Blueberry, Buah Super untuk Otak Cerdas!

Loading...

Manfaat BlueberryBlueberry masih terbilang jarang di pasaran Indonesia. Karena buah ini bukan tergolong buah tropis. Blueberry berasal dari Amerika Utara yang beriklim dingin. Juga tumbuh di daerah dingin seperti Selandia Baru dan Australia bagian Selatan serta Eropa.

Buah yang termasuk dalam genus Vaccinium, berbentuk semak yang berukuran 10 cm sampai 4 m. Bisa hidup liar maupun dibudidayakan. Blueberry liar biasanya memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.

Daunnya berganti dan seringkali hijau sepanjang tahun. Bunganya berbentuk  bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan. Buahnya berwarna biru hingga kehitaman.

Untuk mendapatkannya, biasanya dijual di supermarket besar karena buah ini tergolong impor. Harganya juga terbilang cukup mahal. Berkisar Rp35.000-Rp50.000 per kemasan. Tapi khasiat buah blueberry sangat luar biasa.

 Nutrisi Otak

Makan semangkuk Blueberry saat sarapan terbukti mampu mempertahankan stamina selama seharian. Juga menghilangkan rasa lesu yang biasanya muncul pada sore hari. Banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat Blueberry yang sangat hebat sehingga disebut sebagai buah super. Dapat meningkatkan memori dan konsentrasi selama lima jam.

READ:  Apa itu Psoriasis?

Dalam proses penelitian, sukarelawan yang meminum smoothie Blueberry pada pagi hari terbukti mampu mengerjakan pekerjaan “berpikir” yang lebih baik hingga sore hari daripada mereka yang mengonsumsi minuman lain. Para ilmuwan memperkirakan antioksidan Blueberry merangsang aliran darah dan oksigen ke otak sehingga menjaga pikiran tetap segar.

Artinya, buah ini sangat cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan kemampuan otak untuk menempuh ujian, menangkal stres dan mengatasi masalah-masalah sulit di tempat kerja.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan hanya sedikit perbedaan dalam hal fokus setelah satu jam, namun setelah lima jam, perbedaannya sangat mencolok sekitar 14-21 persen. Mereka yang meminum jus Blueberry memiliki kemampuan fokus yang lebih tinggi 14-21 persen ketimbang yang meminum jenis minuman lain.

Blueberry sangat kaya akan vitamin C dan E. ia juga salah satu sumber makanan yang mengandung antioksidan flavonoid tertinggi. Flavonoid ditemukan juga dalam anggur, teh hijau, anggur dan kakao. Jadi, buah ini juga tergolong anti kanker.

Dalam sebagai studi pada hewan, dibuktikkan bahwa blueberry bisa melindungi otak dari stres, demensia dan Alzheimer. Tikus yang diberi Blueberry dapat mengembangkan kemampuan motorik yang lebih tinggi ketimbang yang tidak diberikan buah ini.

READ:  8 Cara Menjaga Perut Tetap Bersih

Lindungi Otak Dari Penyakit

Hasil penelitian menyebutkan efek suplemen blueberry berpengaruh pada mereka yang semakin menua dalam hal memori, struktur dan fungsi otak serta penanda biologi yang berhubungan dengan degenerasi neuron. Buah ini bekerja mengurangi kecepatan penurunan fungsi otak pada mereka yang lanjut usia.

Tidak hanya itu, menambahkan blueberry dalam diet Anda dapat membangun suasana hati yang bahagia dan meningkatkan fungsi memori pada orang dewasa. Juga mampu mencegah kepikunan dini.

Pada remaja, blueberry organik memiliki dampak pada anak dan remaja. Sebuah studi melihat hubungan antara konsumsi blueberry  pada remaja.

Konsumsi minuman yang mengandung blueberry pada anak-anak usi 7-9 tahun menunjukkan perubahan menarik dalam kinerja kognitif, di mana terbukti terjadi perbaikan ingatan menjadi lebih kuat dan fokus. Camilan blueberry kering sangat efektif membuat otak Anda dan anak Anda bekerja lebih cerdas dan keras.

(foto: parenting.blogs.nytimes.com)