Waspadai Psikopat di Sekitar Anda!

menghadapi PsikopatPernahkah Anda mengenal seseorang yang berperangai baik di depan Anda namun secara mengejutkan tiba-tiba Anda merasa dirugikan dan bahkan dicelakai secara sengaja oleh orang yang selalu tersenyum pada Anda tersebut?

Waspadalah! Mereka adalah psikopat, predator yang menjelma sebagai manusia.

Perbincangan mengenai psikopat sendiri sudah berlangsung sangat lama. Penelitian lebih mendalam mengenai psikopatpun tidak hanya ditelusuri dari sisi kejiwaan melainkan juga dari kacamata dunia kriminal.

Bila seorang pembunuh membunuh seseorang dari fisiknya, maka seorang psikopat akan membunuh seseorang dari dalam dirinya.

Kenyataan mengejutkan lain adalah jumlah psikopat yang bebas berkeliaran jauh lebih banyak dibandingkan yang terpenjara di balik jeruji besi.

Lebih menakutkannya lagi, psikopat ternyata banyak berada di sekitar lingkungan kerja Anda. Mereka mungkin teman kerja, karyawan baru, bos, bawahan atau seseorang yang sering mengamati Anda dari kejauhan.

Psikopat di lingkungan kerja adalah mereka yang akan melakukan hal apapun demi mencapai kesenangan karir dan tujuan mereka dengan tangan bersih, tanpa seorangpun yang mengetahui atau menaruh curiga.

Penyebab Seseorang Menjadi Psikopat

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Universitas Chicago, dinyatakan bahwa seseorang dapat menjadi psikopat karena mengalami kerusakan komunikasi syaraf ke otak terutama pada bagian yang memproses empati dan kasih sayang.

Penelitian dilakukan terhadap 80 orang tahanan berusia 18-50 tahun yang memiliki ciri seorang psikopat. Para tahanan diperlihatkan video berisi adegan kekerasan dan pembunuhan sementara otak mereka dipindai menggunakan alat.

Hasil dari pemindaian itu pun menunjukkan minimnya aktivitas otak pada bagian amigdala yang berfungsi mengolah emosi seperti rasa takut, marah dan senang. Oleh sebab itu banyak sekali psikopat yang mampu membunuh dengan cara sadis tanpa rasa bersalah.

Ciri-ciri Psikopat

Ada beberapa ciri psikopat, antara lain:

  1. Psikopat selalu berpenampilan rapi, berwibawa dan memesona. Seringkali Anda bahkan terpikat dengan karisma yang mereka miliki.
  2. Psikopat selalu mementingkan dirinya sendiri.
  3. Ingin memiliki segalanya.
  4. Suka menipu dan memanipulasi.
  5. Tidak pernah merasa menyesal atau bersalah.
  6. Hanya memiliki emosi sesaat.
  7. Tidak memiliki belas kasihan.
  8. Tidak pernah bisa bertanggung jawab atas keputusan yang diambil.
  9. Selalu membutuhkan tantangan dan mudah sekali bosan.
  10. Mereka hidup menjadi parasit dengan memanfaatkan kebaikan dan kelebihan orang lain.
  11. Tidak dapat mengendalikan tingkah laku mereka.
  12. Tidak memiliki tujuan jangka panjang yang realistis.
  13. Sering membicarakan apa yang terjadi di masa lampau. Umumnya bercerita tentang makan, minum dan uang.
  14. Impulsif, meledak-ledak dan sulit mengendalkan diri.
  15. Biasanya memiliki IQ yang tinggi.

Tips Menghadapi Psikopat

Mungkin saja Anda sedang bernasib sial karena harus mengenal atau mungkin dekat dengan seseorang yang memiliki ciri seorang psikopat. Lantas jika demikian, apa yang harus Anda lakukan guna melindungi diri Anda tanpa mengundang curiga?

Berikut ini tipsnya:

  1. Jangan Menjalin Hubungan yang Terlalu Akrab

Mengapa demikian? Karena psikopat bisa saja memanfaatkan kebaikan dan niat tulus Anda untuk bersahabat dengan mereka. Para psikopat umumnya mendekati orang-orang yang dirasa lemah dan mudah untuk ditipu.

  1. Jangan Terpancing Emosi

Kerapkali para psikopat melakukan hal yang tidak menyenangkan bagi Anda, tetapi mereka tetap memasang wajah innocent dan dapat tersenyum lebar pada Anda.

Ketahuilah bahwa psikopat tidak memiliki rasa bersalah dan sulit mengendalikan emosi. Tahan emosi Anda dan menghindari perkelahian dengan psikopat adalah jalan keluar terbaik.

  1. Cari Kesibukan Lain

Bila Anda sudah terlanjur menjalin hubungan dengan seseorang dan kemudian ingin menghindar setelah mengetahui bahwa dia adalah seorang psikopat, carilah kesibukan lain guna mengurangi waktu Anda bersamanya. Carilah teman baru, berpura-puralah bekerja atau ke toilet.

  1. Gunakan cara halus untuk menolak dan menjauhi mereka

Jangan menjauhi mereka secara ekstrem dan blak-blakan karena akan membuat mereka sangat marah. Menjauhlah perlahan, sedikit demi sedikit. Gunakan bahasa yang halus dan seperti biasanya untuk menghindari kecurigaan.

Topik Terkait: , , , ,
7 comments
Rahmatullah HMHA Ras
Rahmatullah HMHA Ras

BERABE KALAU KITA BERHUBUNGAN ORNG PSIKOPAT. EMANG JALAN AMANNYA NINGGALIN AJA DIA

teni
teni

Saya hampir mau menikah dgn pria yg belakangan sy tau dia punya ciri2 psikopat..dia selalu mencari jalan utk mendekati lg sy dengan cara yg tidak sy sukai..sy takut..bagaimana menghadapinya agar dia menjauh dengan sendirinya

coco
coco

Bagaimana cara menghadapi psikopat yang sudah dekat sama keluarga saya, dan dia(mantan saya) selalu menjelekkan pacar saya yang skrang kpd org tua saya, sampai2 hubungan saya tidak direstui. Sampai2 org tua saya lebih percaya dya dr pada saya anak kandungnya sendiri. , mohon balasannya

evi
evi

Waduuh ternyata Pacar saya psikopat ciri"nya ada di dia semua .

aori
aori

saya dekat sama cewek. dia selalu berika saya barang2 tanpa saya minta. dan kalo jalan bareng dia yg selalu bayar. tp ketika saya tau dia suka sama saya. saya bilang lebih baik berteman saja. saya gk bisa pacaran sama kamu. tp tiba2 dia ungkit2 barang yg udh d berikan sama saya bahkan hrus du kembalikab dalam jangka waktu satu hari. sedangkan dia minta uang cash bukan barang lagi. jadi saya harus bagaimana? terima kasih

Yatana
Yatana

Wah kalau jadi HRD pusing dong memperkerjakan mereka

ivan
ivan

Gmn kalo itu smua pada istri atau suami seseorang