7 Cara Atasi Payudara Kendur Pasca Kehamilan dan Menyusui

Perawatan Payudara Setelah MelahirkanMeBagian yang paling indah dan sangat penting peranannya bagi seorang wanita adalah payudara.

Fakta menunjukkan hampir sebagian wanita diseluruh dunia menginginkan memiliki selain bentuk tubuh sempurna, wajah sehat dan cantik juga payudara yang pas, indah dan sexy.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut dari cara alami seperti perawatan tradisional yang dapat dilakukan secara rutin di rumah sampai perawatan mahal di salon – salon atau spa kecantikan. Bahkan tak jarang ada yang melakukan operasi pembentukan payudara indah.

Tidak sedikit wanita di seluruh dunia memiliki masalah dengan payudara mereka terutama sekali kaum ibu – ibu muda yang baru saja melahirkan dan masih dalam proses menyusui bayi – bayi mereka. Karena faktor menyusui inilah berpengaruh besar terhadap keindahan dan kecantikan bentuk payudara mereka.

Bagaimana cara menyikapi agar seorang ibu muda tetap memiliki payudara indah dan sexy tanpa harus mengorbankan bayinya dengan selalu memberi air susu ibu? Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan :

1) Menjaga kebersihan payudara

Penting untuk selalu membersihkan puting susu setelah menyusui.  Yang perlu diperhatikan yaitu pada saat selesai membersihkan puting susu dengan air hangat setelah menyusui, jangan lupa segera memakai BH. Sebab BH dapat dikatakan sebagai pelindung keindahan payudara sehingga bentuk ideal tetap terjaga.

Jangan lupa memperhatikan jenis BH yang baik adalah tidak terlalu menarik ke atas payudara atau tidak terlalu kekecilan, tetapi kuat menyangga payudara, mengingat payudara hanya terdiri dari gumpalan daging dan lemak, tanpa tulang penyangga.

2) Perawatan payudara dengan operasi

Banyak wanita terutama ibu – ibu muda telah melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kekencangan dan ukuran payudara yang mereka impikan. Tujuannya tidak lain untuk menambah kepercayaan diri dan membahagiakan pasangan hidup.

READ:  6 Tips dan Ide Snacking yang Menyehatkan

Banyak cara yang dilakukan, yang paling populer saat ini adalah dengan menggunakan PIP Implant atau Poly Implant Prothese. Metode ini merupakan metode memasukkan gumpalan gel silikon pengencang payudara melalui proses operasi. Tentunya cara instan ini dapat dengan mudah membentuk payudara yang diimpikan.

Namun ada beberapa masalah tentang PIP Implan tersebut. Cara ini ternyata sangat tidak aman karena pada beberapa kasus, PIP Implant dapat pecah didalam payudara sehingga gel yang berada di dalamnya ikut pecah dan menyebar ke seluruh payudara. Selain bentuk payudara menjadi aneh, menyebarnya gel silikon juga berakibat fatal bagi wanita yaitu dapat memicu tumbuhnya kanker payudara.

3) Perawatan payudara dengan cara natural

Sangat disarankan, sebaiknya anda melakukan perawatan payudara dengan cara natural yaitu perawatan tradisional untuk mendapatkan payudara indah dan sexy. Khasiat buah pepaya misalnya dapat dipakai untuk mengencangkan kulit payudara. Zat enzim membantu daging payudara menjadi kenyal dan kencang.

Karena ternyata pepaya banyak mengandung vitamin A dan hormon pengencang yang dapat merangsang pengeluaran hormon kewanitaan dan merangsang indung telur mengeluarkan hormon kewanitaan. Dari hormon tersebut memperlancar kelenjar susu dan membentuk payudara yang ideal.

4) Perawatan payudara dengan terapi

Salah satunya dengan terapi tampar payudara dari seorang praktisi kesehatan natural dari Thailand, Khemmikka Na Songkhla. Pada intinya terapi ini seperti sebuah perawatan tradisional yang sangat sederhana, hanya meremas, memijat, meninju dan memukul – mukul kedua payudara.

Terapi ini bekerja dengan mengangkat kelebihan lemak dengan melakukan gerakan – gerakan teratur meremas daging payudara, dilakukan tiga kali dalam sehari secara rutin hingga masa menyusui usai. Terapi bisa dilakukan sambil bergoyang mengikuti irama musik.

READ:  Tips agar si Kecil Gemar Membaca

Sebuah studi dari Thai Health Ministry mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai teknik pijatan yang dilakukan dalam klinik ini memang membuat payudara menjadi tetap indah meski dalam keadaan menyusui tanpa melalui jalan operasi.

5) Perawatan payudara dengan olahraga

Olahraga atau senam dapat merangsang perbaikan payudara dan otot – otot pektoralis mayor dan minor sebagai penggantung payudara. Dengan lancarnya aliran darah juga kencangnya otot penggantung payudara ini, payudara akan menjadi lebih bugar, kencang dan terangkat.

Disamping itu, banyak pakar kesehatan dari Amerika menulis, bahwa cara alami yang dapat dilakukan wanita untuk membesarkan payudaranya setelah melahirkan dan menyusui adalah dengan rutin berolahraga. Latihan – latihan ringan yang dapat merangsang pembesaran otot – otot pektoralis. Dengan berkembang dan membesarnya otot ini, secara otomatis akan menambah ukuran payudara.

6) Operasi pengencangan payudara (breast lifting surgery)

Operasi plastik untuk mendapatkan payudara indah dan sexy cukup populer di negara – negara maju. Ada dua cara operasi plastik untuk mengencangkan payudara : dengan menarik kulit atau menarik puting susu.

  • Penarikan kulit bertujuan untuk mengurangi kulit berlebih dari bagian bawah payudara atau sekitar areola (bagian di daerah puting payudara yang berwarna kecoklatan). Payudara akan menjadi kencang tanpa mempengaruhi jaringan atau sel – sel pertumbuhan didalamnya. Sisi buruk, bekas sayatan pembedahan akan terlihat secara permanen. Diperlukan keterampilan ahli bedah untuk mengurangi bekas luka yang terlihat.
  • Penarikan puting susu bertujuan untuk menempatkan puting susu kembali ke tempatnya yang benar, dengan sayatan agak melingkar di bagian atas areola.Keuntungan metode ini adalah bekas sayatan tidak begitu terlihat, tetapi hasil operasi payudara tidak sekencang bila dilakukan penarikan kulit. Areola tidak lagi sebundar seperti saat ibu masih remaja. Untuk lebih memperindah payudara, biasanya dilakukan penambahan implan (breast augmentation surgery) silikon.
READ:  Tips Cermat Memilih Program TV untuk Anak

7) Perawatan payudara dengan masker

Cara lain yang mudah dilakukan untuk mengencangkan payudara adalah menggunakan masker berbahan dasar ekstrak alga dan rumput laut (modeling mask), banyak mengandung mineral.

Caranya, payudara dibersihkan dengan air hangat lalu daerah payudara dioleskan wrinkle smoothing cream (serum) yang mengandung kolagen berfungsi mengencangkan otot – otot yang sudah kendur, diamkan selama 3 menit agar kolagen meresap rata. Bersihkan.

Tahap kedua, payudara dimasker dengan menggunakan modelling mask selama 15 menit, sebelumnya olesi terlebih dahulu dengan relaxing cream. Bersihkan dengan air es untuk mengecilkan pori – pori kulit, keringkan dan diberi serum lagi.

**

7 langkah di atas adalah teknik perawatan payudara agar tetap terlihat seperti ibu masih remaja dulu. Tetapi yang paling penting memegang peranan di sini adalah jangan stress dan kendalikan emosi. Kondisi marah selain dapat berpengaruh buruk terhadap perkembangan payudara yang mengendur juga dapat memicu terhambatnya air susu ibu yang keluar.

Rutin melakukan perawatan dan jaga selalu emosi ibu dengan baik sehingga pemberian ASI untuk buah hati tercinta lancar dan menyebabkan mereka tumbuh sehat.