10 Tips dalam Merawat Kulit Sensitifmu!

cara merawat kulit sensitifKulit sensitif juga perlu perawatan. Kulit sensitif terjadi akibat adanya kerusakan antara lapisan epidermis dan lapisan kulit terluar yang menjaga kulit dari beragam bakteri dan polusi perusak kulit yang menyebabkan kulit menjadi rentan.

Dan pada akhirnya menyebabkan kulit mudah terserang iritasi, jerawat, eksim, gatal dan lain sebagainya.

Kulit sensitif kemungkinan besar disebabkan oleh keturunan dari kedua orang tua dan keadaan seperti ini mungkin akan Anda alami seumur hidup.

Tapi jangan khawatir, ada 10 tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit sensitif tetap sehat dan cantik!

1. Gunakan Produk Perawatan yang Simpel

Terlalu banyak menggunakan produk perawatan tidak baik untuk kulit sensitif karena akan membuat kulit lebih rentan akibat bersentuhan dengan bahan kimia. Pilihlah produk perawatan yang mengandung ekstrak tanaman atau buah-buahan.

Minimalkan produk perawatan yang mengandung bahan kimia. Rangkaian produk perawatan seperti: sabun lembut, lotion dan pelembab sudah cukup bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

2. Lembut adalah yang terbaik

Pilihlah semua jenis perawatan kulit berjenis lembut atau gentle. Kulit sensitif mengalami kerusakan pada lapisan perlindungan sehingga lebih baik menggunakan produk yang lembut agar tidak menyakiti kulit sensitif Anda. Jangan pilih dengan jenis scrub karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

READ:  6 Do's and Don'ts dalam Merawat Kulit Sensitif

3. Jangan Gunakan Produk Anti Bakteri

Penelitian di Columbia University mencoba untuk mengetahui kadar kebersihan antara mereka yang mencuci tangan dengan sabun khusus pencuci tangan dan mereka yang mencuci tangan dengan sabun anti bakteri biasa. Ternyata hasil pertumbuhan bakteri di kedua kelompok tersebut tidak jauh berbeda.

Namun demikian, lupakan keinginan Anda menggunakan produk anti bakteri jika Anda berkulit sensitif karena dipastikan dalam produk tersebut mengandung banyak sekali bahan kimia yang dapat membuat kulit Anda kering.

4. Batasi Waktu Mencuci Muka

Mencuci muka ternyata merupakan kegiatan yang membuat kulit wajah Anda semakin kering. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencuci muka sebelum beraktivitas dan sebelum tidur. Hal ini disebabkan, ketika Anda mencuci muka, air pada kulit wajah Anda menguap ke udara dan membuatnya kering.

5. Ketahui Apa yang Buruk bagi Kulit Anda

Jangan sembarangan memilih produk perawatan kulit karena tidak semua kandungannya bersahabat dengan kulit sensitifmu. Ada beberapa kandungan produk yang baik bagi kulit normal tetapi dapat memperburuk keadaan bila digunakan pada kulit yang sensitif. Kandungan yang perlu dihindari bagi Anda yang memiliki kulit sensitif adalah: aseton, alkohol, bronopol dan lactic acid.

READ:  Kulit Sensitif dan Perawatannya

6. Hindari Wewangian dan Pewarna pada Sabun

Warna dan aroma yang menarik pada sabun yang Anda gunakan ternyata tidak akan membantu bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Ternyata wewangian dan pewarna pada sabun dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Oleh sebab itu, hindari penggunaan sabun yang mengandung: bubuk kayu manis, menthol dan lavender.

7. Lupakan Busa saat Berendam

Bagi sebagian orang berendam di dalam air berisi busa adalah suatu hal yang memberikan efek relaksasi sehingga mampu menghilangkan stres. Tapi menggunakan produk yang menghasilkan banyak busa ternyata akan mengiritasi dan merusak kulit sensitif karena produk yang menghasilkan banyak busa tersebut sebagian besar terdiri dari deterjen dan parfum.

8.  Jangan Lupakan Pelembab

Membersihkan kulit ternyata tidaklah cukup bagi kulit sensitif. Lindungi juga kulit sensitif dari bahaya alergi dan cuaca ekstrem dengan pelembab untuk melindunginya. Gunakan pelembab pada kulit wajah dan tubuh untuk membantu melindungi lapisan kulit dari beragam serangan cuaca.

9. Mandi Cukup 10 Menit

Ternyata mengadakan kontak kulit sensitif dengan beragam produk perawatan tubuh terlalu lama akan membuat kulit sensitif semakin tersiksa. Oleh sebab itu ilmuwan menganjurkan, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif untuk mandi tidak lebih dari 10 menit setiap harinya.

READ:  Tips Menjaga Pernikahan Selalu Bahagia

10. Konsumsi Vitamin dan Buah yang Baik Untuk Kulit

Menjaga dan melindungi kulit sensitif ternyata tidak hanya perlu dilakukan dari luar saja melainkan juga dari dalam tubuh. Bagaimana caranya? Konsumsi vitamin yang baik untuk kulit seperti vitamin A, C dan E. Serta makanlah buah-buahan yang baik untuk kulit seperti nanas, apel, aprikot, alpukat dan lemon.

(foto: realbeautysalon.com.au)