Waspadai 6 Tanda dan Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) pada Wanita

Infeksi Saluran KemihSalah satu hal yang paling umum dan kondisi urologis yang sering mempengaruhi tubuh wanita adalah infeksi saluran kemih (ISK).

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Escherichia coli, setelah memasuki kandung kemih atau ginjal melalui uretra maka akan mereproduksi dengan cepat ke infeksi saluran kemih.

Wanita lebih rentan terhadap ISK, karena mereka memiliki uretra yang lebih pendek, sehingga akan lebih mudah bagi bakteri untuk masuk ke dalam sistem.

Selain itu kedekatan uretra ke vagina dan anus, akan lebih mudah terjadinya invasi bakteri. Bakteri ini dapat menghasilkan penyakit mematikan karena melibatkan bagian saluran kemih seperti ginjal, kandung kemih, ureter dan uretra. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami gejala-gejala penyakit ini, sehingga pengobatan dini dapat banyak membantu.

Mau tahu gejala apa yang dapat menjadi tanda Anda terkena infeksi saluran kemih? Berikut kami bagikan untuk Anda.

1 . Sensasi Terbakar dan Panas

Salah satu gejala yang paling umum dari ISK (infeksi saluran kemih) adalah rasa sensasi terbakar saat kencing. Anda akan merasakan panas saat buang air kecil sehingga membuat Anda malas untuk ke kamar mandi. Jika gejala ini terus berlanjut sepanjang hari, Anda mungkin sedang mengalami infeksi kandung kemih, karena itu segera lakukan pemeriksaan.

READ:  Tips Tidur Siang agar Bekerja Lebih Maksimal

2. Nyeri Perut

Peradangan kandung kemih disebabkan oleh bakteri  yang akan menyebabkan rasa sakit perut. Jika Anda memiliki rasa sakit di bagian belakang atau samping bawah tulang rusuk, infeksi Anda mungkin telah mencapai ginjal  Anda juga akan menderita demam pada saat yang bersamaan.

3. Kelelahan

Perasaan lemah dan lesu dapat menjadi salah satu tanda Anda sedang mengalami gejala ISK. Kelelahan umumnya akan lebih terasa pada wanita yang lebih tua, yang akan dibarengi dengan rasa nyeri otot.

4. Perubahan Warna atau Urin yang Berbau

Urine yang sehat akan berwarna pucat kekuningan. Jika urin Anda berubah warna menjadi kuning gelap coklat atau berbusa, Anda mungkin sedang mengalami infeksi kandung kemih. Sedangkan saat Anda kencing berdarah itu merupakan salah satu gejala yang paling menonjol dari infeksi saluran kandung kemih.

5. Sering ke Kamar Mandi

Salah satu gejala infeksi saluran kantung kemih yaitu seringnya keinginan untuk buang air kecil. Anda juga akan merasa seperti ingin buang air kecil tetapi ternyata itu hanya sebuah tanda dari infeksi yang terjadi pada saluran kantung kemih.

READ:  10 Menu Sarapan untuk Kulit dan Rambut Sehat

6. Demam atau Dingin

Respon alami dapat terjadi pada sistem kekebalan tubuh yaitu terjadinya infeksi dalam bentuk demam. Jadi secara umum ketika Anda mengalami infeksi saluran kantung kemih maka  Anda akan merasakan demam disertai dengan menggigil dan berkeringat. Tetapi jika Anda menderita demam yang sudah cukup tinggi maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

**

Demikian beberapa gejala yang dapat menjadi pertanda bahwa Anda menderita infeksi saluran kantung kemih. Memahami tentang gejala infeksi saluran kantung kemih sebelumnya dan melakukan pengobatan dapat menjadi salah satu cara untuk pemulihan.

Minum air yang cukup, menjaga area genital Anda tetap bersih dan menghindari menahan kencing juga dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.