11 Makanan Terbaik untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut Balita

pertumbuhan rambut balitaSeorang bayi mungkin tidak memiliki banyak rambut sejak lahir, dan hal ini seringkali menjadi kekhawatiran bagi seorang ibu. Merasa cemas jika anaknya tidak akan memiliki rambut yang lebat.

Sebenarnya memiliki jumlah helai rambut yang tidak banyak merupakan hal yang umum dialami oleh bayi, tetapi secara bertahap bayi akan mulai mengalami pertumbuhan rambut dengan sendirinya.

Apa yang seorang ibu perlu lakukan hanyalah memastikan perawatan rambut yang tepat, termasuk memberikan pola makanan bergizi dalam menu harian anak. Berikan beberapa makanan sehat yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan juga membantu dalam tumbuh kembang anak.

Salah satu jenis makanan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut balita adalah makanan yang kaya akan vitamin B. Hal ini dikarenakan Vitamin B mampu meningkatkan pembentukan darah dan sirkulasi dalam tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit kepala.

Vitamin B6 dan Vitamin B12 dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan balita.

Omega-3 dan omega-6 asam lemak juga sangat baik untuk rambut balita. Guna meningkatkan pertumbuhan rambut balita, pastikan Anda memberi mereka asupan makanan yang kaya asam lemak ini.

READ:  7 Manfaat Makan Durian Untuk Tubuh

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut balita Anda:

Salmon

Salmon memiliki omega-3 dan omega-6 asam lemak yang merangsang pertumbuhan rambut pada balita. Asam lemak ini juga tentunya baik untuk kulit balita.

Telur

Telur merupakan makanan yang sangat sehat untuk dikonsumsi balita maupun bagi orang dewasa. Sebaiknya berikan telur rebus dalam menu harian balita Anda, karena hal ini dapat membantu pertumbuhan mereka secara keseluruhan.

Pisang

Pisang mengandung vitamin B yang mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat helai rambut dari akar. Selain itu, pisang juga baik untuk sistem pencernaan.

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini sangat bergizi dan sehat untuk dikonsumsi balita. Bayam adalah makanan super yang mengandung Vitamin E. Vitamin ini akan merangsang pertumbuhan rambut, jadi masukkan sayuran ini dalam menu keseharian anak.

Jeruk

Buah jeruk kaya akan asam folat yang berkhasiat membuat rambut menjadi lebih sehat. Asam folat memperkuat rambut dari akar dan mencegahnya dari kerontokan.

Stroberi

Buah ini termasuk salah satu sumber yang kaya akan kandungan kalsium serta antioksidan yang mampu mempercepat tingkat pertumbuhan rambut balita.

READ:  Liburan Bersama Anak di Bangkok

Susu

Susu mengandung kalsium yang merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Berikan asupan susu pada balita Anda setidaknya dua kali sehari.

Yogurt

Produk susu seperti yogurt selama ini dikenal sebagai makanan yang dapat memperkuat sistem pencernaan serta tulang balita. Namun, sebenarnya bukan hanya itu khasiat yang dapat Anda manfaatkan, karena yogurt juga termasuk salah satu makanan yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Air

Berikan balita Anda asupan air yang cukup sepanjang hari. Hal ini tidak hanya membuat tubuh dan rambut terus terhidrasi, tetapi juga guna mencegah salah satu masalah kesehatan yang paling umum dialami balita, seperti sembelit.

Gandum Utuh

Seluruh biji-bijian tentu saja mudah untuk dicerna, bergizi dan kaya akan vitamin. Gandum adalah salah satu makanan yang berkhasiat meningkatkan pertumbuhan rambut pada balita.

Nasi

Nasi memiliki kandungan vitamin B yang berkhasiat untuk meningkatkan produksi Keratin dalam tubuh. Keratin ini adalah protein yang berfungsi memperkuat folikel rambut serta meningkatkan pertumbuhan helai rambut pada balita.

READ:  Ini Dia, Ide yang Membuat Menonton Film Semakin Menyenangkan!

**

Itulah beberapa makanan yang berkhasiat untuk pertumbuhan rambut serta perkembangan balita secara menyeluruh. Sebelum membeli makanan untuk balita Anda, sebaiknya pertimbangkan kembali makanan seperti apa yang sehat dikonsumsi balita Anda.

Selain memberikan pola makan yang berkualitas dan sehat, Anda juga perlu memberikan perawatan yang tepat pada rambut balita. Mengolesi minyak dan memberi pijatan halus merupakan dasar yang penting untuk pertumbuhan rambut balita Anda.