7 Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil Muda

Nutrisi Ibu Hamil MudaSebuah perkawinan yang dibentuk berdasarkan cinta dan kasih diantara dua insan manusia, laki – laki dan perempuan pastilah memiliki satu tujuan utama yaitu segera memiliki buah hati yang sehat dan cerdas.

Tujuan ini adalah dambaan setiap pasangan hidup apalagi saat mereka memasuki kehamilan yang sedang menunggu kelahiran bayinya.

Terutama orangtua, harus selalu mewaspadai berbagai kondisi kesehatan tubuh mereka saat memasuki usia kehamilan muda yang hampir sebagian besar tidak mereka sadari pengaruh kondisi lingkungan dan kesehatan individu ibu hamil berpengaruh sangat besar didalam kesehatan janinnya.

Makanan sehat penting sekali untuk ibu hamil. Oleh karenanya perlu sekali informasi tentang makanan sehat untuk mereka. Dengan ilmu pengetahuan yang luas dan tepat, kita bisa dengan mudah memilih makanan apa saja yang benar – benar bermanfaat bagi seorang wanita yang sedang hamil terutama saat memasuki usia kehamilan muda.

Inilah beberapa di antara nutrisi penting untuk ibu hamil muda :

1. Susu Skim

Kita perlu mengetahui jenis susu yang satu ini. Jenis susu ini sangat kaya akan protein, kalsium dan vitamin B12. Ini sangat diperlukan oleh wanita hamil.

READ:  Menggunakan Obat Tradisional untuk Pencegahan dan Pengobatan Sakit Ambeien

Jadi, jika kita menginginkan bayi yang lahir dalam keadaan sehat, jangan lupa yang rajin mengkonsumsi makanan – makanan sehat, termasuk susu skim ini. Dapat dilakukan tiga kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan malam menjelang tidur.

2. Telur Dan Ayam

Protein adalah makanan utama yang ibu hamil butuhkan. Untuk itu kita harus mencukupinya dengan baik. Protein berguna untuk menjaga agar jaringan otot sang ibu dan bayi yang sedang dikandungnya dapat bertumbuh kembang dengan baik, sehingga kelahiran bayi yang diharapkan dalam keadaan sehat.

3. Minyak Zaitun

Salah satu jenis makanan yang sangat berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil adalah minyak zaitun. Makanan yang memakai bahan dasar dari minyak ini sangat kaya akan vitamin E dan lemak tak jenuh.

Cara mengkonsumsinya sangat mudah, kita bisa menggunakan minyak zaitun ini sebagai pengganti minyak goreng. Atau dengan menambahkan beberapa tetes ke dalam campuran salad.

4. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan rendah lemak dan kaya akan vitamin D atau kalsium. Seorang wanita hamil biasanya membutuhkan makanan yang mengandung terutama kalsium kurang lebih 1000 mg kalsium per hari.

READ:  Cara Melindungi Keluarga dari Virus Hepatitis

Kebutuhan seorang ibu hamil yang terbilang besar terhadap kalsium ini dikarenakan bayi membutuhkan banyak kalsium terutama untuk perkembangan tulang yang sehat. Jadi kita bisa menikmatinya sebagai makanan cemilan yang lezat sekaligus manfaat lain yaitu bagus untuk kesehatan.

5. Oat Dan Gandum

Gandum adalah jenis makanan yang kaya akan zat karbohidrat kompleks, membantu seseorang merasa kenyang. Makanan sehat ini juga bisa mengeluarkan racun dari tubuh kita.

Jadi, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsinya sebagai makanan pokok pengganti nasi. Selain sehat juga mengandung rendah lemak dan dapat menjaga berat badan ideal meskipun ibu sedang hamil muda.

6. Kacang Merah

Makanan ini termasuk salah satu makanan sehat yang baik untuk perkembangan bayi kita. Kacang merah tidak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga zat besi. Zat ini sangat penting untuk perkembangan sel – sel darah merah pada bayi.

7. Brokoli

Brokoli mengandung banyak air dan vitamin B, yang dapat membantu mempertahankan dan membentuk sel – sel baru di dalam tubuh ibu sehingga sangat berpengaruh baik terhadap pertumbuhan janin di dalam perut. Jika nutrisi ini tidak terpenuhi, kemungkinan bayi bisa lahir cacat. Jadi, konsumsilah brokoli untuk mengurangi resiko bayi terlahir cacat.

READ:  Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

**

Yang terpenting untuk ibu hamil muda adalah nutrisi sehat. Jaga selalu kehamilan dengan sepenuh hati di samping menjaga makanan yang kita konsumsi sehari – hari.

Masa depan anak ada di tangan kita sebagai orang tuanya. Jangan sampai mereka kelak terlahir tidak sehat. Upayakan yang terbaik bagi calon penerus keturunan kita.

Semoga sukses.