Cari Tahu Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Pengobatannya

Mengatasi hidung tersumbatBanyak orang berpikir bahwa hidung yang tersumbat disebabkan karena adanya terlalu banyak lendir tebal pada rongga hidung.

Namun, dalam banyak kasus, hidung menjadi tersumbat ketika jaringan lapisan hidung membengkak.

Pembengkakan ini disebabkan pembuluh darah yang meradang.

Hidung tersumbat merupakan gejala dari masalah kesehatan lain, seperti infeksi sinus, tetapi juga dapat disebabkan oleh flu biasa.

Gejala Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat ditandai dengan:

• Hidung meler
• Nyeri sinus
• Penumpukan lendir
• Jaringan hidung membengkak

Pengobatan rumah mungkin cukup untuk meringankan hidung tersumbat, terutama jika disebabkan oleh flu biasa. Namun, jika Anda mengalami kemacetan kronis (jangka panjang), Anda harus segera mencari perawatan medis.

Penyebab Hidung Tersumbat

Penyakit ringan adalah penyebab paling umum dari hidung tersumbat. Misalnya, pilek, flu, dan infeksi sinus, semua itu bisa menyebabkan hidung Anda tersumbat. Hal ini menandakan bahwa ada kemacetan di dalamnya, dan para ahli mengungkapkan bahwa kemacetan akan penyakit terkait biasanya membaik dengan sendirinya dalam kurun waktu satu minggu.

Kemacetan yang berlangsung selama lebih dari satu minggu sering menunjukkan masalah kesehatan lainnya. Beberapa akibat Anda mengalami hidung tersumbat jangka panjang mungkin karena:

• Alergi
• Alergi serbuk bunga
• Polip hidung (pertumbuhan non-kanker pada saluran hidung atau sinus yang disebabkan oleh peradangan)
• Eksposur kimia
• Iritasi lingkungan
• Sinusitis kronis (infeksi sinus tahan lama)
• Tumor (biasanya jinak, atau non-kanker, yang dapat menyebabkan kemacetan jika tumbuh dalam saluran hidung)
• Septum menyimpang (struktur yang memisahkan kedua sisi hidung tidak terletak di tengah hidung)

Hidung tersumbat juga dapat terjadi selama kehamilan, paling sering pada saat akhir trimester pertama. Kemacetan hidung ini dapat disebabkan oleh fluktuasi hormonal dan peningkatan suplai darah yang terjadi selama kehamilan. Perubahan ini dapat mempengaruhi membran hidung, menyebabkannya menjadi meradang, kering, atau berdarah.

Pengobatan Dengan Cara Alami

Pengobatan rumah dapat sangat membantu ketika Anda menderita hidung tersumbat. Humidifier atau pelembab ruangan yang mampu menambah kelembaban udara dapat membantu untuk memecah lendir dan menenangkan saluran hidung meradang. Namun, jika Anda memiliki asma, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan humidifier.

Menopang kepala Anda di atas bantal juga bisa mendorong lendir mengalir keluar dari hidung Anda. Disamping itu, beberapa pengobatan alami untuk hidung tersumbat lainnya seperti berikut ini:

1. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat adalah hal paling efektif untuk mengobati hidung tersumbat. Setiap kali Anda merasa hidung Anda mengalami kemacetan, yang harus Anda lakukan adalah mandi uap sesegera mungkin. Kumpulkan uap dari air hangat dalam kamar mandi Anda. Cara pengobatan ini dapat mengistirahatkan rongga hidung yang tersumbat dan memberikan kenyamanan instan.

2. Teh Herbal
Ada banyak teh herbal yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu pengobatan alami, teh herbal sangat efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Anda dapat membuat teh herbal di rumah dengan menggunakan jahe, kayu manis, jus lemon, madu, dan mint yang membantu untuk memecahkan dehidrasi dan membersihkan rongga hidung. Teh herbal juga membantu untuk mengencerkan lendir dan mencegah sinus.

3. Makanan Pedas
Mengkonsumsi makanan pedas benar-benar sangat baik bila Anda menderita hidung tersumbat. Makanan pedas dapat membantu meningkatkan aliran lendir di rongga hidung. Jadi, cobalah untuk menambahkan beberapa cabai panas pada masakan Anda.

4. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih adalah obat yang bermanfaat untuk menyembuhkan hidung tersumbat. Ambillah beberapa tetes minyak kayu putih kemudian tuangkan ke sebuah handuk kecil, menghirup aromanya dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Anda juga bisa meneteskan minyak kayu putih di atas bantal tidur Anda.

5. Jus Tomat Hangat
Ambil satu cangkir jus tomat hangat. Tambahkan satu sendok makan bawang putih yang telah dicincang, setengah sendok makan saus panas, satu sendok makan jus lemon dan sedikit garam. Masukkan campuran tersebut di dalam microwave sampai hangat. Pengobatan alami ini dapat mengatasi hidung tersumbat dengan cepat.

Pengobatan Medis

Kadang-kadang, pengobatan rumah tidak cukup untuk mengatasi hidung tersumbat, terutama jika gejala Anda disebabkan oleh kondisi kesehatan lain. Dalam kasus ini, pengobatan medis yang segera mungkin diperlukan, apalagi jika kondisi Anda telah mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apabila Anda telah mengalami hidung tersumbat lebih dari seminggu, segera lakukan konsultasi ke dokter. Setelah dokter menentukan penyebab hidung tersumbat, ia kemudian dapat merekomendasikan rencana pengobatan yang tepat.

(foto: buzzle.com)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *