10 Kebiasaan Sehat Keluarga Sehat

Kebiasaan Keluarga SehatMemulai pribadi yang sehat dan kuat dimulai dari lingkungan terdekat kita yaitu keluarga.

Tanpa kita sadari banyak sekali pengaruh dari keluarga yang kita dapatkan dan kita bawa dalam kehidupan sehari-hari.

Kesehatan keluarga ternyata bergantung pada beberapa kebiasaan baik yang harus diterapkan sejak dini.

Apa saja kebiasaan baik keluarga sehat tersebut? Inilah 10 di antaranya:

1. Kerjasama Tim

Bagaimanapun sebuah keluarga adalah sebuah tim yang harus kompak. Kekompakan dibutuhkan untuk membentuk sebuah keluarga yang sehat karena esadaran untuk memulai pola hidup yang sehat tidak bisa hanya dijalani oleh ibu atau ayah.

Seluruh anggota keluarga harus terlibat dalam kebiasaan baik untuk tetap sehat. Dengan adanya kerjasama dari seluruh anggota keluarga, maka kesehatan keluarga secara menyeluruh dapat terwujud.

2. Jadwal Makan yang Teratur

Jangan biarkan keluarga Anda kelaparan atau memiliki jadwal makan yang berantakan. Mengapa demikian? Karena waktu makan yang berantakan dapat membuat rasa lapar lebih cepat terjadi dan membuat anak suka mengemil, jajan sembarangan dan bisa mengurangi kualitas tidur anak Anda. Pastikan keluarga Anda sarapan, makan siang dan makan malam secara teratur.

READ:  5 Tips dan Cara Membantu Anak Belajar Bahasa Asing

3. Menu Sederhana Namun Kaya Gizi

Menurut Dr.Oz (salah satu dokter terkenal di Amerika dan sering muncul dalam talkshow Oprah Winfrey), menu sarapan yang baik saat sarapan adalah sereal dan susu. Hindari makanan yang terlalu mengenyangkan saat sarapan.

Sementara untuk makan siang, dianjurkan makan banyak sayuran seperti sup dan untuk makan malam, Anda bisa membuat masakan yang lebih bervariasi untuk menghindari kebosanan.

4. Olahraga di Rumah

Mengapa di rumah? Hal tersebut karena banyak sekali orang yang sangat sibuk bekerja sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Saat yang dianjurkan untuk olahraga adalah setelah bangun pagi, sebelum mandi dan sarapan.

Waktu yang dianjurkan adalah 20 menit dan olahraga yang dapat dilakukan adalah lompat tali, berjalan di sekitar rumah atau push up dan sit up.

5. Sadari Apa yang Anda Makan

Biasanya kesalahan tersebut dimulai saat Anda melakukan kegiatan belanja bulanan di supermarket. Tanpa Anda sadari Anda membeli begitu banyak makanan instan yang tidak hanya mengandung pengawet tetapi juga mengurangi gizi dan nutrisi yang dibutuhkan keluarga Anda.

READ:  Mencegah Kekerasan Pada Anak

Selalu siapkan kertas berisi barang keperluan Anda selama sebulan dan kurangi membeli makanan instan maupun kalengan. Makanan segar jauh lebih baik.

6. Makan Bersama

Sarapan atau makan malam bersama keluarga di meja makan baik bagi ikatan emosional antar anggota keluarga. Selain sebagai ajang interaksi, makan bersama juga dapat meningkatkan kualitas makan karena masing-masing dari anggota keluarga memilih dan memahami benar apa yang mereka konsumsi yakni makanan yang diolah sendiri, bukan junk food.

7. Bermain Bersama

Sempatkanlah waktu setidaknya seminggu sekali untuk bermain dan berkeringat bersama Anak-anak Anda. Bermain bersama Anak dapat melatih kekuatan otot, membangun hubungan emosional serta mencegah penuaan diri karena bermain bersama Anak terbukti mampu menghilangkan stres.

8. Jam Tidur yang Teratur

Tidur kurang dari 7 jam beresiko membuat Anda terkena serangan jantung dan stroke. Oleh sebab itu penting bagi Anda membiasakan Anak-anak dan diri Anda sendiri untuk tidur pada waktu yang ditentukan setiap hari. Biasanya para orang tua memilih jam 9 malam sebagai jam tidur dan bangun pada jam 6 pagi.

READ:  7 Tips Berekreasi ke Museum

9. Seks yang Berkualitas

Hubungan Anda dan pasangan Anda di ranjang ikut menjadi salah satu faktor penentu kesehatan. Seks yang disarankan adalah 2 kali seminggu. Seks membantu Anda terhindar dari stres dan menjalin hubungan yang lebih harmonis dengan pasangan Anda.

10. Camilan yang Sehat

Tidak semua camilan buruk bagi kesehatan. Ada beberapa jenis makanan yang dapat Anda jadikan camilan yang menyehatkan, di antaranya : almond, yogurt, oatmel dan cokelat asli (tanpa gula). Camilan tersebut dapat Anda sediakan untuk mengisi waktu luang atau menemani kegiatan santai Anda sehari-hari.