6 Makanan yang Perlu Dihindari agar Sistem Reproduksi Selalu Sehat

agar Sistem Reproduksi Selalu SehatSelama ini seringkali kita lupa menjaga kesehatan sistem reproduksi. Kita baru sadar akan pentingnya menjaga kesehatan sistem reproduksi kita ketika penyakit sudah datang mendera.

Banyak sekali penyakit berbahaya yang dapat menyerang sistem reproduksi seseorang, seperti kanker mulut rahim, mioma, endometriosis dan lain sebagainya.

Tentu saja kita tidak menginginkan satu di antara penyakit tersebut datang dan bersarang di tubuh kita. Menjaga kesehatan sistem reproduksi diawali dengan memilih makanan yang kita makan.

Oleh sebab itu, mari kita jaga kesehatan sistem reproduksi kita dengan menghindari 6 jenis makanan ini!

1. Kafein

Sebenarnya konsumsi kafein bukan perlu dihindari melainkan hanya perlu dibatasi, terutama bila Anda sedang dalam program hamil dan ingin memiliki Anak dalam waktu dekat.

Hal ini disebabkan karena kafein dapat berpengaruh terhadap proses pembuahan serta dapat meningkatkan tingkat kecemasan Anda yang menyebabkan kadar hormon yang tidak seimbang. Jika Anda ingin hamil, batasi konsumsi kafein yang berasal dari kopi, cokelat dan minuman bersoda.

2.  Gula

Gula tidak hanya membuat Anda obesitas yang tidak baik bagi sistem reproduksi tetapi dapat juga menganggu kadar gula dalam darah dan level energi Anda. Untuk menjaga sistem reproduksi Anda, jauhilah makanan seperti junk food, konsumsi gula dalam jumlah berlebih dan jauhi penggunaan pemanis buatan.

3. Alkohol

Sebenarnya alkohol tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh, termasuk pada sistem resproduksi Anda. Alkohol mengandung zat yang dapat menyebabkan depresi yang dapat membuat mood dan gejala PMS Anda menjadi berantakan. Tidak hanya itu, ternyata konsumsi alkohol dapat menurunkan peluang kehamilan Anda hingga 50%.

Tidak hanya bagi kaum wanita, penggunaan alkohol bagi kaum pria dapat menurunkan kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan. Oleh sebab itu, bila Anda berniat untuk hamil, pengurangan dan penghentian konsumsi alkohol sebaiknya dilakukan bersama dengan pasangan.

4.  Karbohidrat yang Mudah Dicerna

Mengonsumsi makanan seperti nasi putih, kentang dan roti mengandung banyak karbohidrat yang secara cepat berubah menjadi gula yang dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ketidaksuburan. Sebagai alternatifnya, pilihlah beras merah dan roti gandum yang karbohidratnya tidak mudah berubah menjadi gula.

5.  Makanan yang Terlalu Banyak Lemak

Tubuh kita tidak menyukai makanan berlemak tinggi termasuk juga sistem reproduksi kita. Makanan yang mengandung lemak trans yang cukup tinggi misalnya saja daging merah dan kuning telur. Sebagai alternatifnya, pilihlah makanan yang berasal dari protein nabati dan sayuran untuk mengisi asupan tenaga dalam aktivitas sehari-hari.

6. Jauhi Buah yang Mengandung Pestisida

Pencemaran lingkungan terutama penggunaan pestisida pada beragam tanaman dan buah-buahan dapat menyebabkan perubahan dan ketidakseimbangan hormon. Untuk mencegah pestisida meracuni dan menganggu sistem reproduksi Anda, cucilah buah dan makanan  segar Anda sampai bersih sebelum dikonsumsi. Serta perhatikan sumber air minum Anda agar Anda tidak mengonsumsi minuman yang tercemar dengan bakteri berbahaya.

**

Jadi, bagi Anda yang ingin menjaga sistem reproduksi Anda agar terus sehat, maka hindarilah 6 makanan tersebut, jalani hidup sehat dan jangan lupa berolahraga.

(foto: telegraph.co.uk)

Topik Terkait: , , ,
0 comments