Minuman Sehat Untuk Anak-Anak

Minum air putih untuk kesehatan tubuhMinum air putih untuk kesehatan tubuh

Berbagai jenis minuman yang bisa di konsumsi, tetapi tidak semuanya sehat. Di pasaran telah banyak dijual jenis minuman yang diklaim termasuk dalam jenis minuman sehat. Namun ada pula minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi. Misalnya, jus buah kalengan atau susu siap minum yang biasanya dikemas dalam kotak. Minuman manis tidak mengandung gizi yang cukup. Terutama bagi anak-anak yang masih sangat membutuhkan asupan makanan dan minuman yang penuh gizi dan nutrisi.

Lalu kita harus bagaimana? Jangan panik dulu. Simak artikel berikut ini yang akan membahas mengenai minuman sehat untuk anak-anak.

Minuman yang manis biasanya menjadi penyebab berbagai jenis penyakit. Antara lain, kerusakan gigi, diare dan berkurangnya nafsu makan. Susu menempati urutan pertama untuk jenis minuman sehat yang harus dikonsumsi oleh anak-anak karena mengandung banyak kalsium yang berguna bagi pembentukan tulang dan gigi.

Ada berbagai macam jenis susu, yakni, susu full cream, susu skim, susu kental manis, susu cair (susu segar). Susu skim biasanya rendah kalori maka dari itu direkomendasikan untuk remaja dan orang dewasa. Anak di bawah umur 2 tahun harus di berikan susu untuk memenuhi kebutuhan energi yang dihasilkan dari susu. Namun, mengkonsumsi susu dalam jumlah yang berlebihan bisa mengurangi nafsu makan pada anak. Maka dari itu sebaiknya dibatasi sampai 2-3 perhari. Susu yang mengandung gula atau pemanis buatan sebaiknya dihindari.

Ajarkan pada anak untuk mengkonsumsi buah segar ketimbang jus buah. Karena pada umumnya nutrisi penting yang terkandung pada buah akan hilang ketika buah diproses menjadi jus. Selain itu proses pembuatan jus menambahkan bahan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Tentu saja ini tidak baik bagi anak.

Jangan membiarkan anak mengkonsumsi minuman bersoda, berkafein, karena akan memberikan efek buruk bagi tubuh mereka. Air putih merupakan minuman terbaik bagi anak ketika haus, bebas lemak dan kalori. Maka dari itu, ajarkan pada anak untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

(photo: parentsforhealth.org)

Topik Terkait: , , ,