasir Paska Melahirkan

Demikianlah cara alami mengatasi ambeien. Untuk mencegah anda menderita wasir atau ambeien, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan berserat yang cukup memenuhi asupan serat harian anda. Serat berfungsi menjaga lancarnya pencernaan anda. Jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas per hari.

**

Meskipun penyakit ambeien tidak termasuk penyakit akut, namun melakukan pecegahan akan penyakit ini lebih penting daripada melakukan pengobatan.

Namun jika terlanjur mengalami wasir atau ambeien, Anda bisa memilih untuk melakukan pengobatan secara medis maupun dengan cara yang alami. Tentunya hal tersebut semuanya diserahkan kepada diri masing-masing untuk melakukan pengobatan ambeiennya yang diderita!