10 Kehebatan Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat tomatTomat sangat lezat disantap dalam keadaan mentah dengan dijus atau dibuat sambal. Lebih dari itu, tomat sangat sehat.

Dikenal mengandung vitamin C tinggi, tapi sebenarnya manfaatnya jauh lebih banyak lagi. Mau tahu?

Berikut 10 kehebatan tomat untuk kesehatan tubuh Anda, dilansir dari Fitnea:

1. Dilengkapi vitamin dan mineral

Satu cangkir tomat atau setara dengan 150 gram tomat merah yang sudah matang merupakan sumber yang baik dari vitamin A, B6, C, K, kalium dan asam folat.

Rendah lemak, rendah kalori dan natrium serta minim kolesterol. Menyediakan niacin, thiamin, fosfor, magnesium dan tembaga yang kesemuanya ini diperlukan oleh tubuh kita.

Satu porsi tomat memberikan tubuh 2 gram serat yang merupakan 8 % dari kebutuhan harian yang dianjurkan. Kadar ainya yang santa tinggi membuat tomat menjadi makanan yang mengenyangkan.

Secara umum, banyak mengonsumsi sayuran dan buah, seperti tomat, memberikan perlindungan tubuh dari kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

2. Menutrisi kulit

Sama seperti wortel, tomat mengandung beta karoten yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Selain itu, kandungan likopennya membuat tubuh lebih terlindungi dari kerusakan akibat sinar ultraviolet penyebab utama keriput dan garis-garis halus.

3. Menguatkan tulang

Kalsium dan vitamin K dalam tomat sangat baik memperkuat tulang. Likopen juga meningkatkan massa tulang dan membantu melawan osteoporosis.

4. Melawan kanker

Likopen dapat mengurangi resiko berbagai kenis kanker, seperti kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, faring, leher, rahim, lambung, usus besar, dubur, prostat dan kanker ovarium. Anti oksidan dan vitamin A yang ditemukan di dalamnya dapat melawan radikal bebas.

5. Menyeimbangkan kadar gula darah

Mengandung kromium yang mengatur kadar gula tetap stabil.

6. Meningkatkan penglihatan

Kaya vitamin A yang membantu meningkatkan kemampuan penglihatan dan mencegah penyakit rabun senja. Sebuah studi mengatakan mengonsumsi tomat dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula dan penyakit mata lainnya.

7. Memperindah rambut

Vitamin A di dalam tomat bekerja membuat rambut menjadi lebih kuat dan berkilau.

8. Mencegah batu ginjal dan batu empedu

Sejumlah studi menyebutkan bahwa batu ginjal dan empedu cenderung terkena pada meraka yang makan tomat tanpa bijinya. Jadi, berusahalah makan tomat segar dengan bijinya atau yang organik.

9. Mengurangi rasa sakit

Jika Anda sering terkena rasa sakit seperti arthritis dan nyeri punggung, maka tomat bisa menjadi pereda rasa sakit Anda. Tomat kaya akan karotenoid dan bioflavonoid yang dikenal sebagai zat anti inflamasi (peradangan).

Nyeri kronis seringkali disebabkan oleh peradangan kronis, maka untuk memeranginya, harus dengan melawan mengatasi peradangan.

10. Menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka tomat harus menjadi menu pengisi diet Anda. Tomat bisa menjadi bahan camilan Anda. Bisa dijadikan isi sandwich, salad dan makanan lainnya.

Tomat mengandung banyak serat dan air, sehingga mereka aman dimakan dalam jumlah banyak dan mengenyangkan, tapi tanpa menambah lemak dan kalori.

***

Itulah 10 kehebatan tomat bagi kesehatan tubuh Anda. Tomat sangat mudah didapatkan dan banyak tersedia di sekitar kita. Jadi, kita dengan mudah memperbanyakan asupan tomat dalam makanan kita untuk mendapatkan manfaatnya.

(foto: simplyrecipes.com)