Inilah 10 Tips Menyehatkan Jantung Anda!

serangan-jantungMemiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah keinginan banyak orang. Salah satu penyakit yang sering menyerang seseorang adalah serangan jantung.

Penyakit jantung menyerang 16,8 juta jiwa di Indonesia dan sebagian besar adalah mereka yang termasuk dalam usia produktif.

Ternyata ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan demi menjaga kesehatan jantung Anda, inilah tipsnya:

1. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok ternyata merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kesehatan jantung Anda. Rokok mengandung banyak kandungan berbahaya yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung yang beresiko mengakibatkan serangan jantung yang dapat berakibat kematian.

2. Fokus pada Bagian Perut

Bagian perut yang terlalu kurus memang tidak sehat tetapi memiliki perut yang besar atau buncit lebih beresiko meningkatkan tekanan darah dan tidak baik untuk jantung. Oleh sebab itu dianjurkan untuk melakukan latihan atau olahraga perut seperti sit up. Ingat juga bahwa perut buncit disebabkan oleh pola makan berlebih dan tidak teratur.

3. Seks secara Teratur

Beberapa studi yang telah dilakukan secara serempak menyatakan bahwa seks secara teratur baik bagi tubuh. Hal tersebut disebabkan karena saat seks tubuh menghasilkan hormon dopamine yang memiliki efek menenangkan sehingga Anda dapat terbebas dari stres. Selain itu seks secara teratur juga membantu kesehatan jantung Anda.

READ:  6 Manfaat dan Khasiat Apel untuk Menjaga Kesehatan

4. Menari

Baik itu salsa, hip-hop, dansa atau beragam jenis tarian lain mampu memberikan efek yang sama seperti Anda berolahraga. Gerakan dalam tarian membakar kalori dan melatih otot jantung untuk terus aktif bekerja sehingga mengurangi resiko penyakit jantung.

5. Konsumsi Ikan

Ikan mengandung zat omega 3 yang baik bagi jantung. Ikan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung adalah sarden, tuna dan salmon. Satu hal yang dikhawatirkan dari konsumsi ikan tersebut adalah kandungan merkuri yang bisa saja meracuni Anda. Mengonsumsi ikan 2 kali seminggu cukup untuk menutrisi kesehatan jantung.

6. Tertawa

Riset dari Universitas Maryland menyatakan bahwa tertawa mampu melepaskan stres dan memperlancar alirah darah. Tertawa juga mampu menyehatkan pembuluh darah dan otot jantung sehingga tertawa baik bagi kesehatan.

7. Yoga

Menurut The Journal Aryuveda dan Integration Medicine, gerakan yoga mampu mengistirahatkan dan menenangkan tubuh. Bagi jantung, gerakan yoga yang tenang akan membuat jantung berdetak dengan lebih teratur dan melegakan nafas Anda.

8. Kurangi Garam

Ternyata konsumsi garam yang berlebihan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner sehingga banyak masyarakat Amerika yang mengurangi asupan garam mereka menjadi hanya satu sendok teh dalam satu hari. Kebanyakan garam berasal dari makanan fast food dan junk food. Oleh sebab itu Anda perlu berfikir dua kali saat membeli junk food kesukaan Anda.

READ:  8 Manfaat Menakjubkan Air Hangat dan Perasan Lemon

9. Periksa Kadar Anda

Ada beberapa hal yang perlu Anda periksa secara rutin untuk tetap menjaga kesehatan jantung Anda seperti: kadar tekanan darah, kadar gula darah dan kadar kolesterol Anda. Mengetahui kadar Anda secara pasti membantu Anda memahami kondisi tubuh dan mencegah resiko penyakit yang lebih besar.

10. Makan Cokelat

Ternyata selain rasanya enak, cokelat dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Menurut penelitian oleh American Journal Clinical Nutrition, dark chocolate mengandung flavanoid yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dan penyempitan pembuluh darah pada jantung.