Menjajal Fitur Baru OS Android Jelly Bean

Sistem operasi Android terbaru versi 4.3 datang dengan sejumlah fitur baru. Sistem operasi yang oleh Google diberi nama nama Jelly Bean ini, memanfaatkan pengaturan multi-user untuk membatasi pemakaian aplikasi maupun fitur dari sebuah profil.

Melalui aplikasi multi-user, para pemakai Jelly Bean dapat mengatur agar tidak semua orang bisa membuka konten yang sekiranya tidak untuk konsumsi banyak orang.

Anda bisa menjajal fitur baru OS Android Jelly Bean pada beberapa merk ponsel pintar dan tablet dari Samsung Galaxy Nexus, Samsung Nexus 10, LG Nexus 4, serta Asus Nexus 7.

Loading...
Android Jelly Bean
(foto: cnmeonline.com)

Fitur paling baru yang ditawarkan oleh Google dan dikembangkan dari sistem operasi  Ice Cream Sandwich ini antara lain adalah:

1. Google Assistant

Anda dapat menjajal fitur baru OS Android Jelly Bean dari Google terbaru berbasis fitur perintah suara yakni Google Assistant. Anda tinggal menekan ikon mikrofon pada kotak pencarian Google mengirim sms, email, menelepon dan lain-lain.

2. Google Now

Fitur unggulan Jelly Bean ini disebut sebagai Google Now yang akan memberikan informasi terbaru mengenai cuaca, lokasi, skor olahraga dan lain-lain dalam bentuk kartu-kartu informasi.

READ:  6 Tips Cerdas Membeli Harddisk Eksternal yang Berkualitas dan Bagus

Tampilan fitur ini dipermudah dengan menu settings yang akan menyediakan kartu informasi yang akan Anda pilih. Misalnya ketika Anda memilih kartu informasi cuaca, maka Anda dapat menentukan lokasi, notifikasi, bahkan satuan suhu serta menentukan kapan info cuaca ini akan dimunculkan, apakah setiap saat, atau hanya pada waktu tertentu sajai.

3. Notification

Fitur Notifications pada Jelly Bean akan memungkinkan Anda untuk menerima notifikasi dalam pilihan quick reply. Sehingga apabila Anda mendapatkan sms maka Anda melihat dan membalasnya tanpa masuk ke menu utama, bahkan preview dari email tersebut juga tersedia.

4. Screen Capture

Anda dapat menjajal fitur baru OS Android Jelly yakni screen capture dengan beberapa fitur baru. Di aplikasi Android Jelly Bean, Anda bisa menekan tombol power dan volume bagian bawah secara berbarengan untuk memperoleh screen capture. Gambar yang telah Anda ambil, bisa langsung Anda edit dan sebarkan melalui email atau pun jejaring sosial.

5. Say it Offline

Pada fitur Say it Offline Jelly Bean, Anda dapat mengubah ucapan ke dalam bentuk teks tanpa Anda melakukan koneksi perangkat dengan sambungan internet. Google telah mengembangkan pengenalan suara yang bisa dilakukan secara langsung dari perangkat Jelly bean tanpa harus terhubung terlebih dahulu ke server.

**

READ:  Tips dan Cara Mengurus e-KTP yang Hilang

(video: viddler.com)

Anda harus menjajal fitur baru OS Android Jelly Bean sebelum memastikan untuk beralih ke ponsel dengan basis sistem operasi tersebut. Beberapa fitur terbaru Android Jelly Bean di atas  patut untuk Anda ketahui kemampuannya guna memaksimalkan kinerja ponsel pintar Anda.