Begini 6 Cara Jitu Membuat Ginjal Selalu Sehat

Loading...

cara agar ginjal sehatGinjal adalah organ eksresi pada manusia dan hewan vertebrata. Ginjal memiliki bentuk mirip kacang dengan ukuran panjang sekitar 11,5 cm dan lebar berkisar 6 cm pada orang dewasa.

Setiap manusia memiliki 2 buah ginjal yang terletak di bagian perut. Walaupun berukuran kecil namun berfungsi vital bagi tubuh kita, salah satunya adalah ginjal berfungsi untuk menyaring dan membersihkan darAh dari kotoran, menjaga pH darah, menyaring glukosa di dalam darah.

Beberapa penyakit yang biasa terjadi pada ginjal adalah batu ginjal, nefritis, albuminaria, gagal ginjal dan masih banyak lagi. Penyakit – penyakit tersebut dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan kematian.

Untuk membuat ginjal kita selalu sehat dan bekerja sebagaimana mestinya maka kita harus merawat organ penting tersebut. Berikut ini 6 cara menjaga kesehatan ginjal.

1. Selalu menjaga kadar gula dalam darah

Kadar gula darah yang tinggi dapat membuat kesehatan ginjal menurun, sebab ginjal akan bekerja keras untuk menyaring glukosa yang terkandung di dalam darah. Glukosa di dalam darah dapat dikurangi dengan mengurangi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi.

READ:  Gumpalan Darah di Otak, Apa Gejalanya?

2. Hindari tekanan darah tinggi

Menurut data yang  ditemukan pada tahun 2010 melalui Indonesian Renal Registry (IRR) menemukan bahwa tekanan darah tinggi memberikan 25 persen penyebab terjadinya penyakit ginjal. Salah satu cara mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman dengan kadar garam tinggi.

3. Kurangi Konsumsi Bahan kimia

Banyak mengonsumsi bahan kimia seperti pengawet makanan membuat ginjal akan bekerja keras untuk menyaring zat – zat tersebut di dalam darah. Obat – obatan kimia juga memberikan peran dalam memperberat kinerja ginjal.

4. Hindari konsumsi minuman beralkohol

Alkohol yang masuk di dalam tubuh dapat mempengaruhi tekanan darah kita. Semakin banyak konsumsi alkohol maka tekanan darah akan semakin tinggi pula. Hal ini tentunya dapat meemperburuk kondisi kesehatan ginjal seseorang.

5. Penuhi kebutuhan air putih

Kita dianjurkan untuk minum air putih minimal 2 liter setiap hari. Hal ini bertujuan untuk membuat darah menjadi lebih encer sehingga akan lebih mudah masuk dan disaring di dalam ginjal yang memiliki saringan yang sangat halus. Kurang minum dapat menyebabkan darah menjadi kental yang akan berakibat buruk pada kesehatan ginjal.

READ:  Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa

6. Rutin berolahraga

Olahraga merupakan cara paling ampuh membuat tubuh sehat. Begitupula dengan ginjal yang akan lebih sehat bila kita rutin berolahraga. Kita tidak perlu melakukan olahraga keras, cukup berjalan kaki secara rutin setiap hari sudah cukup untuk kesehatan ginjal kita.

**

Demikianlah 6 cara agar ginjal tetap sehat. Selalulah memeriksa kondisi ginjal anda kepada dokter ahli demi untuk mengantisipasi penyakit ginjal yang dapat terjadi pada siapa saja. Penangan sejak dini akan meminimalisir berbagai kondisi kesehatan yang tentu saja tidak diharapkan. Semoga artikel ini bermanfaat.

(foto : waspada.co.id)