8 Alasan Kuat Menghindari Minuman Bersoda

efek samping minuman bersodaMinuman bersoda menjadi salah satu minuman favorit kebanyakan orang. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, sebaiknya Anda mulai berhati-hati.

Ketika Anda merasa lelah dan kepanasan, minuman soda dingin banyak diminati karena dapat memberikan kesegaran bagi tubuh Anda. Selain karena mudah untuk didapatkan, minuman ini juga memiliki harga yang relatif murah.

Namun, minuman bersoda ini mengandung zat-zat yang dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan Anda. Minuman bergelembung ini sebaiknya tidak dikonsumsi sesering mungkin.

Ada delapan alasan mengapa Anda harus memilih air putih saja, bukan minuman pengganti yang tidak sehat ini:

1. Kalori Berlebih

Soda tidak sehat bagi tubuh karena dikemas dengan sejumlah kalori. Hal ini akan menyebabkan obesitas yang kemudian dapat mengarah kepada timbulnya diabetes.

Peneliti Denmark menemukan bahwa minuman bersoda akan menyebabkan peningkatan dramatis dalam penumpukan lemak di sekitar hati dan dan otot rangka Anda, dan dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum soda teratur setiap hari selama enam bulan menunjukkan kenaikan 132-142 persen lemak hati, lonjakan 117-221 persen lemak tulang, dan sekitar 30 persen peningkatan di kedua lemak darah trigliserida dan organ lainnya. Konsumsi soda juga menyebabkan peningkatan 11 persen kolesterol, dibandingkan dengan orang yang minum minuman lain seperti air atau susu.

READ:  5 Manfaat Menakjubkan Jika Rajin Mandi

2. Tulang Menjadi Rapuh

Soda memiliki efek yang buruk karena bisa membuat tulang Anda menjadi rapuh. Hal ini diyakini bahwa soda mengandung beberapa jenis asam yang perlahan-lahan bisa melunakkan tulang dalam tubuh Anda. Soda akan menyebabkan tubuh Anda kekurangan kalsium yang kemudian mengarah kepada osteoporosis.

3. Meningkatkan Tekanan Darah dan Serangan Jantung

Jumlah natrium yang hadir dalam soda, bisa meningkatkan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah akan meningkatkan risiko serangan jantung.

4. Mengandung Pemanis Buatan

Soda mengandung pemanis buatan yang dikreditkan ke peningkatan jumlah kalori dalam makanan. Mereka juga menyebabkan kecanduan dan telah dikaitkan dengan perkembangan beberapa jenis kanker. Jumlah gula yang dikandung soda dapat membuat sistem tubuh Anda tidak seimbang.

Satu kaleng soda dikemas dengan dua belas sendok teh gula, lebih dari jumlah yang disarankan selama satu hari. Mengkonsumsi banyak gula ini secara sekaligus akan mendorong pankreas memproduksi satu ton insulin, yang melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda rentan terhadap berbagai macam penyakit.

READ:  Soda Bergula, Fruit Punch, dan Resiko Batu Ginjal

5. Menyebabkan Dehidrasi

Alasan lain untuk mengapa soda tidak sehat bagi tubuh adalah karena jumlah kandungan natrium dalam soda merupakan penyebab utama Anda mengalami dehidrasi.

6. Penurunan Fungsi Ginjal

Mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal dalam tubuh.

7.  Merusak Enamel Gigi

Soda dapat membuat gigi Anda membusuk. Asam fosfat yang terdapat dalam kandungan soda yang menyebabkan logam berkarat juga dapat melarutkan enamel gigi, terutama bila dikombinasikan dengan gula. Setelah Anda kehilangan enamel gigi, tidak ada lagi yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

8. Tidak Memiliki Gizi

Soda tidak dapat menggantikan pilihan minuman sehat. Menenggak soda sepanjang hari, bukan minuman seperti susu organik, teh hijau atau jus buah tidak hanya akan membuat banyak sampah ke dalam tubuh Anda, hal ini juga menyangkal jumlah nutrisi yang Anda akan terima dari minuman sehat. Soda tidak memiliki nilai gizi apapun.

**

Setelah mengetahui beberapa efek buruk yang dapat ditimbulkan minuman bersoda, sebaiknya mulai sekarang Anda mengurangi konsumsi soda. Jika Anda merasa sudah terlalu addict dengan minuman bersoda, cobalah untuk secara perlahan-lahan menggantinya dengan minuman yang lebih sehat seperti air mineral atau air kelapa.

READ:  10 Fakta Tentang Minyak Kelapa

(foto: mensfitness.com)