Ini Kriteria Ketika akan Membeli Sepeda Baru

Memilih SepedaSejak pertama kali masuk ke Indonesia pada awal tahun 1900-an, sepeda sebagai alat transportasi telah berkembang sedemikian rupa.

Bermacam jenis sepeda telah banyak diproduksi guna memenuhi fungsi dan kebutuhan setiap penggunanya.

Mulai dari sepeda klasik seperti sepeda onta yang digunakan orang Eropa pada masa perang dunia; sepeda gunung (Mountain Bike/MTB) dan sepeda balap (Road bike) yang digunakan untuk olahraga; City bike atau yang dikenal sepeda keranjang/sepeda mini; sepeda lipat (Folding bike); hingga sepeda lifesyele seperti BMX, fixie atau lowrider dengan beragam keunikan bentuknya.

Jika anda berniat membeli sepeda, jangan sekali-kali anda memilih sepeda hanya berdasarkan bentuk atau model yang anda sukai, namun tanpa mengetahui fungsi serta kegunaan dari sepeda itu sendiri. Sebab bisa-bisa anda justru akan menyesal atau bahkan kapok mengendarai sepeda.

Setiap jenis sepeda tentulah memiliki spesifikasi dan kegunaan masing-masing. Sepeda fixie atau sepeda mini tentu tidak dapat digunakan untuk menaiki atau menuruni lereng gunung. Begitu juga sebaliknya, sepeda MTB dengan fitur lengkap yang sangat mahal akan sayang jika hanya digunakan untuk berbelanja sayur di pasar.

Karena itulah memilih sepeda harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih dan mebeli sepeda.

READ:  Cara Merawat Mobil Avanza Manual

Sesuaikan jenis sepeda dengan keperluan anda

Jika anda memakai sepeda sekedar untuk keperluan sehari-hari seperti ke pasar atau membeli makanan, maka pilihlah jenis City bike. Jika anda memakai sepeda untuk berangkat bekerja dengan berganti transportasi lain, maka anda dapat menggunakan Folding Bike yang dapat dilipat.

Sementara jika anda memakai sepeda untuk touring antar kota atau olahraga naik-turun gunung tak bisa lain anda harus menggunakan Road Bike atau MTB.

Sesuaikan medan jalan dengan komponen atau kelengkapan sepeda

Setelah mengetahui jenis sepeda yang hendak anda pilih, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan komposisi atau komponen sepeda tersebut dengan medan yang ada. Hal ini tentu sangat bergantung dari medan yang akan anda lalui. Apalah medan itu berupa jalan aspal mulus, aspal berlubang, tanah berpasir, berbatu, jalan menanjak atau turunan?

Dengan mengetahui hal tersebut maka anda dapat menentukan atau memilih jenis sepeda secara lebih spesifik dengan komposisi yang sesuai keperluan. Apakah anda harus menggunakan jenis ban lebar atau tidak? Satu atau dua suspensi? Memakai gir dengan 8 atau 21 speed? Atau harus memakai rem dashbrake atau tidak dll.

READ:  5 Tips Memilih dan Membeli Motor

Misalnya saja jika medan yang anda lalui adalah medan ekstrim berupa jalanan bukit atau gunung dengan turunan tajam, maka anda harus menggunakan sepeda MTB jenis Downhill yang dilengkapi ban lebar, rem dashbrake dan suspensi demi keamanan dan kenyamanan bersepeda.

Sesuaikan sepeda yang akan dibeli dengan anggaran yang anda miliki

Hal satu ini bisa jadi merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam memilih sepeda. Orang yang bijak akan memilih sepeda sesuai dengan anggaraan yang ada.

Jika anggaran yang anda miliki terbatas maka anda dapat memilih sepeda dengan kualitas biasa. Namun jika hal tersebut bukan suatu masalah bagi anda, anda dapat memilih sepeda dengan komponen yang anda inginkan. Bagaimanamun prinsip ‘ada harga ada rupa’ berlaku di sini.

Cari informasi mengenai kualitas dan keunggulan merk sepeda

Pada dasarnya setiap merk maupun komponen sepeda memiliki keunggulan masing-masing. Anda harus mengerti betul kelebihan maupun kekurangan merk sepeda tersebut. Tingkat kualitas bahan yang digunakan akan membedakan merk satu dengan yang lain.

Mulai dari kualitas sepeda low-end, mid-end, hingga high-end. Sepeda berbahan alloy tentu akan lebih murah dibanding sepeda berbahan karbon. Karena itu carilah informasi dengan berkonsultasi kepada teman atau toko sepeda agar anda mendapatkan rekomendasi sepeda yang tepat untuk anda.

READ:  6 Tips Berkendara Aman dan Nyaman Agar Terhindar Dari Operasi Zebra

Mencari tempat yang tepat untuk membeli sepeda

Memilih tempat yang tepat untuk membeli sepeda sangat penting agar kualitas sepeda yang anda beli benar-benar baik serta memiliki harga yang sesuai. Anda dapat meninjau terlebih dahuku ke toko-toko sepeda untuk membandingkan harga di tiap toko tersebut.

Salah satu hal yang patut anda coba adalah membeli sepeda atau komponen sepeda pada anggota komunitas sepeda. Karena tak jarang sepeda dan komponen baik itu baru atau bekas dengan kualitas dan merk bagus kerap berseliweran di sini. Tentu saja dengan harga yang jauh lebih murah dibanding di toko sepeda.