Belajar Buat Wafel Yuk!

cara membuat wafflesHanya dengan mendengar kata wafel yang terbayang di kepala bagaimana lembut dan enaknya kue ini.

Wafel adalah kue yang cara dimasaknya dengan menuangkan adonan ke dalam cetakan besi yang biasanya berbentuk kotak-kotak lalu dijepit.

Wafel sangat populer di Amerika Serikat dan Belgia. Sering dijadikan untuk sarapan pagi dengan cara menambahkan madu di atasnya sebagai topping. Juga bisa dijadikan sebagai dessert dengan menambahkan es krim atau berbagai macam buah-buahan segar di atasnya.

Dalam sejarahnya, wafel sebenarnya sama saja dengan wafer. Hanya saja ketika di Belanda kebanyakan orang menyebutnya dengan wafel, maka hingga saat ini kue ini akhirnya populer dengan nama wafel.

Cara membuat wafel sangat mudah hanya dalam beberapa langkah saja. Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat wafel pun banyak tersedia di pasaran.

Jika Anda ingin mencoba membuat wafel sendiri, berikut contekan resep dan cara membuatnya:

Yang Anda Butuhkan:

  • 280 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 50 gram margarin cair
  • 425ml susu cair
READ:  Cara Membuat Salad Tomat Untuk Vegetarian

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung terigu dan baking powder lalu ayak.
2. Kocok margarine, gula dan garam hingga rata dan mengembang. Tambahkan telur lalu kocok lagi hingga rata dengan kecepatan yang sedang.
3. Sambil terus dikocok, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit. Aduk terus.
4. Jika sudah rata, panaskan cetakan wafel.
5. Tuang adonan pada cetakan yang sudah panas secukupnya. Tunggu beberapa saat hingga wafel matang dan warnanya berubah menjadi kecoklatan.
6. Jika sudah matang, angkat lalu sajikan dengan topping yang sesuai dengan selera Anda.

Tips:

  • Jika Anda ingin menyajikannya sebagai desert, tambahkan 2 scoop es krim dengan rasa favorit Anda lalu tuangkan sedikit sirup atau madu di atas es krim. Terakhir tambahkan potongan buah segar. Sajikan.
  • Jika Anda ingin menyajikan wafel sebagai sarapan, cukup tambahkan madu atau simple sirup (sirup gula), selai cokelat atau nutella dengan ditambahkan potongan buah segar (tanpa es krim).

**

Karena pada dasarnya wafel sudah manis, Anda juga bisa memakannya secara langsung tanpa menambahkan topping di atasnya. Yummiiii.

READ:  6 Cara Lezat Menikmati Selai Kacang

Anda bisa menikmatinya bersama keluarga, sebagai sarapan di pagi hari atau cemilan teman minum teh di sore hari. Selamat mencoba ya.