Inilah 17 Manfaat Garam yang Mengejutkan

Loading...

manfaat garamPara ahli kesehatan sering menyebut garam sebagai racun putih, atau makanan yang diam-diam dapat membunuh jika digunakan terlalu banyak.

Memang, garam akan membahayakan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Jadi gunakankanlah garam untuk hal-hal di bawah ini dan Anda akan mendapatkan manfaat garam yang tidak pernah Anda duga:

1. Atasi mata bengkak

Rendam kain di dalam satu cangkir air hangat yang telah dilarutkan dengan setengah sendok teh garam. Gunakan untuk kompres mata yang lelah.

2. Mengelupas kulit mati

Setelah mandi atau saat sedang mandi, gosokkan garam untuk mengelupas kulit mati pada bagian kulit yang kering seperti lutut, atau tumit.

3. Memijat wajah

Campurkan garam dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1. Aplikasikan ke wajah dan leher, lalu dipijat. Cuci dengan air dan sabun. Kulit akan semakin bersinar.

4. Memutihkan gigi

Campurakan garam dan baking soda dengan perbandingan 1:1, dan gunakan untuk membersihkan gigi. Melindungi gigi dari plak. Campuran ini bersifat abrasif atau mengikis gigi, jadi jangan digunakan setiap hari.

READ:  Manfaat Garam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Mandi

Beberapa cangkir garam dalam bak mandi membantu mengendurkan otot yang sakit. Anda dapat meningkatkan keampuhannya dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial yang menenangkan.

6. Melawan ketombe

Sebelum mandi, pijat kepala Anda dengan garam untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan ketombe di kepala. Lalu, cuci rambut Anda dengan sampo biasa.

7. Membersihkan kuningan

Campurkan masing-masing satu cangkir tepung putih, garam, dan cuka putih. Gunakan untuk menggosok kuningan. Lalu biarkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan kain basah.

8. Membersihkan karpet

Campuran satu cangkir garam dengan empat gelas alkohol, lalu gosokkan dengan lembut ke karpet dan permadani. Bisa digunakan untuk menghilangkan minyak yang menempel pada permadani.

9. Menghilangkan noda Wine

Jika Anda menumpahkan anggur merah pada karpet atau taplak meja, maka bersihkan dengan lap, kemudian bubuhi dengan garam untuk menyerap sisanya. Setelah kering, bilas dengan air dingin, lalu biarkan kering.

10. Membuat spons tahan lama

Rendam spons dalam air dingin yang campurkan dengan segenggam garam untuk membuat spons Anda lebih awet.

READ:  Garam dan Efeknya Bagi Kesehatan

11. Membersihkan besi

Jika besi terasa lengket, taburkan garam pada tisu dan gunakan untuk membersihkan besi tadi.

12. Mencegah gulma

Jika Anda melihat gulma atau rumput liar tumbuh di antara ubin Anda, taburkan garam di tempat tersebut untuk menyingkirkan gulma secara alami.

13. Membersihkan minyak

Campurkan garam dengan lemon atau jeruk nipis, lalu gunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga yang berminyak.

14. Menghilangkan noda kopi dan teh

Jika gelas atau mug Anda terlihat kotor karena noda kopi atau teh, maka gunakan garam untuk membersihkannya.

15. Membersihkan kulkas

Gunakan campuran soda dan garam untuk menggosok bagian dalam kulkas. Scrub ini akan menghilangkan lemak, noda dan bau.

16. Menghilangkan bau wastafel

Larutkan satu cangkir garam di dalam satu setengah cangkir air mendidih, lalu tuangkan ke wastafel untuk menghilangkan bau dan kuman berbahaya.

17. Membuat perak kembali mengkilap

Gosok perak Anda dengan kain kering yang dibubuhi garam, maka perak Anda kembali mengkilap.

(foto: beekman1802.com)