Sudah siapkah Anda Memiliki Bayi?

memiliki bayiMemiliki bayi sudah menjadi impian setiap wanita. Merencanakan kapan waktu yang tepat untuk memiliki bayi adalah salah satu pertanyaan yang paling penting dalam hidupnya.

Ketika seorang wanita memutuskan ingin memiliki bayi, dari saat itu juga ia sadar bahwa kesempurnaannya sebagai seorang wanita sudah terpenuhi.

Memiliki bayi juga tidak dapat dikatakan sebagai hal yang mudah karena saat memutuskan untuk memiliki anak maka kehidupan yang dijalani akan sepenuhnya berubah.

Untuk itu, sebelum berencana untuk memiliki anak ada baiknya untuk Anda menyimak beberapa poin di bawah ini untuk dijadikan pertimbangan akan kesiapan Anda memiliki bayi.

1. Berbicara dengan Pasangan

Memiliki bayi bukan hanya keinginan Anda saja, tetapi suami Anda juga pasti menginginkannya. Anda dan pasangan akan menjadi orang tua yang akan sangat berpengaruh untuk anak nantinya, karena itu dibutuhkan kesepakatan antara Anda dan pasangan dalam merencanakan kehamilan. Sehingga saat hamil, antara Anda atau pasangan tidak akan merasa terbebani.

2. Siapkah Anda Secara Emosional?

Menjadi seorang ibu membutuhkan kekuatan emosional yang luar biasa. Anda harus siap secara emosional untuk mendukung bukan hanya diri sendiri tetapi juga si kecil yang akan memerlukan perawatan dan simpati langsung pada tahap pertama kehamilan.

READ:  Tips dan Cara Membuat Pasta Gigi Strawberry

Kehamilan melibatkan banyak perubahan suasana hati, ngidam dan tidak jarang emosi yang berubah-ubah. Setelah bayi lahirpun kehidupan Anda dan pasangan akan berubah.

3. Fisik

Tidak jarang beberapa wanita memiliki kekuatan fisik yang berbeda saat mereka saat tengah mengandung. Untuk kekuatan fisik, Anda perlu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah fisik Anda kuat dalam menghadapi masa kehamilan karena tubuh Anda nantinya akan menjadi rumah bayi selama sembilan bulan ke depan.

Mengetahui kondisi fisik lebih awal juga akan sangat membantu apakah Anda membutuhkan suplemen tambahan untuk memperkuat kandungan seperti vitamin atau suplemen-suplemen.

4. Finansial

Saat memiliki bayi, Anda harus siap secara finansial untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dasar bayi terpenuhi. Masa kehamilan juga memerlukan banyak uang, terutama dalam hal berbagai tes, pemeriksaan kesehatan, kunjungan ke dokter, suplemen kesehatan, obat-obatan dan makanan yang akan dikonsumsi untuk ibu dan bayi.

Setelah kelahiran bayi, Anda juga perlu menyiapkan kebutuhan bayi bahkan Anda juga harus memikirkan mengenai biaya pendidikan anak nantinya.

READ:  5 Tips dan Cara Mudah Membangun Inner Beauty

5. Perubahan Fisik

Saat memilih untuk memiliki anak berarti Anda harus siap menerima segala bentuk perubahan fisik seperti tubuh yang mulai menggemuk, rasa nyeri pada pinggang, kaki yang bengkak dan perubahan fisik lainnya. Selain itu stretch mark akan muncul pada beberapa bagian tubuh.

Namun ini semua tidak akan menjadi permanen karena Anda dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan walaupun akan sedikit sulit. Singkatnya, Anda mungkin mengalami perubahan fisik ireversibel yang mungkin membuat Anda merasa down atau depresi. Jadi, Anda harus benar-benar mempertimbangkan kembali keputusan ini jika Anda terobsesi dengan penampilan Anda.

**

Demikian beberapa hal yang perlu untuk dipertimbangkan sebelum Anda berencana dengan pasangan untuk memiliki bayi. Keberadaan seorang bayi akan membuat rumah tangga Anda dan pasangan lebih harmonis dan bahagia.

Selain itu juga akan membuat wanita merasa sempurna saat telah memiliki seorang anak. Anak adalah titipan dari tuhan, karena itu saat telah diberikan titipan tersebut rawatlah sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat.