Yoga, Penyembuh Alami Sakit Kepala

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami sakit kepala. Entah itu akibat kelelahan atau juga karena stres. Dan jika Anda memiliki kondisi kronis yang disebut migrain, maka Anda bisa saja mengalami sakit kepala yang cukup sering.

Kebanyakan orang memilih mengkonsumsi pil untuk menyembuhkan sakit kepala, namun beberapa mencoba pengobatan rumah alami untuk menyingkirkannya. Tapi sangat sedikit yang tahu bahwa Anda dapat memanfaatkan yoga sebagai penyembuh sakit kepala secara efektif.

Ada berbagai macam pose yoga yang dapat Anda lakukan. Sebagai contoh, jika Anda mengalami sakit kepala akibat cuaca yang terlalu dingin, Anda mungkin harus mencoba gaya yoga yang dapat menurunkan dahak yang menumpuk di kepala Anda. Ketika Anda mengalami sakit kepala yang diakibatkan karena stres, maka Anda perlu melakukan gaya yoga yang dapat membuat Anda rileks guna mengatasi stres.

Berikut adalah beberapa gaya yoga yang dapat menyembuhkan sakit kepala secara alami. Pilih pose yoga yang paling relevan dengan kasus Anda:

Padmasana

Yoga Padmasana
(foto: buzzle.com)

Padmasana atau pose lotus meditatif adalah gaya yang paling dasar dalam yoga. Pose ini akan membantu Anda menjadi lebih rileks dan dapat membersihkan pikiran Anda dari segala ketegangan pikiran. Ketika Anda merasa terlalu stres, cobalah untuk melakukan pose ini.

READ:  Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Uttasana

yoga Uttasana
(foto: boldsky.com)

Terkadang menghentakkan kaki juga dapat membersihkan kepala Anda. Anda mungkin berdiri dalam posisi tegak sepanjang hari. Oleh karena itu sesekali lakukanlah pose ini. Ketika Anda melakukan Uttasana, Anda harus berdiri lurus dan membungkuk ke depan untuk memegang pergelangan kaki Anda. Berikan sedikit jarak antara kepala dan lutut Anda.

Sirsasana

yoga sirsasana
(foto: yogawithvictordubin.wordpress.com)

Sirsasana atau headstand merupakan pose untuk orang-orang yang rentan terhadap sakit kepala migrain. Untuk mencoba pose ini, Anda harus berdiri terbalik, posisi kepala Anda berada di bawah. Hal ini memungkinkan pasokan darah segar ke otak yang lelah dan dengan demikian akan menyembuhkan sakit kepala.

Shavasana

Yoga Shavasana
(foto: satyaliveyoga.com.au)

Kadang, kelelahan akibat terlalu banyak bekerja dapat menjadi penyebab utama timbulnya sakit kepala. Jika Anda mengalami kasus tersebut, Anda perlu rileks sepenuhnya dengan berbaring dan melakukan pose Shavasana ini.

Prasarita Padottanasana

yoga Prasarita Padottanasana
(foto: yogaclaire.com)

Meskipun pose yoga ini dianggap sebagai salah satu pose yang cukup sulit untuk dilakukan. Anda perlu untuk meregangkan kaki Anda menjadi lebar dan kemudian membungkuk ke depan lalu sentuhkan dahi Anda ke lantai. Hal ini dapat membuat dahak yang tersimpan di kepala Anda dirilis melalui hidung.

READ:  Hindari 5 Penyebab Sakit Kepala Berikut Ini!

Duduk Virasana

yoga Duduk Virasana
(foto: boldsky.com)

Untuk melakukan pose ini, Anda harus duduk di lantai dengan lutut terlipat dan membungkuk ke depan. Tempatkan kepala Anda pada lantai kemudian regangkan lengan Anda ke depan. Pose ini dapat membantu Anda untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks sepenuhnya. Pose ini juga mampu mengurangi sakit telinga.

Adho Mukha Svanasana

yoga Adho Mukha Svanasana
(foto: cnyhealingarts.com)

Pose ini merupakan gaya yoga yang cukup serbaguna untuk menyembuhkan sakit kepala. Ini dapat membantu untuk menarik darah segar menuju otak dan juga membersihkan kepala Anda. Pose yoga ini dapat menyembuhkan hampir semua jenis sakit kepala.

Anuloma Viloma

yoga Anuloma Viloma
(foto: boldsky.com)

Pada dasarnya ini merupakan pose untuk melakukan latihan pernapasan. Sambil melakukan pose ini, Anda harus menarik nafas dalam-dalam dan kemudian menghembuskannya secara perlahan. Pose ini akan membuka paru-paru Anda dan memberikan tubuh Anda pasokan oksigen segar.

Pose Bayi

yoga Pose Bayi
(foto: yogabucket.com)

Pose ini hampir sama dengan posisi bayi saat masih dalam kandungan. Secara ilmiah telah terbukti bahwa posisi ini adalah cara yang paling aman untuk beristirahat, sehingga efektif untuk menyingkirkan sakit kepala.

READ:  10 Cara Cepat Atasi Sakit Kepala

**

Yoga merupakan obat alami yang mampu menyembuhkan sakit kepala terutama bagi Anda yang rentan terhadap migrain dan sakit kepala akibat otot-otot yang tegang. Ada banyak gaya atau posisi yoga yang dapat membantu Anda menyingkirkan sakit kepala, tanpa peduli apa penyebab sakit kepala Anda. Jadi ketika sakit kepala menyerang, cobalah beberapa pose di atas untuk mengatasinya.