Beragam Khasiat Daun Dewa bagi Kesehatan

Khasiat Daun DewaDaun Dewa (Gynura procumbens) adalah tanaman tahunan yang umumnya banyak dijumpai di sekitar pekarangan rumah sebagai tanaman obat.

Sesuai dengan namanya,  tanaman herbal ini disebut sebagai daun dewa karena mengandung berbagai senyawa kimia yang baik buat kesehatan.

Mengandung Enzim Asparaginase

Daun dewa dikenal sebagai tanaman antikanker, dimana mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Kandungan enzim asparaginase dapat menghambat protein dengan cara menghidrolisis asparagin (asam amino yang memicu pertumbuhan sel kanker) menjadi asam aspartat dan amonia, sehingga sel-sel tersebut terhambat pembelahannya dan mati.

Sebagai Anti-inflamasi

Tanaman daun dewa ini merupakan obat tradisional yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi.

Dari penelitian Zhang XF dan Tan, Fakultas Farmakologi National University of Singapore, mengemukakan ekstrak daun dewa mampu menekan kolesterol dan trigliserida dalam darah tikus yang mengalami diabetes.

Mengatasi Memar dan Pendarahan

Daun atau umbi dewa berperan dalam pengobatan. Daun memiliki khasiat dalam mengobati memar, pembengkakan payudara, melancarkan siklus menstruasi, dan mampu menghentikan pendarahan.

Begitu pula dengan umbinya, yang dapat mengatasi pendarahan usai melahirkan.

READ:  Cara Mudah Memutihkan Gigi

Mengobati Kutil dan Penyakit Ginjal

Kandungan saponin pada daun dewa dapat mengobati kutil, dimana saponin tersebut bersifat hemolitik, mampu memecah sel darah merah. Daun dewa dapat pula dijadikan lalapan, yang berperan dalam menyembuhkan penyakit ginjal.

**

Nah, masih banyak lagi khasiat daun dewa. Jadi, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi tanaman herbal ini  untuk kesehatan Anda.

Bila memungkinkan, tanamlah daun dewa di sekitar rumah anda sehingga bila membutuhkannya anda tidak perlu mencari jauh-jauh. Semoga bermanfaat.

(Photo: wendiland.com)