6 Cara Merawat Kulit Wajah yang Sensitif

Loading...

Cara Merawat Kulit Wajah SensitifPada dasarnya seorang wanita adalah makhluk terindah ciptaan Tuhan yang ditakdirkan untuk selalu mendampingi hidup kaum pria.

Untuk memulai suatu hubungan diantara mereka, ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh seorang wanita, seperti kecantikan dan kesehatan kulit.

Dalam kehidupan sehari – hari, seorang wanita memiliki kondisi terutama dari segi kesehatan kulit yang berbeda dengan kaum pria karena pada umumnya kulit wanita terdiri dari berbagai jenis kulit.

Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda sehingga perlu perawatan khusus apalagi untuk jenis kulit yang sensitif.

Perawatan kulit terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba therapy ramuan tradisional khusus untuk perawatan kulit sensitif terutama pada wilayah wajah, dimana kulit wajah merupakan bagian kulit paling sensitif pada tubuh.

Disamping itu, penilaian seseorang saat pertama kali bertemu dengan kita terlihat dari penampilan wajah kita apakah terawat, cantik serta sehat, sudah pasti akan memberikan pesona yang baik pada pandangan pertama.

Untuk mewujudkan itu, ada beberapa tips – tips penting yang dapat dilakukan secara rutin di antaranya :

1) Cream Wajah

Selalu memakai produk kecantikan sejenis cream wajah terutama pada saat kita beraktifitas di luar rumah hingga cara yang paling ekstrim yaitu dengan melakukan operasi plastik (tetapi hal ini jarang dilakukan karena beberapa faktor). Ini dilakukan untuk dapat tampil dan terlihat cantik dengan mengabaikan efek samping yang dialami dari pengunaan produk kecantikan jangka panjang.

Untuk itu kita harus berhati – hati dalam memilih cream wajah karena tidak jarang dampak yang ditimbulkan bisa saja menjadi fatal, seperti timbulnya alergi hingga terkena kanker kulit pada wajah.

READ:  Yuk Kenali 7 Aroma Dasar Parfum!

2) Madu

Memakai madu untuk pelembab kulit. Selain mengandung beberapa vitamin dan bagus untuk digunakan sebagai makanan tambahan atau suplemen untuk kesehatan tubuh, juga dapat dipakai sebagai bahan dasar kecantikan wajah.

Dapat dilakukan secara rutin di dalam rumah pada saat kita santai, di pagi atau sore hari, caranya adalah cuci muka dengan air hangat, keringkan muka dengan memakai handuk bertekstur lembut, baru oleskan madu pada muka secara merata dengan jari.

Lakukan pijatan ringan secara perlahan – lahan untuk beberapa menit, diamkan selama kurang lebih seperempat jam, kemudian basuh muka atau wajah dengan air hangat. Bilas lagi dengan air dingin (boleh juga dengan air es). Anda akan melihat hasilnya, niscaya kulit tampak halus dan selalu sehat.

3) Telur ayam kampung

Telur ayam kampung untuk perawatan muka yang dilakukan secara rutin dapat memberikan wajah anda halus, licin dan selalu kelihatan segar disepanjang hari.

Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan disaat – saat senggang waktu kita di rumah adalah perawatan tradisional berikut : ambil sebutir telur ayam kampung untuk putih telurnya saja, kocok selama 1 menit, lalu oleskan secara merata pada muka. Biarkan cairan putih telur mengering selama 20 – 25 menit. Baru dicuci dengan air hangat suam – suam kuku, dilakukan dua kali, setelahnya dengan air dingin/air es.

READ:  Jilbab Pesta Simpel Namun Elegan

Jika perawatan ini dilakukan secara rutin 2 minggu sekali, maka kulit muka ada akan tetap kencang, licin dan halus.

4) Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk membantu memberikan kulit wajah yang bersih alami. Berikut beberapa cara sederhana perawatan wajah dengan ramuan tradisional menggunakan jeruk nipis.

Ambil satu ruas kunyit sebesar ibu jari, lalu parut, campurkan dengan satu sendok teh madu dan setengah sendok teh air jeruk nipis, aduk rata. Oleskan pada wajah yang terlebih dahulu sudah dibersihkan sampai rata, diamkan kira – kira lima belas sampai tiga puluh menit. Bilas dengan air hangat sampai bersih, kemudian bilas lagi dengan air dingin. Lakukan secara rutin minimal satu kali seminggu.

5) Jeruk nipis dan susu

Anda dapat menghaluskan wajah dengan campuran jeruk nipis dan susu. Siapkan seperempat gelas susu segar atau susu sapi, dicampur dengan empat sendok teh air jeruk nipis, kita diamkan sampai susu bergumpal.

Ambil kapas khusus wajah lalu celupkan pada campuran susu dan jeruk nipis tadi, kemudian oleskan pada wajah sampai rata, namun sebelumnya, bersihkan dahulu wajah. Diamkan kira -kira setengah jam agar cairan menyerap, lalu bersihkan kembali dengan air. Bilas dengan air hangat agar pori – pori dapat terbuka dan sisa masker bersih sempurna.

Bilas untuk kedua kalinya dengan air dingin supaya pori – porinya mengecil kembali dan kulit menjadi kencang. Lakukan secara rutin minimal 1 minggu sekali untuk mendapatkan kulit idaman.

READ:  Konsumsilah 3 Mineral Penting Agar Selalu Sehat!

6) Tomat dan ketimun

Selain dengan bahan – bahan tradisional tersebut di atas, anda juga dapat menggunakan bahan – bahan lain seperti irisan tomat atau irisan ketimun. Lebih bagus lagi ketimun yang diparut dan dicampur dengan sedikit air kemudian disaring dengan kain tipis. Air ketimun tersebut dioleskan secara merata pada kulit muka dengan jari atau kapas sampai merata.

Atau kita bisa menambahkan madu sedikit, perasan jeruk nipis dan minyak zaitun agar hasilnya lebih sempurna. Selanjutnya diamkan masker sejenak, kurang lebih lima belas menit dan setelahnya kita bilas wajah dengan air hangat lalu dengan air dingin. Untuk hasil yang sempurna, wajah diberi cream atau pelembab khusus untuk kulit wajah yang sensitif.

**

Perawatan kulit sensitif pada wajah paling bagus dilakukan pada pagi hari saat baru bangun tidur dan sore hari menjelang mandi sore. Dilakukan secara rutin, sehingga anda dapat merasakan hasil yang sempurna untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Disamping itu anda dapat melindungi kesensitifan kulit sedini mungkin untuk menghindari dari hal – hal yang tidak diinginkan sehingga kecantikannya tetap terjaga.