10 Manfaat Sehat Buah Mangga Segar

manfaat manggaMangga, buah yang sangat lezat. Bisa dimakan begitu saja atau dijus.

Rasa buahnya yang manis dan lezat dengan beragam jenisnya membuat mangga banyak diminati karena tersedia banyak pilihan.

Selama ini mangga dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C, tapi sebetulnya manfaat buah mangga lebih banyak lagi.

Mengonsumsi buah mangga lebih baik ketimbang menikmati jus buatan yang sudah dalam kemasan. Karena bagaimanapun juga, kandungan nutrisinya belum berubah. Sementara jus mangga kemasan sudah mengalami pasteurisasi dan dalam banyak kasus telah ditambahkan pemanis buatan dan pengawet.

Berikut manfaat kesehatan buah mangga segar:

1. Mencegah Kanker

Mangga kaya akan anti oksidan yang mampu mencegah sejumlah penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar. Bahkan bisa mencegah penyakit leukemia!

2. Menjaga Penglihatan

Itu karena mangga mengandung vitamin A atau retinol dosis tinggi yang membantu melindungi mata Anda.

3. Tinggi serat dan vitamin C

Mengandung jumlah serat dan vitamin C yang banyak sehingga membantu menghilangkan apa yang disebut sebagai Dencity Lipoprotein Low, sehingga menurunkan kadar kolesterol.

READ:  5 Alasan Mengapa Olahraga Diperlukan Selama Masa Kehamilan

4. Menjaga keseimbangan basa tubuh

Buah yang mengagumkan karena menjaga kandungan basa di dalam tubuh tetap seimbang, itu karena mangga kaya akan asam malat, asam tartarat, dan asam sitrat.

5. Meningkatkan Kerja Metabolisme

Seperti pepaya, mangga juga membantu meningkatkan kerja pencernaan karena sangat kaya serat. Serat membantu usus bekerja lebih baik, yang kemudian meningkatkan kinerja metabolisme.

Hal ini membantu mengurangi timbunan lemak di dalam perut. Sangat baik untuk orang-orang yang sedang diet.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Itu karena kandungan 25 jenis karotenoid yang diperkaya dengan vitamin C dosis tinggi sehingga tubuh kebal terhadap penyakit.

7. Kaya Anti Oksidan

Berkat anti oksidannya yang melimpah, buah ini membantu peremajaan dan perbaikan sel. Membantu tubuh melakukan detoksifikasi, yakni proses pembersihan zat racun, juga mencegah terjadi jerawat.

8. Meningkatkan kesuburan

Sangat kaya akan asam folat atau folat dan vitamin B yang membantu meningkatkan kesuburan. Kekurangan asam folat dan vitamin B pada wanita seringkali menjadi penyebab keguguran. Jadi, buah ini sangat baik untuk ibu hamil.

READ:  Bersihkan Rumah Dari Jamur!

9. Mencukupi kebutuhan mineral

Mangga mengandung mineral seperti tembaga, selenium, seng dan kalium yang sangat penting bagi tubuh manusia. Ketiadaan mineral ini dapat menimbulkan masalah kesehatan. Jadi penting sekali memasukkan mangga di dalam asupan makanan Anda.

10. Vitamin E

Mangga dengan kandungan vitamin E, sehingga membantu meningkatkan dan memperbaiki gairah seks pada manusia.

Selain itu, buah ini juga mampu mengurangi kadar kolesterol  dan mencegah diabetes. Mangga memang mengandung gula alami yang banyak, tapi indeks glikemiknya rendah atau gula dilepaskan sangat lambat ke darah. Jadi gula darah tidak terpengaruh.

Mangga juga dikenal mencegah stroke karena dapat mengontrol kadar homocystiene dalam darah. Senyawa ini dapat berbahaya karena menyebabkan CAD dan stroke.

***

Jadi, pastikan mulai menambah mangga dalam diet harian Anda. Dan ingat, buah harus dimakan sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong.

Karena jika buah disantap sesudah makan berat, maka dapat membusukkan makanan dalam lambung Anda. Pencampuran gula buah, karbohidrat dan asam lambung dapat menyebabkan terjadi fermentasi pada makanan.

READ:  Apa Yang Menyebabkan Kulit Kepala Terasa Gatal?

(foto: nidsun.com)