Ingin Melanjutkan Studi di Korea? 12 Hal Yang Perlu Anda Tahu!

tips belajar di koreaBelajar di luar negeri adalah pengalaman hebat, terutama jika Anda tertarik dengan budaya dan bahasa asing.

Dan Korea adalah tujuan yang mengagumkan bagi siapapun yang ingin memperluas wawasannya.

Jika Anda berpikir untuk menuntut ilmu di Korea, inilah 12 hal yang dapat Anda harapkan dari universitas, dilansir dari Seoulistic.com.

1. Persaingan di Universitas

Universitas di Korea semakin kompetitif jika bicara mengenai penerimaan mahasiswa asing dalam upaya untuk memenuhi standar global. Mahasiswa asing merupakan sumber arus kas bagi universitas, dan juga dapat meningkatkan citra universitas pada skala global.

Universitas juga diperbolehkan untuk menerima mahasiswa asing sebanyak yang mereka inginkan, sedangkan Kementerian Pendidikan menetapkan kuota bagi siswa lokal yang mendaftar.

2. Anda harus berbicara dalam Bahasa Korea

Sebagian besar universitas di Korea memberikan syarat skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) minimal 4 atau lebih (yang setara dengan kemampuan menengah).

Untuk program master kurang lebih sama, tetapi beberapa universitas akan memberikan sedikit ruang gerak tergantung pada bidang studi yang Anda inginkan.

3. 25-30% kelas diajarkan dalam Bahasa Inggris

Ya, Anda akan diajarkan dalam bahasa Inggris oleh profesor Korea. Hal ini berlaku untuk setiap jurusan yang Anda pilih (Bahasa Korea mungkin satu-satunya pengecualian).

Profesor akan mengajar dalam bahasa Inggris, tetapi Bahasa Inggris mereka mungkin bukan yang terbaik, sehingga kemahiran dalam menggunakan Bahasa Korea akan menguntungkan ketika Anda meminta sesama mahasiswa untuk membantu.

READ:  Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Tanpa Biaya untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Motivasi utama bagi banyak mahasiswa Korea untuk belajar Bahasa Inggris adalah memperoleh skor TOEIC atau hanya agar dapat memahami bahasan yang dibawakan pengajar saat kuliah.

4. Les dan perumahan relatif murah

Rata-rata untuk kuliah satu tahun di universitas Korea adalah 6,7 juta won. Untuk perumahan kampus hanya akan dikenakan biaya sekitar 700 ribu won.

5. Tidak semua universitas diciptakan sama

Setiap anak SMA di Korea pergi tidur dengan memikirkan tiga huruf saja : S.K.Y., yang merupakan singkatan dari 3 universitas to[ di Korea: Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University.

Meskipun mereka bukan yang terbaik untuk jurusan yang Anda inginkan, gelar dari salah satu dari tiga universitas tersebut, terutama SNU, akan memberikan jaminan hidup sukses di Korea.

6. Kebebasan kehidupan kampus

Hidup sebagai seorang mahasiswa Korea memerlukan tindakan penyeimbangan yang intens. Mahasiswa Korea telah menjadi sangat terbiasa dengan kehidupan belajar non-stop setelah SMA.

Dan mereka biasanya mengatasi tekanan dengan berpesta. Yup! Mahasiswa Korea bahkan mungkin lebih sering berpesta daripada siswa di Indonesia.

7. Hubungan senior-junior

Di universitas, menjadi senior (sunbae) akan dilengkapi dengan hak dan banyak kesempatan untuk berbuat kenakalan. Junior (hubae) melihat senior mereka sebagai mentor dan pemandu, dan cukup banyak peran sehingga mereka harus mengikuti perintah senior. Ini termasuk minum dan berpesta hingga larut.

READ:  9 Restoran Halal di Seoul

Sunbae memainkan peran mereka dengan sangat serius dan berharap hubae akan memanggil mereka setiap kali mereka mengalami kesulitan apapun.

8. Kerja sampingan

Banyak mahasiswa Korea yang juga bekerja paruh waktu untuk membantu membayar uang kuliah atau membayar pesta akhir pekan mereka. Universitas mempekerjakan sejumlah besar siswa mereka sendiri untuk membantu berbagai pekerjaan di sekitar kampus.

Sebagai orang asing, banyak kesempatan kerja yang unik di kampus yang akan terbuka untuk Anda, dan ada banyak pekerjaan di luar kampus yang mungkin lebih sulit untuk didapatkan. Tapi, jika semuanya gagal, memberikan les selalu menjadi pilihan yang layak.

9. Kencan, gaya mahasiswa

Kebanyakan mahasiswa Korea telah mengabdikan diri untuk mencapai skor TOEIC yang sempurna. Cara yang paling umum untuk bertemu dengan partner perspektif ialah dalam kencan grup yang disebut pertemuan.

Sekelompok teman-teman wanita akan pergi dengan sekelompok teman-teman pria dan merasakan siapa yang cocok dengan siapa. Lalu ada yang lebih pribadi, yang merupakan kencan buta yang direncanakan oleh teman-teman Anda. Organisasi mahasiswa juga digunakan sebagai tempat untuk lajang muda saling bertemu.

READ:  5 Tips Jitu Atasi Demam Panggung

11. Transfer antara universitas sangat sulit

Bagi mahasiswa Korea, Kementerian Pendidikan menetapkan jumlah siswa yang akan diizinkan untuk berpindah setiap tahun. Hal ini karena sebagian besar siswa ingin berpindah ke sekolah yang lebih baik dari yang mereka sedang jalani.

Untuk orang asing, Anda perlu belajar di universitas setidaknya selama dua tahun sebelum Anda dapat mencoba untuk berpindah ke universitas lainnya. Transfer antar universitas di Korea, sebagai orang asing, bukan prosedur umum, dan itu berarti persyaratan akan sama seperti mahasiswa yang baru masuk ke universitas.

12. Adaptasi, Reaksi, Readaptasi!

Hidup sebagai mahasiswa Korea tidaklah sama dengan di negara Anda sendiri. Kemampuan untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan kehidupan mahasiswa Korea adalah kunci sukses di sebuah universitas Korea.

Anda akan mengalami culture shock, tidak peduli berapa banyak K-Drama yang sudah Anda tonton. Ikuti saja alirannya dan nikmati, kehidupan Anda sebagai seorang mahasiswa Korea pasti akan sangat menyenangkan!

(foto: kdtokimchi.wordpress.com)