6 Sumber Probiotik yang Mengejutkan

sumber probiotikProbiotik adalah mikroorganisme yang menawarkan beberapa bentuk manfaat kesehatan bagi host-nya, dan dapat ditemukan dalam berbagai makanan yang berbeda.

Probiotik diyakini memainkan peran yang sangat penting dalam mengatur fungsi usus yang tepat dan pencernaan dengan menyeimbangkan mikroflora usus.

‘Bakteri baik’ ini dianggap sebagai “organisme dan zat yang memiliki efek menguntungkan pada host dengan berkontribusi terhadap keseimbangan mikroba ususnya”, menurut sebuah laporan yang ditulis oleh Parker, R. B. dalam jurnal Nutrition and Health.1.

Jenis mikroba yang paling umum digunakan sebagai suplement probiotik adalah bakteri asam laktat (lactic acid bacteria, LAB) dan bifidobacteria. Probiotik yang biasanya dikonsumsi dalam makanan fermentasi yang host-nya ditambahkan dengan kultur hidup aktif (seperti yogurt).

Manfaat Probiotik

Menurut Medical News Today, ada banyak manfaat kesehatan terkait dengan probiotik, termasuk:

  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
  • Mengobati diare
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Membantu orang dengan intoleran laktosa dalam mentolerir lebih banyak laktosa
  • Mengurangi tekanan darah
  • Gejala peningkatan sindrom iritasi usus besar
  • Mengobati alergi
  • Meningkatkan fungsi otak
READ:  Bakteri Usus 'Jahat' Mungkin Membantu Mengendalikan Diabetes

Perlu dicatat bahwa banyak dari klaim kesehatan memerlukan penelitian yang lebih ilmiah sebelum mereka dapat sepenuhnya didukung.

Sumber Probiotik Mengejutkan

Belakangan ini, tampaknya banyak orang yang memasukkan probiotik lebih dalam diet mereka. Dan ada alasan yang baik untuk itu – dari jalur pencernaan sehat hingga sistem kekebalan tubuh yang kuat , ada banyak manfaat probiotik.

Tapi berapa banyak yogurt yang dapat benar-benar kita konsumsi?! Apakah Anda benar-benar harus mengambil pil atau menggunakan produk yang diperkaya untuk mendapatkan hal-hal yang baik? Dan bagaimana dengan orang yang tidak minum susu – apa mereka harus mengkonsumsi susu kedelai dan tempe?

Untungnya, ada banyak sumber probiotik lainnya, beberapa bahkan mungkin sudah Anda makan! Berikut adalah beberapa sumber probiotik yang mengejutkan, dilansir dari Care2.com:

1. Jenis keju tertentu. Dengan pengecualian dari keju cottage, yang terkenal untuk tingkat probiotik yang sangat baik, semakin lama usia keju, semakin banyak kandungan probiotiknya. Keju keras seperti cheddar, gouda, dan parmesan adalah sumber yang baik.

READ:  7 Faktor Yang Menyebabkan Kulit Menjadi Kering

2. Miso. Banyak ahli percaya bahwa miso membantu dalam proses pemulihan korban akibat keracunan radiasi. Bagi yang lainnya, miso, pasta yang terbuat dari barley fermentasi, kedelai dan beras, merupakan sumber probiotik.

3. Dark Chocolate. Dark chocolate bukan hanya sumber antioksidan lezat , itu juga merupakan sumber probiotik yang sehat. Faktanya, hal-hal manis memiliki probiotik lebih banyak dari produk susu – hingga 4 kali lebih banyak.

4. Roti Sourdough. Probiotik, ada tepat di sandwich Anda! Roti sourdough mengandung lactobacilli, bakteri yang dianggap memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi .

5. Zaitun. Hal baik datang dalam paket kecil! Zaitun dalam air garam merupakan sumber probiotik.

6. Acar. Ketika acar, baik acar dalam garam laut dan air – bukan cuka – mereka dikemas dengan bakteri sehat yang Anda cari. Bahkan mungkin lebih baik.

(foto: probiotics-for-health.com)