Hentikan Kebiasaan Minum Alkohol Sekarang Juga! Temukan Alasannya di Sini!

Loading...

efek samping alkoholAdanya arus globalisasi yang dibawa oleh negara Barat membuat banyak sekali perubahan yang terjadi dalam sistem di kehidupan masyarakat kita.

Contohnya adalah kebiasaan meminum alkohol atau minuman yang memabukkan.

Selain dilarang dalam ajaran agama Islam, konsumsi alkohol yang berlebih ternyata memiliki banyak sekali dampak negatif bagi tubuh. Dampak tersebut ada yang dapat terlihat dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Inilah alasan bagi Anda untuk berhenti minum alkohol sekarang juga:

1. Menyebabkan Banyak Penyakit

Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan Anda menderita banyak penyakit serius. Alkohol berhubungan secara langsung dengan hati dan berpotensi menyebabkan penyakit hati seperti sirosis.

Sirosis adalah penyakit berbahaya dan bahkan mematikan jika tidak ditangani secara serius. Penyakit berbahaya lainnya yang disebabkan oleh kecanduan alkohol adalah kanker tenggorokan, kanker payudara dan beragam jenis kanker lainnya.

Dalam kehidupan seks, alkohol dapat menurunkan gairah seksual Anda, terutama menyebabkan impotensi bagi kaum pria. Minuman beralkohol juga dapat menyebabkan anemia karena kemampuan darah membawa oksigen terhambat.

READ:  Apa itu Glukosamin?

2. Gangguan Kehamilan

Dokter selalu menganjurkan bagi Ibu hamil untuk selalu berhenti mengonsumsi alkohol. Alkohol tidak hanya akan memengaruhi Ibu yang mengonsumsi alkohol tersebut melainkan juga dapat mempengaruhi janin yang dikandung oleh sang Ibu.

Ibu dengan kecenderungan mengonsumsi alkohol beresiko melahirkan bayi dengan cacat mental atau fisik.

3. Stres

Banyak pihak yang mengatakan bahwa mereka mengonsumsi alkohol untuk menghilangkan stres yang menyerang mereka. Ternyata anggapan tersebut salah.

Mengonsumsi alkohol akan menyebabkan stres karena penggunaan alkohol dapat mengakibatkan ketergantungan sehingga bila keinginan mengonsumsi alkohol tidak dipenuhi, seseorang dapat menjadi depresi atau stres.

4. Terjerat Masalah Hukum

Mengonsumsi alkohol dapat membuat seseorang kehilangan kesadaran yang membuat mereka nekat melakukan sesuatu yang berbahaya. Misalnya saja seorang pemabuk yang mengendarai mobil, dia bisa saja menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang membahayakan nyawa orang lain.

Selain itu banyak sekali kejadian hukum yang disebabkan oleh pengaruh alkohol seperti penganiayaan dan bahkan pembunuhan.

5. Masalah Emosional

Penggunaan alkohol jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan syaraf otak yang membuat seseorang tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol beragam emosi (marah, senang, sedih) yang dirasakan.

READ:  5 Jenis Olahraga Ini Wajib Bagi Wanita

Masalah ini dapat membuat seseorang melakukan tindak kekerasan /akibat tidak mampu mengendalikan emosi, gangguan mood atau gangguan jiwa.

6. Membuat Kulit Anda Kendur

Bagi Anda para wanita, mengonsumsi alkohol ternyata dapat membuat Anda terlihat lebih tua.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena alkohol dapat membuat kulit Anda kering, merampok vitamin A dari tubuh serta merusak pembuluh darah sehingga membuat pembuluh darah menonjol di permukaan kulit yang akan menganggu penampilan Anda.

Tidak hanya pembuluh darah di bawah kulit, alkohol juga dapat merusak pembuluh darah pada mata sehingga banyak sekali pecandu alkohol yang memiliki mata berwarna merah dan kering.

7.  Menyebabkan Obesitas

Ternyata minuman beralkohol dapat menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan. Hal ini disebabkan karena kalori yang sangat tinggi terkandung di dalam minuman tersebut.

Inilah sebabnya orang yang mabuk dapat sangat bertenaga dan enerjik. Kalori yang sangat tinggi dalam minuman beralkohol dapat membuat tubuh membengkak atau perut membuncit.

**

Bagaimana? Setelah melihat dampak negatif dari alkohol tersebut, inilah saat yang tepat untuk berhenti mengonsumsinya. Selamat mencoba tips ini.