10 Makanan untuk Otak Lebih Sehat

Loading...

Makanan untuk Kesehatan OtakSiapa yang tidak ingin menjadi lebih pintar? Siapa yang ingin terlihat lebih baik atau merasa lebih sehat?

Banyak studi terbaru menunjukkan bagaimana nutrisi tertentu dapat secara positif mempengaruhi otak, khususnya di daerah otak yang berhubungan dengan proses kognitif atau perasaan dan emosi.

Umumnya, seseorang pasti makanan sehat untuk otak yang akan menyebabkan aliran darah yang kuat, pemeliharaan ketajaman mental dan mengurangi resiko penyakit jantung dan penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer dan demensia.

Kita tahu bahwa makanan memainkan peran besar dalam otak kita, seperti disimpulkan dalam beberapa studi yang dipimpin oleh seorang neuroscientist fenomenal di UCLA, Gomez Pinilla.

Menurut sebuah penelitian, lemak super yang paling dibutuhkan otak Anda adalah asam lemak omega-3. Otak Anda mengubahnya menjadi DHA (docosahexaenoic acid) yang meningkatkan komunikasi saraf dan meningkatkan pertumbuhan saraf.

Makanan dan nutrisi merupakan bahan bakar untuk tubuh kita dengan cara yang sama ketika kita menggunakan mobil dan mengisi tangki bensinnya. Sayangnya, kita umumnya lebih memperhatikan mobil kita dibandingkan tubuh kita.

READ:  Tekanan Darah Rendah Dapat Melemahkan Otak

Mengapa demikian? Kami mendengar bahwa sering mengkonsumsi nutrisi yang tepat dapat membantu kesehatan, proses penuaan, dan lebih mengefisienkan fungsi otak-tubuh kita.

Makanan untuk Kesehatan Otak

Nah, berikut adalah 10 makanan yang harus tetap ada dalam diet Anda untuk menjaga kesehatan otak, dilansir dari Care2.com:

1. Apel: Makan sebuah apel sehari melindungi otak dari kerusakan oksidatif yang menyebabkan penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer dan Parkinson. Nutrisi ajaib yang bertindak sebagai perlindungan ialah quercetin, yang merupakan fitonutrien.

2. Asparagus: Asparagus kaya akan asam folat, yang penting untuk metabolisme asam lemak rantai panjang dalam otak Anda.

3. Daging sapi tanpa lemak: daging sapi tanpa lemak kaya vitamin B12, zat besi dan seng. Vitamin dan mineral telah ditunjukkan dapat mempertahankan jaringan saraf yang sehat.

4. Blueberry dan strawberry: Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah meningkatkan memori dan keterampilan motorik mereka. Selain itu, sifat antioksidan dapat melindungi otak Anda dari proses oksidatif.

5. Dark chocolate: Dark chocolate menawarkan kekuatan konsentrasi yang luar biasa. Ini adalah antioksidan yang sangat kuat yang mengandung stimulan alami yang meningkatkan produksi endorfin, memberikan perasaan bahagia. Trik: Anda perlu menemukan dark chocolate dengan kurang dari 10 gram gula per porsi untuk manfaat yang optimal.

READ:  Nutrisi dan Manfaat Kesehatan Buah Manggis

6 . Salmon: Salmon mengandung asam lemak omega-3, dimana penelitian telah membuktikannya penting untuk fungsi otak.

7. Oregano kering: rempah-rempah tertentu memiliki sifat antioksidan kuat. Dalam beberapa studi , rempah-rempah yang kuat ini telah terbukti memiliki sifat antioksidan 40 kali lebih banyak dibandingkan apel, 30 kali lebih banyak daripada kentang, 12 kali lebih banyak dari jeruk, dan 4 kali lebih banyak dari blueberry atau strawberry.

8. Kenari: Kenari kaya akan protein dan mengandung asam lemak omega-3, vitamin E dan B6 yang semuanya mempromosikan jaringan saraf yang sehat.

9. Gandum: Gandum memberikan serat dan vitamin E yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, yang membantu meningkatkan sirkulasi ke otak.

10. Yogurt: Yogurt dan susu lainnya dipenuhi dengan protein dan vitamin B yang penting untuk meningkatkan komunikasi antara sel-sel saraf.

Pastikan bahwa mulai sekarang Anda memilih dan merencanakan menu besar yang mencakup makanan otak. Hidup adalah tentang pilihan dan memilih nutrisi yang tepat dapat memainkan peran kunci bagi kesehatan Anda.

(foto: choosereal.com)