7 Keunggulan dan Manfaat Susu Kedelai Bubuk

Manfaat Susu Kedelai BubukDi balik namanya, susu kedelai bukanlah produk yang berasal dari susu. Susu kedelai merupakan hasil olahan dari kacang kedelai yang direbus, dihancurkan dan disaring airnya.

Susu kedelai sudah dikenal luas oleh masyarakat dunia sebagai salah satu alternatif minuman yang menyenangkan dan menyehatkan. Susu kedelai tidak lagi hanya berbentuk cair melainkan juga terdapat dalam bentuk bubuk yang lebih efisien dan tahan lama.

Cara membuat susu kedelai bubuk pun sangat mudah, hanya perlu merebus sari kedelai hingga menjadi padat. Meskipun bersaing dengan produk olahan susu lainnya, susu kedelai kini semakin banyak diminati oleh banyak lapisan masyarakat karena rasanya yang enak (dapat divariasikan dengan beragam rasa buah) dan mengandung gizi yang cukup tinggi.

Yuk kita bahas lebih jauh mengenai keunggulan dan manfaat dari susu kedelai bubuk berikut ini:

1. Aman Bagi Vegetarian

Karena tidak mengandung susu atau protein hewani lainnya, susu kedelai bubuk aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani diet atau mereka yang vegetarian.

READ:  Inilah Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Bagi mereka yang sedang diet, susu kedelai mengandung lebih sedikit karbohidrat dibandingkan dengan susu sapi. Sementara bagi mereka yang vegetarian, susu kedelai bubuk dapat dijadikan sebagai pengganti susu sapi dalam konsumsi susu sehari-hari.

2. Tidak Mengandung Kolesterol

Tidak seperti produk olahan susu lainnya, susu kedelai bubuk tidak mengandung kolesterol. Sehingga sangat baik bagi mereka yang ingin mengatur atau menurunkan kadar kolesterol mereka. Tidak hanya itu, susu kedelai bubuk juga dapat membantu perkembangan kolesterol baik dalam darah yang berguna menekan jumlah kolestrol jahat.

3. Sumber Serat yang Baik

Ketika susu sapi biasa tidak mengandung serat sama sekali, susu kedelai bubuk mengandung serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan dan dapat membantu gizi bagi mereka yang sedang menjalani diet agar tidak mudah lapar. Susu kedelai bubuk mengandung 2 gram serat setiap penyajiannya.

4. Mengandung Banyak Sekali Vitamin

Susu kedelai bubuk mengandung banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin B dan E. Disisi lain, susu kedelai bubuk mengandung jumlah protein yang tinggi sehingga bermanfaat bagi pertumbuhan tubuh yang maksimal.

READ:  Yuk Kenali Manfaat Susu Kedelai untuk Diet!

5. Mengandung Zat Anti Kanker

Susu kedelai bubuk dan semua produk olahan kedelai lainnya mengandung zat isoflavon yang berkhasiat untuk melawan sel-sel kanker. Zat seperti ini hanya ditemukan di minuman atau makanan non fermentasi seperti susu kedelai bubuk misalnya.

6. Rasanya yang Enak dan Bervariasi

Seiring dengan pamornya yang kian meningkat, susu kedelai bubuk kini semakin digemari oleh masyarakat luas. Banyak sekali inovasi dan kreasi yang diciptakan guna menarik minat masyarakat mengonsumsi susu kedelai bubuk misalnya saja dengan mencampurkannya dengan beraneka ragam rasa buah-buahan seperti pisang dan strawberry.

7. Memberi Banyak Kemudahan

Setelah dikemas dalam bentuk bubuk, susu kedelai kini semakin memberi kenyamanan dan kemudahan bagi para penggemarnya. Misalnya saja, semakin praktis dan mudah disimpan, memiliki umur yang lebih tahan lama, dapat dijadikan sebagai alternatif bahan makanan pengganti susu dan lain sebagainya.

Meskipun dari segi rasa, susu kedelai bubuk memiliki rasa yang kuat dan unik, pada beberapa resep makanan seperti tahu, susu kedelai bubuk mampu memberikan cita rasa yang berbeda.