8 Jenis Pasta Favorit, yang Mana Pilihan Anda?

Anda penggemar pasta? Makanan khas dari negara Italia ini ternyata memiliki banyak ragam dengan cita rasa unik masing-masing.

Pasta sendiri adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu, telur, air dan garam yang kemudian dibuat menjadi aneka ragam bentuk, warna dan rasa. Umumnya pasta selalu ditemani dengan saus.

Pasta terbagi menjadi 2 jenis yaitu pasta basah dan pasta kering. Jika ingin pasta yang lebih tahan lama sebaiknya Anda menggunakan jenis pasta kering.

Loading...

Nah, mari kita ulas lebih dalam seputar 8 jenis pasta favorit berikut ini:

1. Spaghetti

spaghetti
(foto: cookingclassy.com )

Dalam bahasa Italia Spaghetti adalah bentuk jamak dari kata spaghetto yang artinya kawat tipis atau benang. Penamaan ini disebabkan oleh bentuk spaghetti yang memang menyerupai kawat tipis atau benang tersebut. Awalnya bangsa Eropa mengira spaghetti adalah bakmi yang dibawa oleh Marcopolo sepulangnya dari Tiongkok, padahal spaghetti telah ditemukan dan dikonsumsi oleh masyarakat Italia sejak 10.000 tahun yang lalu.

2. Fusili

Fusili
(foto: ramadhan.kompas.com)

Fusili adalah pasta berbentuk spiral yang biasa disajikan dengan saus tomat. Fusili juga dapat dihidangkan dengan saus keju, pepperoni, paprika, bayam dan daging cincang. Di negara asalnya fusili memang tidak sepopuler spaghetti tetapi penggemar pasta jenis ini tetap saja ada.

READ:  7 Perilaku Aneh Yang Terjadi Saat Anda Tidur

3. Macaroni

macaroni
(foto: lifesambrosia.com )

Macaroni adalah pasta berbentuk tabung yang cukup diminati di Indonesia. Di negara asalnya, macaroni dibuat hanya dengan campuran tepung terigu, air dan telur. Resep macaroni yang terkenal di Indonesia adalah macaroni scotel. Macaroni scotel sendiri merupakan campuran antara resep Indonesia dengan lidah para noni Belanda pada masa penjajahan.

4. Lasagna

lasagna
(foto: blog.kliktoday.com )

Lasagna adalah pasta berupa lembaran-lembaran yang ditaruh ke dalam loyang kemudian diisi dan dilapisi saus dan daging cincang. Lasagna kemudian dipanggang dalam oven hingga menjadi sangat lembut dan gurih. Cita rasa lasagna yang sangat istimewa membuat lasagna masuk ke dalam daftar 50 makanan paling disukai di seluruh dunia.

5. Fettucini

fettucini
(foto: steakpastaburger.wordpress.com)

Dengan bahan dasar yang sama dengan jenis pasta lainnya, fettucini adalah lembaran pasta berbentuk mie gepeng yang bertekstur kenyal. Dalam pengolahan sausnya, biasanya saus fettucini lebih cair dibandingkan dengan saus yang digunakan pada spaghetti. Fettucini umumya diberi saus alfredo dengan tambahan berupa udang, jamur dan smoke beef.

READ:  Resep Lumpia Goreng Khas Semarang

6. Ravioli

ravioli
(foto: biteclubeats.com)

Ravioli adalah pasta yang bentuknya seperti pastel dengan isi di dalamnya seperti daging cincang, paprika dan jamur. Ravioli seringkali disajikan dengan saus tomat. Ravioli sendiri mulai terkenal di Eropa pada abad ke 14. Saat pertama kali diperkenalkan di USA, Ravioli diisi dengan keju atau daging sapi. Bentuk dari pasta ini bisa kotak maupun bulat.

7. Canelloni

canelloni
(foto: nlcafe.hu )

Pasta berbentuk pipa memanjang yang biasa diisi dengan daging, ikan atau jamur ini biasa disajikan dengan saus tomat kemudian dipanggang. Canelloni biasanya berukuran 3-4 inch dan memiliki diameter 1 inch. Dalam bahasa Italia sendiri canelloni memiliki arti pipa besar dikarenakan bentuknya. Pada awal ditemukannya canelloni pasta tersebut sering dicampurkan dengan bayam dan keju.

8. Tortellini

tortellini
(foto: 123rf.com )

Tortellini adalah pasta yang berbentuk cincin atau pusaran yang diolah dengan saus krim dan saus tomat. Pertama kali ditemukan di daerah Modena, Emilia, Italia. Tortellini juga dapat di olah menjadi clear sup yang dapat menghangatkan tubuh Anda saat cuaca dingin. Tortellini segar biasanya kuat hingga 7 hari.

READ:  Manfaat dan Penggunaan Minyak Kayu Manis

**

Jadi bagi Anda para penggemar pasta, pasti Anda sudah sangat mengenal dan pernah mencicipi semua jenis pasta di atas kan? Mana yang menjadi favorit Anda?