8 Tips Jitu Mengatasi Ketombe Membandel

Tips Jitu Mengatasi KetombeSaat sedang menyisir rambut, Anda menemukan serpihan putih di baju hitam Anda? Itu tandanya Anda mengalami ketombe.

Tentu saja hal ini sangat tidak nyaman. Kulit kepala Anda akan gatal dan butiran ketombe yang jatuh di baju Anda akan membuat Anda malu dan tidak percaya diri.

Bagaimana cara agar ketombe Anda mudah hilang? Berikut ini adalah tips mengatasi ketombe yang bandel, yang dapat Anda coba:

1. Cuci Rambut secara Teratur tapi Jangan Terlalu Sering

Aturan keramas yang disarankan adalah 2 hari sekali. Cucilah rambut 2 hari sekali dengan sampo khusus ketombe selama 2-3 minggu untuk menghabiskan sisa kulit mati yang rontok. Ingatlah bahwa penyebab ketombe bukan pada rambut melainkan pada kulit kepala yang kering dan mengelupas.

Selain itu, Anda perlu mencermati bahan dasar sampo Anda. Hindari menggunakan sampo yang mengandung lauryl sulfate yang dapat membuat kulit kepala kering. Tips lainnya adalah dengan mendiamkan sampo anti ketombe Anda minimal selama 5 menit di rambut Anda agar dapat bekerja dengan baik.

READ:  Tips Riasan untuk Wanita Bermata Sipit

2.  Sisirlah Rambut Anda setelah Keramas

Menyisir rambut setelah keramas membantu penyebaran minyak yang muncul di kulit kepala agar merata ke seluruh rambut Anda. Minyak pada rambut berguna untuk melembabkan dan membuatnya tetap halus dan lembut. Menyisir rambut dilakukan dengan gerakan yang bergantian dari arah depan kepala kebelakang kepala.

3.  Gunakan Yogurt dan Teh

Yogurt dapat digunakan sebagai pengusir ketombe. Caranya adalah dengan mengoleskan yogurt plain ke kulit kepala selama 15 menit sambil dipijat. Untuk membilasnya, campurkan serbuk teh yang sudah diseduh dengan air. Gunakan 2 kali seminggu untuk menghilangkan ketombe.

4.  Gunakan Aspirin

Hancurkan aspirin hingga menjadi serbuk halus. Campurkan serbuk aspirin tersebut ke dalam botol sampo Anda dan gunakan untuk keramas. Diamkan 2 hingga 3 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

5.  Gunakan Baking Soda

Gantilah sampo yang biasa Anda gunakan dengan segenggam baking soda. Baking soda dapat digunakan sebagai bahan alami dalam menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Usapkan segenggam baking soda ke rambut yang sudah basah. Pijat selama beberapa menit kemudian bilas dengan air. Lakukan hal ini selama beberapa minggu. Baking soda membantu memproduksi minyak alami bagi rambut dan memperbaiki kulit kepala yang rusak.

READ:  Alasan Mengapa Wanita Aborsi

6. Gunakan Baby Oil

Teteskan baby oil ke kulit kepala Anda yang berketombe kemudian pijat dengan perlahan. Kemudian bungkus rambut Anda dengan handuk dan biarkan baby oil tersebut semalaman di kepala Anda. Keesokan paginya, Anda dapat membilas rambut Anda dengan sampo anti ketombe.

7. Gunakan Minyak Kelapa

Cuci rambut Anda sampai bersih, tidak perlu menggunakan kondisioner. Keringkan rambut Anda setelah keramas. Oleskan minyak kelapa ke seluruh permukaan kulit kepala Anda, tidak perlu sampai ke rambut Anda. Diamkan selama 2 jam dan bilas hingga benar-benar bersih. Lakukan seminggu sekali sampai ketombe benar-benar hilang.

8. Beberapa Hal Kecil yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal kecil lain yang harus Anda perhatikan demi menghilangkan ketombe yaitu :

  • jangan menggaruk kulit kepala Anda karena akan memperparah ketombe
  • tambahkan perasan jeruk lemon saat Anda keramas
  • jangan bergonta-ganti produk sampo
  • bersihkan sisir Anda dengan cuka secara teratur
  • jangan gunakan sisir bergigi rapat
  • keringkan rambut secepat mungkin

**

Semoga tips jitu menghilangkan ketombe di atas berhasil membuat rambut Anda senantiasa bersih dari ketombe.