7 Cara Membebaskan Diri dari Sakit Tenggorokan!

Mengatasi Sakit TenggorokanRasa tidak nyaman yang dirasakan pada tenggorokan seperti rasa nyeri saat menelan, tenggorokan panas, terasa kering maupun tenggorokan gatal adalah penyakit ringan yang kadang dapat menganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Biasanya hal tersebut adalah gejala awal dari beberapa penyakit seperti demam, flu, panas dalam dan mungkin gangguan yang lebih serius seperti radang tenggorokan.

Apapun itu, sakit tenggorokan dapat membuat nafsu makan hilang, tubuh lemas dan menganggu aktivitas Anda.

Ada 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk membebaskan diri Anda dari sakit tenggorokan, antara lain:

1.  Berkumur dengan Air Garam

Beberapa penelitian menemukan bahwa berkumur dengan air garam dapat membasmi berbagai bakteri yang berada pada wilayah mulut dan tenggorokan Anda. Dokter menganjurkan mencampur setengah sendok teh garam pada segelas air untuk berkumur.

Jika rasa asinnya tidak menyenangkan buat Anda, Anda dapat menambahkan satu sendok makan madu atau perasan air jeruk nipis. Kumurlah sekitar 3 hingga 5 menit setiap hari untuk meredakan sakit tenggorokan Anda.

2. Permen Pelega Tenggorokan

Mengemut permen pelega tenggorokan memang tidak akan menyembuhkan secara total sakit tenggorokan yang Anda derita, tetapi dapat mengurangi rasa sakit tersebut selama beberapa saat.

READ:  Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

Mengapa? Karena permen pelega tenggorokan mengandung menthol dan eucalyptus yang membantu mendinginkan dan melembabkan tenggorokan kering Anda.

3. Minum Banyak Cairan

Tetap terhidrasi dengan cairan sangatlah penting terutama bila Anda mengalami sakit tenggorokan. Hal tersebut dikarenakan cairan dapat membantu proses penyembuhan tenggorokan yang teriritasi dan meradang.

Cara mengetahui bahwa tubuh Anda cukup cairan adalah dengan memastikan bahwa urin Anda berwarna bening dan tidak gelap. Anda bisa meminum apa saja selama sakit tenggorokan tetapi kurangi yang mengandung banyak gula karena dapat menempel pada dinding tenggorokan yang dipenuhi lendir.

Biasanya selain air putih, jus buah seperti semangka dan jeruk dapat membantu penyembuhan sakit tenggorokan Anda.

4.  Minum Secangkir Teh

Ternyata secangkir teh hangat dapat memberikan efek menenangkan pada diri dan tenggorokan Anda. Teh yang baik untuk mengobati sakit tenggorokan adalah teh hijau, hitam atau teh herbal lainnya.

Teh tawar atau teh tanpa gula adalah yang terbaik karena dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati infeksi pada tenggorokan.

READ:  Aneka Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

5.  Makan Sup Ayam

Makanan hangat memang bisa menjadi salah satu cara melegakan tenggorokan Anda karena membantu membasmi bakteri yang menempel disana. Salah satu makanan yang lezat dan dapat membantu Anda dalam proses penyembuhan adalah sup ayam. Selain baik bagi sakit tenggorokan, sup ayam hangat baik bagi Anda yang terserang flu, mual atau sakit kepala.

6.  Istirahat yang Cukup

Sebagian besar dari sakit tenggorokan yang Anda derita bukanlah penyakit yang sebenarnya terjadi melainkan adalah gejala dari penyakit utama seperti demam dan flu. Demam ternyata dapat terjadi akibat kelelahan fisik dan pikiran sehingga sangat disarankan bagi Anda yang mengalami sakit tenggorokan untuk beristirahat untuk memulihkan kesehatan Anda.

7. Antibiotik

Sakit tenggorokan juga dapat terjadi akibat adanya bakteri yang masuk dan bersarang ditenggorokkan seperti bakteri Streptococcus pyogenes. Jika Anda memang mengalami sakit tenggorokan akibat pola hidup tidak bersih (bukan karena virus), maka dokter akan memberikan Anda resep antibiotik untuk membantu membasmi bakteri jahat pada tenggorokan Anda.

READ:  Ini Dia Tips Mencegah Virus MERS Saat Bepergian

(foto: nationalnursingreview.com)