Resep dan Cara Memasak Sarden yang Enak

cara memasak sardenSiapa yang tidak kenal dengan ikan sarden, baik itu sarden kalengan ataupun sarden segar. Ikan sarden termasuk makanan yang populer, khususnya sarden kalengan menjadi pilihan oleh kaum urban yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk memasak.

Selain praktis, harga yang terjangkau dan pengolahan yang gampang, ternyata ikan sarden juga memiliki kelebihan dan keunggulan dari kandungan gizinya.

Agar makan sarden kalengan menjadi lebih terasa nikmat dan lezat, anda bisa mengikuti beberapa tips memasak sarden enak di bawah ini, sehingga ikan sarden yang terkesan membosankan tidak lagi membosankan bagi anda karena pengolahannya yang lebih enak dan menarik.

Yang perlu anda perhatikan dalam memasak sarden terutama sarden kalengan adalah menjaga agar ikan tidak hancur, dengan mengaduk pelan dan pastinya takaran air tambahan yang pas sehingga rasa bumbu tidak hilang. Selain itu anda bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti daun bawang, cabe dan tomat untuk menambah citarasa dan aroma sarden anda.

Berikut beberapa langkah memasak sarden kalengan agar lebih lezat untuk disantap:

READ:  Tips dan Cara Merawat Kulit dan Mengurangi Keriput

Bahan yang anda butuhkan antara lain:

  • 1 Kaleng sarden ukuran besar
  • Cabe merah 10 biji
  • Jahe setengah ruas jari diiris
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang bombay setengah siung atau daun bawang satu batang
  • Tomat
  • Daun kemangi
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam dan penyedap rasa

Cara memasak sarden ikan kaleng:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe merah, tidak harus terlalu halus, bisa diulek atau ditumbuk kasar
  2. Kemudian bumbu ulek tersebut ditumis dengan minyak goreng secukupnya, bersama bawang bombay atau daun bawang dan jahe iris. Jangan lupa menambahkan sedikit penyedap rasa agar rasa lebih gurih, jika tak suka, anda bisa mengganti penyedap rasa dengan sedikit gula.
  3. Bila bumbu sudah wangi dan masak, masukkan tomat, tumis sebentar dan tuangkan ikan sarden ke tumisan. Tambahkan garam dan aduk perlahan, jangan sampai ikannya hancur.
  4. Biarkan hingga airnya agak mengering dan sarden anda siap disajikan. Anda bisa menambahkan sedikit taburan daun kemangi segar untuk menambah aroma.
READ:  5 Jenis Olahraga Ini Wajib Bagi Wanita

Ikan sarden kalengan memang makanan yang mudah dijumpai dan dijual dimana saja, baik di mini market maupun di pasar tradisional dan di warung-warung, berbeda dengan ikan sarden segar yang hanya bisa diperoleh di pasar tradisional atau di pasar daerah pantai.

Anda juga bisa mengolah ikan sarden segar dengan lebih lezat seperti halnya ikan sarden kalengan dan proses memasaknya jauh lebih simple karena sarden segar jauh lebih gampang untuk diolah. Cukup dengan menggoreng saja, rasa ikan sarden segar sudah sangat gurih.

Biasanya yang disebut ikan sarden segar ini adalah ikan lemuru yang banyak mengandung omega 3 yang sangat baik bagi perkembangan otak. Ikan lemuru cukup digoreng dan diberi bumbu balado, bisa juga menggunakan sambal goreng yang dibuat seperti kari agak basah atau sambal balado kering, tergantung selera anda.

(foto: lonaid.blogspot.com)