Ingin Berhenti Merokok? Coba 6 Tips Ini!

berhenti merokokDi dalam sebatang rokok terkandung lebih dari 4000 senyawa kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker, serangan jantung dan beragam penyakit mengerikan lainnya.

Menghentikan kebiasaan merokok adalah hal yang sangat sulit. Sebagian besar orang bahkan menyerah dan tidak lagi berusaha menghentikan kecanduannya.

Keinginan untuk berhenti merokok hanya sekadar keinginan tanpa diimbangi dengan usaha sungguh-sungguh. Namun ada beberapa dari perokok yang berhasil menghentikan kebiasaan merokok mereka. Mereka pun siap berbagi tips sukses berhenti merokok dengan Anda.

1. Buat Komitmen dan Temukan Motivasi Anda

Seringkali para perokok berusaha untuk tidak merokok tetapi pikiran dan bisikan dari dalam diri mereka sendiri yang meragukan apakah niatan itu akan berhasil sehingga keraguan tersebutlah yang membuat mereka menyerah dan kembali menghisap rokok. Buatlah komitmen, sadari bahwa rokok tidak baik bagi diri Anda dan juga orang yang Anda sayangi.

Berhentilah merokok demi isteri atau anak Anda mungkin akan lebih menyadarkan Anda dibandingkan berhenti merokok demi diri Anda sendiri. Anda ingin berhenti merokok karena Anda ingin hidup sehat lebih lama untuk bisa melihat buah hati Anda tumbuh dewasa dengan kasih sayang Anda.

READ:  Terapi Penggantian Nikotin

2. Tidak Satu Batang Pun

Kebanyakan dari para perokok yang biasa menghisap puluhan batang rokok sehari, tidak akan menganggap satu batang rokok akan membahayakan hidup mereka sehingga mereka akan melonggarkan peraturan bahwa “satu, dua atau tiga batang rokok tidak akan membunuh”. Bila hal ini terus dibiarkan, maka usaha untuk berhenti merokok dipastikan akan gagal.

Oleh sebab itu, jangan berikan kesempatan pada rokok untuk menggoda Anda. Saat Anda memutuskan untuk benar-benar berhenti merokok, jangan pernah izinkan satu batang pun menjebak Anda.

3. Ikutlah Gerakan atau Forum Anti Rokok

Bertemu atau mendengar kisah para pecandu rokok yang telah sukses membebaskan diri mereka dari jeratan rokok akan membuat Anda optimis. Anda bisa saja mendatangi forum pertemuan dimana para mantan pecandu rokok saling berbagi rahasia mengapa mereka bisa terbebas dari ketagihan terhadap rokok. Hal tersebut dapat membuat Anda yakin bahwa Anda pun bisa melakukan hal yang sama.

Bila Anda tidak punya cukup waktu untuk datang ke forum seperti itu, Anda dapat mendapatkan banyak informasi dari internet misalnya dari youtube dan google agar Anda tahu bahwa Anda tidak sendirian dan banyak sekali orang yang sedang berjuang seperti Anda.

READ:  5 Cara Alami Berhenti Merokok

4. Beri Hadiah Bagi Diri Anda Sendiri

Jika Anda berhasil menahan diri untuk tidak merokok selama satu bulan, gunakan sejumlah uang yang biasa Anda keluarkan untuk membeli rokok untuk membeli sesuatu yang Anda inginkan.

Misalnya saja Anda biasa menghabiskan 500 ribu untuk membeli rokok dalam satu bulan, Anda bisa menggunakan uang yang berhasil Anda simpan untuk membeli baju atau sepatu baru.

5. Cari Pelarian Positif

Pasti akan ada saat-saat dimana Anda ingin sekali merokok dan tidak dapat menahan keinginan tersebut karena sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Bagaimana Anda bisa melupakan rokok?

Carilah kesibukan lain seperti pergi ke gym atau memodifikasi motor Anda. Kegiatan kecil seperti makan permen juga dapat menjadi pelarian yang efektif.

6. Jangan Menyerah dan Belajar dari Kesalahan

Semua pecandu rokok pasti akan sesekali gagal dalam mempertahankan komitmen mereka untuk berhenti merokok. Bila itu terjadi, segera ingatkan diri Anda, kembalilah kepada komitmen yang Anda buat dan kembalilah berjuang untuk menaklukannya.