6 Cara Unik Memanfaatkan Kentang

manfaat kentangTentu anda mengenal salah satu jenis umbi yang satu ini. Ya, Kentang. Bagi sebagian besar orang Eropa dan Amerika, kentang merupakan salah satu makanan pokok yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.

Selain rasanya yang lezat, kentang yang ternyata awalnya berasal dari benua Amerika ini juga terkenal akan kalorinya yang rendah, bebas lemak dan kolesterol juga sodium seperti jenis sayuran dan buah-buahan lainnya.

Masyarakat Indonesia memanfaatkan kentang tentu saja sebagai hidangan lezat yang bervariasi seperti kentang goreng, kentang rebus, mashed potato hingga kripik yang memang menjadi salah satu camilan favorit.

Namun tahukah anda di balik kegunaannya sebagai makanan, kentang juga dapat dimanfaatkan lewat berbagai cara unik seperti berikut.

1. Jus kentang

Jus kentang? Bagaimana rasanya ya? Kentang yang di jus memang terdengar aneh dan mungkin rasanya tidak enak. Akan tetapi, jus kentang ternyata dapat menyembuhkan beberapa penyakit ringan yang menyerang sendi maupun nyeri.

Beberapa gangguan kesehatan ringan seperti keseleo, asam urat, pegal linu, luka bakar dan memar ternyata dapat disembuhkan dengan meminum jus kentang. Untuk mengatasi rasanya yang mungkin kurang membuat berselera, anda dapat menambahkan wortel maupun daun seledri.

READ:  Tips dan Cara Menghadapi Anak yang Suka Berbohong

2. Perawatan wajah

Bagi anda yang menggemari perawatan wajah dengan bahan-bahan alami, cobalah menggunakan kentang untuk mengatasi beberapa masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo hingga noda pada wajah.

Caranya cukup mudah, anda dapat memotong kentang menjadi dua bagian dan mengaplikasikannya langsung pada area wajah yang bermasalah. Selain itu, anda juga dapat membuat masker kentang. Gunakan blender untuk menghaluskan kentang dan oleskan pada wajah. Biarkan mengering selama 30 menit bilas dan keringkan.

3. Bahan mentah industri

Coba gali informasi mengenai sari pati kentang sebagai bahan mentah yang dapat dimanfaatkan dalam industri skala kecil maupun besar seperti industri tekstil, kayu, kertas, kosmetik, kesehatan dan lain sebagainya.

4. Membuat karya seni

Kentang dapat pula digunakan sebagai bahan pembuat karya seni yang unik dan juga dapat anda kerjakan bersama anak tercinta. Salah satunya adalah stempel. Belah kentang menjadi dua dan ukir ke bentuk sesuai selera. Anda dapat mengganti tinta stempel biasa dengan cat minyak maupun air, dan cetak pada kertas maupun benda lain. Mudah bukan?

READ:  Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Sehat

Selain stempel, kentang juga dapat digunakan sebagai bahan pahatan. anda dapat membentuk kentang ke berbagai macam bentuk yang unik dengan menggunakan pisau kecil.

5. Mengurangi rasa asin

Tahukan anda bahwa kentang dapat menyerap rasa asin? Jika masakan atau hidangan anda terasa terlalu asin, masukkan potongan kentang mentah kedalamnya untuk menyerap rasa asin yang berlebihan.

Hal ini juga terbukti saat membuat sup kentang, untuk membuat rasa yang tidak hambar, anda perlu memasukkan banyak garam.

6. Mengambil bola lampu yang retak

Jika anda menemukan bola lampu (berbentuk bulat) yang pecah dan ingin mengambilnya dari wadahnya, hal ini dapat membahayakan tangan anda karena pecahan bola lampu amatlah tajam dan cenderung tipis.

Anda dapat memanfaatkan kentang dengan cara menekannya pada bagian yang pecah, lalu putar kentang untuk membuat bola lampu lepas dari wadahnya. Cari ini cukup aman dan mudah.

***

Bagaimana, sudah terpikir untuk berkreatif ria dengan kentang?

(foto: realfood.tesco.com)