10 Tips dan Cara Merawat Kulit Sensitif

perawatan kulit sensitifMemiliki dan memelihara kulit yang indah adalah tugas yang tidak mudah mengingat panas terik dan polusi lingkungan yang semakin merajalela.

Ada sebagian orang yang terlahir dengan kulit halus dan bercahaya, namun sebagiannya lagi terkadang harus melakukan usaha yang keras untuk mendapatkan kulit sempurna.

Terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda perlu sangat berhati-hati dalam melakukan perawatan kulit. Kulit sensitif tentunya membutuhkan perawatan khusus.

Ada beberapa tips dan cara yang perlu Anda perhatikan untuk memanjakan kulit sensitif Anda dan menghindari iritasi umum yang seringkali terjadi.

Perhatikan produk yang Anda gunakan

Kulit sensitif sayangnya tidak selalu cocok dengan semua jenis bahan yang hadir dalam suatu produk. Jadi sangat penting untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang terdapat dalam produk kecantikan yang Anda beli untuk menghindari iritasi kulit yang dapat terjadi setelah menggunakannya. Sebelum membeli produk, konsultasikan kepada ahli kecantikan untuk mengetahui produk yang tepat yang akan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Lakukan tes kulit untuk kulit sensitif

Bila Anda memutuskan untuk menggunakan produk baru, jangan lupa untuk selalu melakukan tes pada kulit di bagian belakang telinga Anda sebelum menggunakannya pada wajah. Tunggu minimal 24 jam untuk melihat reaksi kulit dan mengetahui apakah ada tanda-tanda iritasi, kemerahan, atau gangguan kulit lainnya.

READ:  7 Cara Jitu Menghalau Rasa Galau

Melembabkan kulit Anda

Memiliki rezim perawatan kulit yang sehat sangat penting untuk semua jenis kulit, terutama jenis kulit sensitif yang memerlukan air dalam jumlah cukup untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Gunakan pelembab yang cocok untuk kulit Anda, sebaiknya organik. Banyak perusahaan kosmetik yang telah menawarkan krim pelembab yang dibuat khusus untuk kulit sensitif. Cobalah salah satu produk perawatan tersebut untuk mendapatkan hasil yang baik.

Perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi

Ini adalah hal yang sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulit. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat mendorong keluarnya racun dan membuat kulit tampak bersinar.

Hindari mengkonsumsi makanan pedas, minuman yang mengandung alkohol atau menghabiskan waktu di luar rumah dalam cuaca panas. Minumlah banyak air dan jus segar untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Ini adalah tips terpenting dalam perawatan kecantikan untuk kulit sensitif.

Hindari sinar matahari

Cuaca yang terlalu panas akan menyebabkan kerusakan sel-sel kulit dan dapat menjadi penyebab ruam kulit dan penyakit lainnya. Sinar ultra violet yang berbahaya dari matahari harus dihindari dengan menggunakan kacamata hitam serta lotion tabir surya dengan SPF tinggi. Sebaiknya jangan terlalu lama berada dibawah sinar matahari.

READ:  Waspadai Lipstik dan Lip Gloss yang Mengandung Logam Beracun

Membasuh wajah Anda

Setiap kali Anda mendapatkan kesempatan, usahakan untuk membasuh wajah Anda. Hal ini dapat membantu untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori Anda. Setelah membasuh wajah, jangan langsung digosok, sebaiknya berikan tepukan halus sampai wajah mengering.

Perhatikan area di sekitar mata

Kulit di sekitar mata sangat sensitif dibandingkan dengan bagian lain pada wajah. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan krim mata berkualitas baik dan pembersih setiap malam sebelum tidur.

Faktor eksternal untuk kulit sensitif

Ada beberapa faktor yang dapat merusak kulit selain makanan yang Anda konsumsi. Beberapa faktor eksternal tersebut antara lain merokok, akibat stres, kurang tidur atau polusi yang berlebihan. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi semakin parah dengan ruam dan juga dapat menyebabkan masalah kulit yang lebih besar.

Gunakan tissu pembersih wajah

Alih-alih menggunakan handuk kasar, cobalah gunakan tissu wajah untuk membersihkan wajah. Anda hanya perlu untuk menepuk halus kulit Anda dan tidak menggosoknya dengan kasar.

READ:  Manfaat Ginseng Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Perawatan keseluruhan untuk kulit sensitif

Bukan hanya wajah, seluruh tubuh Anda juga membutuhkan cinta dan perhatian. Gunakan gel mandi yang mengandung pelembab yang sesuai dengan kulit Anda untuk membuatnya menjadi lebih lembut dan kenyal.

**

Itulah beberapa perawatan yang dapat dilakukan bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Sebaiknya simpan produk perawatan Anda dalam lemari es. Saat musim panas, peningkatan aliran darah dapat meningkatkan panas dan sensitivitas di kulit. Cara ini dapat membantu Anda mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit.

(foto: shutterstock)