Inilah 6 Makanan yang Membuat Tubuh Lebih Kuat

Loading...

makanan meningkatkan kekuatanTubuh kuat mutlak diperlukan untuk beraktivitas, terlebih lagi bagi mereka yang bekerja menggunakan otot. Asupan energi ini diperoleh dari makanan yang kita makanan.

Sangat disarankan bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan mereka yang baru sembuh dari sakit.

Inilah makanan yang menguatkan tubuh (Power Foods) dilansir dari Fitnea:

1. Telur

Tiga butir telur setara dengan 260 kalori, 20 gram protein, 1,5 gram karbohidrat, 17 gram lemak.

Protein telur kaya akan kolesterol yang biasanya dianggap sebagai makanan yang buruk, namun pada kenyataannya penuh dengan manfaat positif. Mampu meningkatkan testoteron dan mempertahankan massa otot.

Orang yang makan 3 butir telur utuh sehari ditambah dengan mengikuti program latihan olahraga dapat meningkatkan kekuatan dan massa ototnya, ketimbang mereka yang hanya mengonsumsi satu butir telur atau kurang per hari.

641 mg kolesterol telur perhari dapat menurunkan jumlah partikel kolesterol jahat penyebab aterosklerosis. Jadi, kolesterol di dalam telur adalah kolesterol yang baik bagi tubuh.

2. Ikan salmon

Ikan salmon menyediakan 415 kalori untuk tubuh Anda, 46 protein, nol karbohidrat dan 23 gram lemak. Kaya akan omega-3, lemak esensial serta asam eicosapentaenoic dan docosahexaenoicacid.

Mereka yang mengonsumsi banyak omega-3 dilaporkan memiliki kekuatan otot yang lebih besar ketimbang mereka yang makan hanya sedikit.

Omega-3 meningkatkan sensitivitas insulin yang meningkatkan sintesis protein otot yang berarti meningkatkan pertumbuhan massa otot.  Juga meningkatkan asam amino dan penyerapan glukosa.

Omega-3 mudah dibakar menjadi energi, menghemat glikogen sehingga otot Anda terjaga tetap besar. Omega-3 dikonversi menjadi prostaglandin, semacam hormon yang membantu berbagai proses metabolisme di dalam tubuh.

3. Daging sapi

Satu porsi daging sapi mengandung 390 kalori, 50 gram protein, nol karbohidrat dan 20 gram lemak. Daging penting karena kandungan proteinnya, lemak jenih dan kolesterolnya yang meningkatkan kadar testoteron.

Daging sapi organik memiliki tingkat asam lemak omega-3 dan asam linoleat yang jauh lebih tinggi daripada daging sapi pasaran.

Hal ini karena sapi organik diberikan lebih banyak rumput sehingga kandungan lemak di dalamnya lebih sehat dan mudah dicerna. Sehingga meningkatkan kekuatan sekaligus massa otot Anda.

4. Gandum

Setengah cangkir gandum menyediakan 205 kalori, 15 gram protein, 2 gram karbohidrat dan 5 gram lemak. Kaya akan serat, zat besi, seng, kalium, selenium, vitamin B dan protein serta asam amino, seperti glutamine dan arginin.

Kekayaan seratnya membuat bahan makanan ini menjadi sumber karbohidrat yang memberikan energi tubuh. Konsumsi gandum sebelum berolahraga sangat baik untuk pembentukan massa otot.

Itu karena kandungan octacosanol, yakni alkohol peningkat kekuatan dan daya tahan otot, serta meningkatkan kinerja sistem saraf pusat menjadi lebih efiesien. Makanan berenergi untuk tubuh maupun otak Anda!

5. Semangka

2 iris semangka memasok 170 kalori, sekitar 5 gram protein, 45 gram karbohidrat dan 2,5 gram citrulline.

Buah ini cepat dicerna sehingga mempengaruhi insulin mencerna karbohidrat. Tingginya arginin di dalamnya sangat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan otot.

6. Jus delima

Mengandung 35 kalori, nol protein, 7 gram karbohidrat dan nol lemak. Jus delima mengandung antioksidan yang sangat kuat yang menangkal segala jenis penyakit.

***

Jenis-jenis makanan ini sangat cocok bagi Anda yang berprofesi sebagai olahragawan, atau Anda yang ingin meningkatkan energi Anda untuk bekerja lebih baik.

foto: