Tanamkan 10 Kebiasaan Sehat Ini Sejak Dini

Kebiasaan Sehat AnakSebagai orangtua, Anda menurunkan lebih dari gen pada anak-anak Anda. Anak-anak mengambil kebiasaan Anda, baik maupun buruk.

Tunjukkan pada anak Anda bahwa Anda peduli pada mereka dengan memberikan nasehat kesehatan berikut.

Dari pentingnya makan sehat dan berolahraga hingga membaca dan menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman-teman, ada banyak yang perlu diketahui mengenai hidup sehat, dilansir dari Healthline.com.

Kebiasaan 1: Membuat Makanan Lebih Berwarna

Mengonsumsi makanan dengan warna yang berbeda tidak hanya menyenangkan, ia juga memberikan manfaat kesehatan. Bantu anak-anak Anda memahami nilai gizi termasuk warna-warni makanan dalam diet biasa mereka.

Tidak berarti setiap makanan harus berwarna-warni. Tapi Anda harus melakukan upaya untuk menggabungkan berbagai buah-buahan dan sayuran yang berbeda warna – dari merah, biru, dan jingga, kuning, hijau, dan putih – ke dalam diet mereka.

Kebiasaan 2: Jangan Lewatkan Sarapan

Menanamkan rutinitas waktu makan sejak kecil dapat membantu membuatnya lebih mungkin melanjutkan kebiasaan baik ini ketika mereka lebih tua. Ajarkan mereka bahwa sarapan rendah lemak tidak hanya menendang – namun juga memulai otak dan energi mereka, dan bantu mereka menjaga berat badan dan menjauhkan penyakit kronis.

Harvard Medical School menegaskan bahwa pergi tanpa sarapan berkorelasi dengan empat kali kemungkinan obesitas. Dan serat yang tinggi pada sereal dapat membantu mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung.

Kebiasaan 3: Pilih Aktivitas Fisik Menyenangkan

Tidak semua anak mencintai olahraga – beberapa mungkin takut saat kelas olahraga – tetapi ketika anak-anak menemukan kegiatan fisik yang mereka nikmati, tetap sehat dan aktif menjadi lebih mudah. Dan mereka dapat membawanya hingga dewasa.

READ:  10 Kebiasaan Sehat Keluarga Sehat

Jika anak Anda belum menemukan olahraga yang mereka sukai, dorong mereka untuk terus mencoba. Paparkan mereka dengan berbagai kegiatan fisik seperti berenang, memanah, dan senam. Mereka pasti akan menemukan sesuatu yang mereka nikmati.

Kebiasaan 4: Jangan Jadi Pemalas

Ajaklah anak Anda keluar dan bukannya malas-malasan di sofa. Mayo Clinic melaporkan bahwa anak-anak yang menonton lebih dari satu atau dua jam TV dalam sehari memiliki resiko lebih besar untuk sejumlah masalah kesehatan, termasuk:

– Penurunan kinerja di sekolah
– Kesulitan perilaku , termasuk masalah emosional dan sosial dan – Gangguan perhatian
– Obesitas atau kelebihan berat badan
– Tidur tidak teratur , termasuk sulit tidur dan menolak tidur
– Sedikit waktu untuk bermain

Kebiasaan 5: Membaca Setiap Hari

Mengembangkan keterampilan membaca yang kuat merupakan komponen penting dari keberhasilan anak Anda di sekolah saat ini, dan di tempat kerja di kemudian hari. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), rutinitas membaca keluarga sehari-hari membantu pengembangan literasi anak-anak.

AAP menyebut keterampilan membaca sebagai “dasar untuk keberhasilan akademis anak-anak,” dan menunjukkan bahwa membaca setiap hari bagi anak-anak harus dimulai di usia enam bulan. Pilih buku yang anak-anak Anda sukai sehingga mereka memandang membaca sebagai hadiah dan bukannya sebuah tugas.

READ:  Brokoli: Si Hijau Kaya Manfaat Kesehatan

Kebiasaan 6: Minum Air, Bukan Soda

Anda dapat menyimpan pesan yang sederhana: air menyehatkan, minuman ringan tidak menyehatkan. Bahkan jika anak-anak Anda tidak memahami alasan mengapa terlalu banyak gula buruk bagi mereka, Anda dapat membantu mereka memahami dasar-dasarnya.

Misalnya, menurut American Heart Association (AHA), gula dalam cola tidak memberikan nutrisi dan menambahkan kalori yang dapat menyebabkan masalah berat badan. Air, di sisi lain, adalah sumber daya penting bagi manusia dan tidak dapat hidup tanpanya.

Kebiasaan 7: Lihatlah Label (Label Makanan, Bukan Desain)

Sementara anak-anak Anda (khususnya pra-remaja dan remaja) mungkin peduli pada label pakaian mereka, ada jenis lain dari label yang lebih penting untuk kesehatan mereka: label nutrisi makanan.

Tunjukkan pada anak-anak bagaimana makanan kemasan favorit mereka memiliki label dengan informasi penting mengenai nutrisi. Fokus pada beberapa bagian penting dari label (seperti jumlah kalori per porsi, jumlah lemak jenuh dan lemak trans, dan gram gula) untuk menghindari penumpukannya.

Kebiasaan 8: Nikmati Makan Malam Keluarga

Dengan jadwal keluarga yang sibuk, sulit untuk menemukan waktu untuk duduk dan menikmati makan bersama, tapi itu layak untuk dicoba. Menurut University of Florida, penelitian telah menunjukkan bahwa berbagi makan keluarga berarti bahwa:

– Ikatan keluarga semakin kuat
– Anak-anak lebih menyesuaikan
– Semua orang makan lebih banyak makanan bergizi
– Anak-anak kurang cenderung menjadi gemuk atau kelebihan berat badan
– Anak-anak kurang cenderung untuk menyalahgunakan obat-obatan atau alkohol

READ:  7 Rahasia Cegah Penuaan Dini

Kebiasaan 9: Menghabiskan Waktu dengan Teman

Persahabatan sangat penting untuk perkembangan kesehatan anak usia sekolah, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Florida. Bermain dengan teman mengajarkan keterampilan sosial anak-anak yang berharga seperti komunikasi, kerjasama, dan pemecahan masalah. Memiliki teman-teman juga dapat mempengaruhi kinerja mereka di sekolah.

Dorong anak-anak Anda untuk mengembangkan berbagai pertemanan dan bermain lebih sering dengan teman-temannya. Ini akan membekalinya dengan keterampilan hidup yang dapat mereka andalkan di tahun-tahun mendatang.

Kebiasaan 10: Tetap Positif

Sangat mudah bagi anak-anak untuk berkecil hati ketika sesuatu tidak berjalan seperti keinginan mereka. Membantu mereka belajar ketahanan dengan menunjukkan pentingnya untuk tetap positif. Menurut Canadian Mental Health Association, anak-anak maupun orang dewasa bisa mendapatkan keuntungan dari berpikir positif dan hubungan baik.

Bantu anak-anak Anda mengembangkan harga diri yang sehat dan pola pikir positif dengan mengajarkan mereka mencintai, cakap, dan unik – tidak peduli apa tantangan yang mereka hadapi.