5 Cara Membuat Anak Gemar Makan Sayur

cara agar anak gemar makan sayurKebutuhan nutrisi adalah salah satu masalah yang paling sulit untuk dipenuhi seorang ibu untuk anak mereka. Hampir di semua ibu rumah tangga ingin memberikan nutrisi dan gizi yang cukup untuk anak-anak mereka.

Tetapi, yang sering mereka dapati yaitu jeritan dari si anak yang tidak ingin mengkonsumsi sayur sehingga tidak jarang para ibu harus memaksakan anak mereka untuk makan sayur.

Tetapi  cara ini tidak akan berhasil, karena setiap ancaman yang dikeluarkan para orang tua akan tetap membuat sang anak kokoh untuk tidak ingin menyentuh sayur.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut kami bagikan cara yang lebih menyenangkan yang dapat dilakukan agar anak Anda tertarik mengkonsumsi sayur.

1. Memahami Cara berpikir Anak Anda

Hal ini sangat penting mengingat fakta bahwa Anda harus meyakinkan si anak bahwa makan sayuran dapat memberikan manfaat dan sangat baik untuk dikonsumsi. Jangan memaksa anak untuk langsung mengkonsumsi sayur karena hanya akan membuatnya menghindar.

2. Jangan Berteriak Pada Anak

Pada saat anak-anak menolak untuk makan sayur dengan sebuah rengekan dan omelan sebaiknya hindari berteriak pada anak. Karena sebesar apapun teriakan apa yang Anda lontarkan tidak akan mengubah rasa enggan anak untuk makan sayur. Lakukan dengan nada rendah atau standar untuk membujuk anak.

READ:  Manfaat dan Efek Samping Terapi Bekam

3. Yakinkan Anak

Anak-anak biasanya memiliki imajinasi tinggi seperti ingin hidup di dunia fantasi. Nah, ini salah satu cara yang dapat dijadikan untuk meyakinkan mereka. Anda juga dapat menambahkan contoh pahlawan super atau tokoh kartun yang mereka gemari untuk dijadikan contoh.

Misalnya Anda dapat menggunakan contoh kartun seperti popeye yang mengkonsumsi bayam untuk mendapatkan tenaga untuk melawan musuhnya. Jadi, ketika Anda membuat perbandingan yang sama pada anak-anak, Anda mungkin akan terkejut saat anak lahap mengkonsumsi sayur.

4. Campurkan Sayur dalam Makanan Kegemarannya

Hal ini sering dilakukan para orang tua saat anak tidak juga ingin menyentuh sayur. Buatkan anak Anda makanan yang mereka gemari dan tambahkan sedikit sayuran di dalamnya seperti wortel, kacang-kacangan atau jenis sayuran lainnya.

Saat anak menyantap makanan kegemarannya maka mereka tidak akan sadar bahwa telah menyantap sayuran yang tersembunyi dalam makanan favoritnya.

5. Lakukan Secara Berkala

Anak-anak biasanya akan makan lebih dari 3 kali dalam sehari.  Jika Anda memberi  anak makanan secara teratur sepanjang hari yang ditambah dengan sayur maka akan menjadi sebuah kebiasaan untuk anak. Hal ini tentunya secara tidak langsung akan membuat mereka menjadi gemar mengkonsumsi sayur.

READ:  Kelebihan Vitamin C Jadi Pemicu Batu Ginjal

**

Demikian beberapa tips dan cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak gemar makan sayur. Walaupun sedikit sulit, Anda harus tetap melakukannya karena penting untuk anak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi selama masa pertumbuhan. Jelaskan kepada anak dalam bahasa yang dapat anak mengerti, manfaat apa yang akan mereka peroleh saat mengkonsumsi sayuran. Semoga bermanfaat.