5 Kebiasaan Buruk Ketika Makan

Kebiasaan Buruk Ketika MakanMakan adalah salah satu kegiatan yang penting karena kondisi tubuh kita sangat bergantung pada apa yang kita makan.

Tetapi seringkali, kita meremehkan kegiatan tersebut hingga membuat kita terserang penyakit atau gangguan lain yang disebabkan oleh kebiasaan buruk ketika makan.

Apa saja kebiasaan buruk yang sering dilakukan tersebut? Inilah 5 di antaranya:

1. Makan sambil Berjalan

Bagi mereka yang sibuk dan harus bergerak cepat dari satu tempat ke tempat yang lainnya, makan sambil berjalan adalah salah satu alternatif untuk menghemat waktu.

Kebiasaan seperti ini banyak kita temui di jalanan Amerika Serikat dimana tingkat mobilitas seseorang sangat tinggi dan waktu menjadi sangat berharga. Makan sambil berjalan, sambil menyetir atau melakukan aktivitas lainnya ternyata akan membuat Anda lebih cepat lapar.

Hal ini disebabkan oleh fokus Anda yang terpecah sehingga tidak benar-benar menyadari bahwa Anda sedang makan dan gangguan pencernaan yang terjadi akibat sikap dan posisi makan yang salah sehingga dapat dipastikan beberapa jam setelahnya Anda akan kembali lapar dan mencari restoran lain.

READ:  Nanas, Buah Tropis Kaya Manfaat

2. Makan dalam Jumlah Besar

Makan dalam jumlah besar adalah hal yang wajar dialami terutama oleh mereka yang makan sambil menonton televisi, mengobrol atau remaja yang mengalami masa pertumbuhan sehingga mereka butuh nutrisi untuk terus tumbuh. Tetapi makan dalam jumlah besar beresiko menyebabkan obesitas, sehingga perlu Anda ketahui bahwa Anda harus makan dalam jumlah yang benar-benar Anda butuhkan.

Salah satu tips agar Anda benar-benar menyadari jumlah makanan yang Anda makan adalah dengan makan di meja makan. Makan di kamar atau sambil menonton TV justru akan membuat porsi makan Anda meningkat.

3.  Makan sebagai Penghilang Stres

Memakan makanan yang kita sukai dan enak adalah hal menyenangkan. Hal tersebut yang kadangkala membuat seseorang menjadi kecanduan dan ketagihan untuk makan demi mencari rasa senang. Rasa senang yang dihasilkan saat seseorang makan makanan yang mereka sukai dan enak dijadikan sebagai penghilang rasa sakit dan jalan keluar ketika sedang stres.

Hal tersebut yang dialami oleh sebagian besar penderita obesitas dimana mereka merasakan kebahagiaan yang tak terkira dan lupa atas masalah hidup mereka saat mereka berhasil makan apa yang mereka mau.

READ:  Ubah Kebiasaan, Cegah Kanker Serviks Sejak Dini!

4. Makan Tidak Teratur

Semua ahli gizi dan dokter pasti akan menekankan pada Anda pentingnya makan secara teratur. Urutan waktu makan yang harus dilakukan adalah sarapan, makan siang dan makan malam.

Jika Anda melewatkan salah satunya Anda akan kelaparan dan menurunkan kadar gula dalam darah. Makan secara tidak teratur terbukti membuat Anda makan lebih banyak di hari berikutnya dan membuat Anda lebih banyak mengemil yang dapat mengakibatkan kegemukan.

5. Makan Terlalu Malam

Kegiatan makan atau sekadar mengemil di malam hari adalah salah satu kebiasaan buruk yang terjadi pada banyak orang. Kegiatan ini biasanya didukung oleh kegiatan lain seperti menonton televisi atau berselancar di internet.

Makan terlalu larut membuat perut Anda buncit dan kualitas tidur Anda menurun karena organ pencernaan Anda yang seharusnya beristirahat malah terus bekerja. Oleh sebab itu jam makan malam yang dianjurkan adalah di bawah jam 8. Selanjutnya berikanlah waktu bagi sistem pencernaan Anda untuk beristirahat.

(foto: mwpub.com)