Rambutan, Buah Ajaib dengan Sejuta Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

manfaat RambutanRambutan (Nephelium lappaceum) adalah buah yang diyakini berasal dari Indonesia dan kini banyak ditemukan di Filipina, Malaysia, Kamboja, Thailand, Sri Lanka, India, Ekuador, Australia dan Amerika.

Rambutan merupakan buah dengan warna merah kecil dan memiliki banyak rambut keras pada kulitnya.

Rasanya manis, daging buahnya segar dengan sedikit rasa asam, memiliki biji berwarna cokelat kecil yang minyaknya digunakan dalam sejumlah industri.

Rambutan adalah makanan sehat dan merupakan pengganti yang besar untuk makanan ringan olahan. Manfaat kesehatan rambutan tidak hanya terbatas pada buahnya saja, tetapi juga dari unsur-unsur lain seperti kulit dan daun.

Berikut adalah beberapa daftar manfaat sehat buah rambutan:

  • Buah ini seringkali dijadikan sebagai obat tradisional di Malaysia dan Indonesia dan telah digunakan selama ratusan tahun. Buah ini digunakan dalam sejumlah perawatan yang meliputi diabetes, hipertensi dan berbagai penyakit lainnya.
  • Karbohidrat dan kadar protein rambutan dapat membantu meningkatkan energi dan mencegah terjadinya kembung. Rambutan juga kaya akan kandungan air yang membantu untuk mendapatkan kembali energi Anda yang hilang dan menghilangkan rasa haus.
  • Vitamin C dalam buah rambutan membantu dalam penyerapan mineral, besi dan tembaga. Hal ini juga melindungi tubuh menjadi rusak akibat radikal bebas.
  • Salah satu senyawa utama rambutan adalah asam Galia. Senyawa ini berperilaku seperti scavenger radikal bebas yang melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif dan sangat bermanfaat untuk melawan kanker.
  • Buah ini mengandung jumlah moderat tembaga yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel darah putih dan merah. Buah ini juga mengandung mangan yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi dan mengaktifkan enzim.
  • Fosfor pada rambutan dapat membantu menghilangkan limbah dalam ginjal dan sangat penting untuk pembangunan, perbaikan, dan pemeliharaan jaringan dan sel tubuh. Rambutan juga mengandung sejumlah besar kalsium yang bekerjasama dengan fosfor untuk membentengi gigi dan menguatkan tulang.
  • Rambutan merupakan sumber zat besi yang membantu untuk memperbaiki jumlah oksigen dalam tubuh yang mengontrol rasa pusing serta kelelahan akibat anemia, suatu penyakit yang ditimbulkan akibat tubuh kekurangan zat besi.
  • Rambutan memiliki kandungan serat yang baik dan rendah kalori. Buah ini membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama karena kandungan serat dan kadar air yang tinggi serta mengendalikan rasa lapar yang tidak teratur. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan.
  • Rambutan juga baik untuk mengobati penyakit umum seperti sakit kepala, sariawan dan disentri. Untuk sakit kepala, daun digunakan sebagai tapal pada candi. Cara ini dapat menenangkan saraf dan mengurangi sakit kepala. Sebuah rebusan kulit rambutan dapat Anda terapkan di lidah untuk mengobati sariawan. Rebusan akar dari buah ini digunakan untuk menurunkan demam.
  • Manfaat kesehatan lain dari rambutan adalah kualitas antiseptiknya. Hal ini membantu Anda untuk melawan infeksi tubuh yang menyerang tubuh kita.
  • Selain manfaat gizi, rambutan juga menawarkan fungsi terapi. Mengonsumsi buah ini dapat membantu untuk membunuh parasit usus dan membantu untuk meredakan gejala diare dan demam.
  • Rambutan membuat kulit Anda lembut dan lentur. Kadar air yang tinggi dalam buah rambutan akan membuat kulit Anda tetap terhidrasi, sehingga menjadikannya lembut, halus dan lentur.
  • Karena kemampuannya untuk mengikat radikal bebas, rambutan melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif. Kekuatan manfaat antioksidan yang hadir dalam buah rambutan sangat efektif untuk melawan kanker.
  • Rambutan memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan rambut Anda. Buah ini mampu memelihara rambut Anda dari dalam. Ambil beberapa daun rambutan dan hancurkan sampai menjadi halus. Tambahkan air kemudian peras daun yang telah halus. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala Anda. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
READ:  Jenis-Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

Ketika Anda akan membeli buah rambutan, pilihlah buah segar yang berwarna merah terang atau kuning, dan rambut/durinya harus tegas. Buah rambutan dapat Anda simpan pada suhu kamar selama beberapa hari. Pendingin buah atau lemari es dapat membuat buah ini bertahan selama seminggu atau lebih. Rambutan idealnya harus dibungkus dengan handuk kertas atau kantong plastik berlubang ketika disimpan.

(foto: kapruka.com)