9 Rahasia Menyembuhkan Ambeien saat Hamil

Mengatasi Ambeien Saat HamilWasir atau sering disebut ambeien adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang -kadang disertai pendarahan.

Dalam beberapa kasus tertentu, wasir atau ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), dan mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi).

Penyakit ini harus diwaspadai sedini mungkin. Kenali gejala awalnya. Penyakit ini sangat mudah dideteksi, biasanya dapat dikenali pada saat kita melakukan buang air besar yang disertai dengan pendarahan pada anus.

Kejadian ini akan terus berulang – ulang dimana setiap penderita buang air besar, keluar juga satu atau dua tetes darah segar berwarna merah muda.

Ibu hamil juga rentan terkena penyakit ambeien. Oleh karenanya, untuk menjaga agar kesehatan tubuh kita tetap fit, perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini terutama hal – hal penting yang harus dilakukan untuk mengatasi ambeien khususnya pada ibu hamil sebagai berikut:

1) Perbanyak minum air putih

Cara yang paling mudah dan murah untuk menyembuhkan ambeien adalah dengan mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin. Ini dapat membantu feses akan cenderung melunak. Anjurannya adalah 1,5 liter sampai 2 liter sehari.

READ:  Waspadai Wasir Paska Melahirkan

2) Lakukan olahraga ringan

Berenang atau jalan kaki selama 30 menit dapat menjadi olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Gerakan – gerakan ringan dalam olahraga ini dapat membantu otot – otot di saluran pencernaannya aktif mendorong sisa makanan ke saluran pembuangan.

3) Biasakan untuk tidak menahan buang air besar

Saat merasakan akan buang air besar, cepat – cepat lakukan, jangan biasakan menahan diri. Karena hal ini dapat mengakibatkan feses mengeras sehingga berpengaruh terhadap proses mengejan menjadi lama.

Jika kita mengalami kesulitan untuk buang air besar, dapat ditolong dengan rajin mengkonsumsi segelas air hangat terutama pada pagi hari sebelum buang air besar. Buang air besar yang tidak lancar juga disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh. Usahakan setiap hari rutin minum segelas air hangat.

4) Duduk berendam di air hangat

Cara ini cukup efektif untuk menyembuhkan ambeien. Karena air panas berguna untuk mencairkan penggumpalan darah yang beku. Lakukan secara rutin sehabis buang air besar. Cukup menyiapkan sebuah ember besar yang bisa kita duduki selama kurang lebih 10 – 15 menit, kemudian tuangkan air panas dengan suhu 40 – 60 derajat celsius atau secukupnya.

READ:  5 Cara Alami Mengatasi Ambeien untuk “Kekasih Komputer”

5. Menggunakan es batu

Es batu membantu meredakan rasa nyeri dan mengurangi aliran darah pada pembuluh darah yang melebar. Ambil beberapa es batu yang sudah dihancurkan lalu letakkan dalam plastik kemudian tutup dengan handuk tebal. Kita dapat duduk di atasnya sekitar 10 menit. Lakukan secara rutin beberapa kali sehari untuk menyembuhkan ambeien.

6. Kurangi tekanan perut dengan SOS

SOS yang dimaksud disini adalah sleep on side atau berbaring dengan posisi miring. Dengan sering berbaring bolak – balik ke kiri atau kanan, ibu hamil dapat mengurangi tekanan uterus terhadap pembuluh darah besar yang ada di bagian belakang perut sehingga bayi bisa mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal.

Selain itu juga bagus untuk kesehatan ginjal dan dapat membantu melancarkan buang air besar sehingga tubuh ibu terasa ringan kembali.

7. Area dubur harus selalu bersih

Pakailah tisu basah setelah buang air besar. Tisu basah yang dipilih adalah tisu yang tidak memiliki kandungan alkohol dan pewangi. Jika perlu, gunakanlah tisu khusus untuk penderita ambeien.

8. Rutin menkonsumsi sayur dan buah – buahan setiap hari

Sayur dan buah -buahan sangat baik untuk ibu hamil yang menderita ambeien karena makanan ini mengandung banyak serat serta vitamin, seperti pepaya dan bayam. Hindari mengkonsumsi makanan yang pedas, banyak lemak atau terlalu asam. Karena makanan tersebut dapat membuat feses menjadi keras yang berakibat buruk terhadap proses mengejan, lama dan sulit.

READ:  Hipoglikemia Pada Bayi

9. Mencoba bahan alami untuk menyembuhkan wasir

Lidah buaya adalah salah satu tanaman alami yang cocok untuk menyembuhkan wasir. Karena tanaman ini mempunyai sifat anti – radang dan juga memberikan sensasi dingin sehingga dapat mengurangi rasa panas pada dubur.

Caranya, potong beberapa lidah buaya, kemudian oleskan lendirnya pada dubur. Lakukan sesering mungkin, paling tepat pada saat akan buang air besar atau sehabis buang air besar.

**

Jika saran – saran tersebut di atas masih tidak dapat membantu untuk menyembuhkan sakit ambeien anda, atau bahkan kondisinya makin parah sehingga menimbulkan pendarahan hebat, maka segera konsultasikan kesehatan anda ke dokter kandungan untuk merekomendasikan jenis obat yang tepat.