Mau Mata Tetap Sehat? Makanlah 10 Buah Ini!

buah untuk kesehatan mataMata adalah salah satu indera utama tubuh yang berfungsi untuk menangkap pantulan cahaya pada benda dan menerjemahkannya dalam bentuk nyata pada otak.

Tanpa mata, mustahil kita dapat melihat indahnya pelangi, birunya langit dan jernihnya air. Sebagai  salah satu indera penting bagi manusia, mata perlu dijaga agar selalu sehat dan dapat berfungsi dengan baik.

Ingin mata Anda selalu sehat? Berikut ini adalah 10 buah yang baik bagi kesehatan mata Anda!

1. Strawberry

Strawberry adalah buah yang memiliki kurang lebih 700 biji pada permukaannya. Di dunia ini terdapat lebih dari  200 jenis strawberry. Kandungan anti oksidan yang sangat tinggi pada strawberry membuat buah asam tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda dari pengaruh radikal bebas.

2. Anggur

Buah Anggur telah dibudidayakan sejak 4000 tahun SM di timur tengah. Buah yang memiliki beberapa warna seperti merah, ungu dan hijau ini tergolong dalam tumbuhan vitacaee.

Anggur memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya saja buah anggur memiliki kandungan assimiratory yang baik bagi para penderita asma. Bagi kesehatan mata, buah anggur mengandung zat flavanoid yang juga tidak kalah pentingnya karena berkhasiat melindungi mata dari penyakit katarak.

3. Alpukat

Buah alpukat pertama kali ditemukan di Amerika Tengah, di wilayah Meksiko. Buah ini memiliki bentuk bulat memanjang dengan warna hijau keunguan. Alpukat memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama mata. Hal tersebut karena buah alpukat memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah dan membantu penyembuhan mata minus.

4. Kiwi

Buah kiwi adalah sejenis buah beri dengan ukuran sebesar telur dan memiliki warna luar cokelat dengan daging buah berwarna hijau. Buah berbentuk oval ini sangat baik untuk melindungi mata Anda dari penyakit katarak karena mengandung senyawa lutein yang baik bagi mata Anda.

5. Jambu Air

Pernahkan Anda merasa mata Anda kering dan perih akibat terlalu lama menatap ke layar monitor atau televisi? Jika ya, maka Anda mungkin mengalami apa yang disebut dengan mata lelah. Salah satu buah yang baik untuk mengembalikan kesegaran dan kesehatan mata Anda adalah jambu air. Buah jambu air mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesegaran mata Anda.

6. Jeruk Nipis

Buah dengan rasa asam ini ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan pelengkap makanan saja melainkan juga bisa dijadikan sebagai zat alami dalam melindungi dan menjaga kesehatan mata. Di dalam jeruk nipis terkandung flavanoid yang berkhasiat menjaga mata dari infeksi serta mencegah mata dari penuaan dini.

7. Mangga

Pasti banyak sekali dari Anda yang mengenal dan menyukai buah yang satu ini. Yups, selain memiliki rasa yang enak, buah mangga juga sangat bermanfaat dalam melindungi kesehatan mata Anda.

Buah mangga memiliki kandungan riboflavoin dan juga kaya akan vitamin A yang berguna mengatur kandungan air pada mata sehingga tidak mudah kering dan menjaga kejernihan mata Anda.

8. Pisang

Buah berbentuk panjang dan berdaging manis ini mengandung vitamin A dan natrium yang baik bagi kesehatan mata. Vitamin A baik untuk mempertahankan kesehatannya sementara natrium berguna mengatur pelepasan air sehingga mata tidak mudah kering.

9. Pepaya

Tidak banyak yang tahu kalau buah pepaya sangat baik bagi kesehatan mata. Selama ini buah pepaya hanya dikenal baik untuk pencernaan dan kulit. Tapi ternyata buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga baik bagi percepatan regenerasi sel pada mata.

10. Pir

Buah berbentuk bulat lonjong ini memiliki kulit berwarna kuning atau hijau cerah. Buah dengan rasa manis ini ternyata memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui vitamin A sangat banyak manfaatnya dalam menjaga mata dari segala macam virus dan penyakit.

**

Sekian artikel mengenai 10 buah yang baik bagi mata. Semoga dapat membantu Anda yang sedang menyembuhkan penyakit mata Anda atau ingin melindungi mata Anda dari serangan penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Topik Terkait: , , ,
0 comments