7 Tips untuk Membuat Kopi dan Teh Lebih Sehat!

Membuat Kopi dan Teh Lebih SehatKopi dikemas dengan antioksidan yang menyehatkan, tapi karena cara penyajiannya yang disesuaikan sedemikian rupa sehingga manfaat kesehatan kopi justru tersingkir. Hal yang sama berlaku untuk teh.

Berikut adalah 7 cara untuk membuat kopi dan teh jauh lebih sehat, dilansir dari Care2.com:

Pilih kopi atau teh organik

Kedua tanaman cenderung disemprot dengan pestisida, sehingga Anda mungkin akan mendapatkan lebih dari sekedar kopi atau teh ketika Anda memilih yang bukan organik.

Lewatkan gula

Jika Anda harus menambahkan gula, pilih pemanis seperti gula kelapa organik yang memiliki sedikit gram gula (3 gram) dibandingkan gula putih atau gula merah (4 gram). Mungkin tidak terdengar berbeda jauh, tapi seiring waktu itu berarti Anda akan mengurangi konsumsi gula sebesar 25 persen. Gula kelapa mengandung mineral alami seperti kromium yang membantu metabolisme gula dalam tubuh.

Lewatkan sirup

Kebanyakan siruo dibuat dengan sirup jagung tinggi fruktosa yang telah dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas. Sirup juga mengandung perasa dan pengawet buatan seperti kalium sorbat atau natrium benzoat.

READ:  7 Gerakan Tubuh di Pagi Hari yang Membakar Semangat

Kalium sorbat dalam studi manusia telah menunjukkan genotoksik dan mutagenik. Itu berarti merusak materi genetik dan dapat menyebabkan penyakit terkait mutasi. Sodium benzoat berubah menjadi benzena karsinogen dalam tubuh.

Goodbye sirup bebas gula dan pemanis buatan

Jika Anda berpikir bahwa Anda aman karena Anda hanya menggunakan sirup bebas gula dan pemanis buatan, renungkan lagi. Tidak hanya karena sirup biasanya mengandung pengawet yang disebutkan di atas, tapi ia juga biasanya berisi salah satu dari pemanis sintetik.

Bertentangan dengan apa yang diklaim produsen, Splenda (sucralose) ditunjukkan oleh ilmuwan Duke University dapat meningkatkan berat badan, akan diserap oleh sel-sel lemak, dan mengurangi flora usus menguntungkan sebesar 50 persen (yang selanjutnya berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dan penyakit inflamasi).

Sweet’n Low (sakarin) merupakan turunan tar batubara yang telah dikaitkan dengan kesulitan bernapas, sakit kepala, dan diare. AminoSweet (nama baru untuk aspartam) telah dikaitkan dengan daftar besar kondisi kesehatan, termasuk: tumor otak, depresi, sakit kepala dan migrain, nyeri sendi, kelelahan kronis, dan banyak lagi.

READ:  Lelah? Coba Teh Dengan Rasa Peppermint!

Lewatkan whip

Menambahkan whipped cream pada kopi akan menambahkan sekitar 100 kalori untuk setiap minuman. Itu berarti penambahan 36.500 kalori setahun jika Anda hanya minum sekali dalam sehari.

Pilih susu alternatif di atas susu sapi

Jika Anda akan menambahkan susu pada kopi Anda, yang terbaik adalah memilih susu almond, beras, kedelai organik (kedelai lainnya adalah rekayasa genetik). Susu sapi bukanlah minuman kesehatan seperti yang kita percayai selama ini.

Minum tanpa coffee whitener

Coffee whitener dibuat dari sirup jagung padat (hampir selalu rekayasa genetik) dan lemak trans. Perusahaan-perusahaan tidak diwajibkan untuk melaporkan lemak trans karena ukuran porsi kecil. Tapi ada banyak lemak trans jika Anda minum beberapa kali dalam sehari, setiap harinya.

(foto: tea-coffee.co.za)