10 Tips Menguasai Teknik Membaca Cepat

Menguasai Teknik Membaca CepatUntuk meningkatkan pencapaian kita dalam pendidikan atau karir, membaca adalah hal mutlak yang harus dilakukan.

Bagi mereka yang bergelut dalam dunia pendidikan dan bekerja sebagai penulis, membaca sangat diperlukan untuk meningkatkan performa pekerjaan.

Saat ini, begitu banyak bacaan yang harus kita dalami. Namun, waktu seringkali tidak mencukupi. Apalagi jika kita memiliki banyak kesibukan.

Loading...

Pakar pembaca cepat dari Universitas Colombia, Richard L. Feldman, Ph.D, memberikan 10 tips untuk meningkatkan kecepatan membaca sekaligus memahami apa yang kita baca dengan baik:

1. Membaca pada pagi hari

Banyak orang dapat melipatgandakan kecepatan dan sekaligus meningkatkan konsentasi membaca dengan membaca materi-materi penting pada pagi hari.

2. Prioritaskan bacaan Anda

Buatlah tumpukan bacaan, letakkan bacaan paling penting di paling atas. Baca materi dalam urutan yang paling prioritas.

Anda dapat meningkatkan kecepatan membaca Anda dengan melakukan hal ini. Baca materi paling penting dibaca pertama kali, saat pikiran Anda jernih dan tajam.

3. Skip gagasan utama

Cara meningkatkan kecepatan membaca pada karya non fiksi, seperti buku dan teks pendidikan, dilakukan dengan memindai daftar isi, kalimat pertama dan kalimat terakhir paragraf.

READ:  6 Trik Memotivasi Anak Untuk Belajar Lebih Baik

Kecepatan membaca meningkat jika Anda dapat memahami struktur pengantar di dalam buku. Hal ini membantu Anda mengetahui bagian mana di dalam buku yang harus Anda skim, dan bagian mana yang harus dibaca dengan hati-hati.

4. Buat pertanyaan

Buatlah pertanyaan berdasarkan judul buku, dan temukan jawabannya di dalam buku. Anda bisa memindai dengan cepat halaman demi halaman untuk menemukan jawabannya. Kecepatan membaca meningkat dan Anda tetap fokus pada materi Anda.

5. Membaca di lingkungan yang mendukung

Baca buku dengan kemiringan 45 derajat untunk meningkatkan kecepatan membaca dan mengurangi kelelahan mata.

Hindari membaca bahan penting di tempat yang sulit, seperti di tempat tidur. Karena di tempat ini, tubuh dan pikiran Anda cenderung waspada. Membacalah sambil duduk menghadap meja.

6. Catat yang penting-penting

Untuk menghindari membaca ulang, catatlah hasil bacaan yang Anda anggap penting setelah Anda membaca beberapa paragraf atau beberapa lembar.

7. Hindari menggarisbawahi

Banyak pembaca yang percaya bahwa mewarnai bagian yang penting di dalam buku dengan warna dapat meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman. Namun, menandai bacaan dengan warna adalah berarti tidak mau repot-repot untuk membacanya sekarang. Mereka akhirnya membaca materinya dua kali.

READ:  7 Tips Penyusunan Skripsi

8. Preview sebelum membaca

Lihatlah materi pertama yang menarik dan yang Anda butuhkan. Dan lihat pula kemungkinan materi yang bisa Anda lewati. Lalu bacalah halaman demi halaman dengan fokus pada apa yang Anda butuhkan, dan skip atau lewati sisanya.

9. Gunakan kecepatan membaca yang fleksibel

Ada bahan-bahan bacaan yang harus dibaca dengan hati-hati, seperti kontrak hukum, persamaan matematikan, puisi, dan semacamnya.

Tapi ada pula bahan bacaan yang dapat dibaca dengan cepat, seperti koran, majalah dan novel. Sesuaikan kecepatan membaca Anda dengan jenis bacaan dan tujuannya Anda membacanya.

10. Ikuti kelas membaca cepat

Hindari kursus mebaca online atau otodidak, jika Anda benar-benar serius ingin memiliki kemampuan memabca cepat.

Cara terbaik mempelajari teknik membaca cepat adalah dengan dibimbing oleh pakarnya. Di Indonesia, mungkin ini belum populer. Tapi di AS, kelas membaca cepat, cukup populer.