Solusi Alami Menyembuhkan Penyakit Kulit dengan Cara Tradisional

Loading...

pengobatan tradisional penyakit kulitAda banyak sekali jenis penyakit kulit yang dapat menyerang siapa saja, misalnya: eksim, panu, kadas, herpes dan urtikaria.

Memiliki penyakit kulit tidak hanya menganggu kenyamanan tetapi juga bisa membuat penampilan Anda ikut menurun.

Bagi tiap penyakit, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menanggulanginya. Penanganan tidak perlu melulu pergi ke dokter kulit yang menghabiskan banyak biaya. Alam menyediakan banyak sekali tanaman yang berguna sebagai obat-obatan alami.

Pengobatan alternatif untuk penyakit kulit, antara lain:

1.  Eksim

Eksim merupakan bentuk peradangan pada kulit yang dipicu oleh beberapa hal seperti: suhu, makanan, darah kotor, riwayat alergi dan bahkan bisa disebabkan oleh stres berlebih. Eksim adalah istilah umum bagi semua jenis peradangan kulit. Eksim yang paling banyak diderita adalah dermatitis atopik. Biasanya eksim muncul di lipatan-lipatan tubuh dikarenakan suhu yang lembab.

Ramuan tradisional untuk eksim:

Bahan-bahan yang digunakan adalah kunyit 10 gram, lengkuas 10 gram dan kapur sirih 3 gram.

Cara mengolahnya: Parut kunyit dan lengkuas kemudian campur dengan air sirih. Tempelkan ramuan tradisional tersebut pada bagian yang terserang eksim. Tutup dengan perban agar tidak basah. Lakukan perawatan sampai eksim mengering dan muncul kulit baru.

READ:  Alasan Mengapa Susu Kambing Lebih Baik Dibanding Susu Sapi

2.  Panu

Panu disebabkan oleh infeksi jamur yang membuat kulit penderitanya mengalami bercak-bercak berwarna putih, merah atau kecoklatan tergantung pada warna alami kulit si penderita.

Jamur dapat tumbuh akibat pola hidup tidak bersih seperti jarang mandi, sering berkeringat dan jarang berganti pakaian. Infeksi jamur alias panu menyerang bagian tubuh seperti punggung, ketiak dan tangan. Apabila sedang kumat, panu akan memberikan rasa gatal yang tak tertahankan pada penderitanya.

Ramuan tradisional untuk panu:

Bahan-bahan yang digunakan adalah daun kemangi, kapur sirih, belerang dan timun.

Cara mengolahnya: Cuci bersih semua bahan, campur dan tumbuk semua bahan hingga menjadi halus dan oleskan pada panu setiap hari sampai panu memudar dan hilang.

3.  Kadas

Kadas atau sering disebut juga dengan kurap tidak jauh berbeda dengan panu. Penyakit kulit ini juga disebabkan oleh kebiasaan hidup yang tidak bersih. Penyakit ini akan memberi bentuk seperti gelang pada bagian kulit yang diinfeksi.

Gejala dari penyakit kulit ini adalah rasa gatal akibat perubahan suhu. Umumnya gatal dirasakan disela-sela jari kaki. Jika sudah masuk ke tahap yang lebih parah, penderita penyakit ini dapat mengalami gangguan alirah darah ke kaki.

READ:  Bakteri Dapat Melawan Malaria

Ramuan tradisional untuk kadas.

Bahan-bahannya adalah lengkuas, bawang putih dan cuka.

Cara mengolahnya adalah dengan menumbuk lengkuas dengan bawah putih (perbandingannya 1 : 4) kemudian teteskan cuka ke dalam ramuan tersebut. Tempelkan ramuan tersebut pada kadas Anda sampai sembuh.

4. Herpes

Herpes adalah suatu jenis penyakit kulit yang bisa menyerang daerah kelamin seseorang akibat adanya penularan melalui hubungan seksual (herpes genital). Gejala dari penyakit herpes ini adalah munculnya gelembung-gelembung kecil pada permukaan kulit yang berisi cairan bening. Gelembung yang mudah pecah ini akan memberikan rasa sakit pada penderitanya, bahkan dapat membuat seseorang merasa nyeri saat buang air kecil.

Ramuan tradisional untuk herpes genital.

Bahan-bahannya adalah daun waru dan tajin.

Cara mengolahnya adalah dengan menjemur daun waru hingga kering dan menggilingnya hingga menjadi bubuk. Ambil bubuk tersebut secukupnya kemudian campur dengan tajin. Ramuan siap dioleskan pada bagian yang gatal akibat herpes.

5. Urtikaria

Urtikaria atau yang seringkali disebut dengan biduran adalah suatu bentuk alergi kulit yang menjadi merah disertai penonjolan kulit secara sementara ketika bertemu dengan alergennya seperti: suhu, makanan, debu, bulu binatang atau stres. Meskipun bukan tergolong penyakit berbahaya dan dapat menghilang perlahan, urtikaria membuat seringkali penderitanya merasa terganggu.

READ:  7 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia

Ramuan tradisional untuk urtikaria.

Bahan-bahannya adalah jahe, cuka beras putih dan gula merah.

Cara mengolahnya adalah dengan merebus semua bahan tersebut dengan air hingga mendidih dan tercampur rata. Saringlah air rebusan tersebut dan minum secar teratur setiap hari untuk menambah daya tahan tubuh dari pemicu urtikaria.

(foto: telegraph.co.uk)